Perbedaan Bangsa Dan Negara

Posted on
Perbedaan Bangsa Dan Negara

Perbedaan Bangsa Dan Negara – Sudah sangat sering kita mendengar atau bahkan tanpa sadar mengucapkan kedua kata ini. Sebab bangsa atau negara adalah dua kata yang tidak bisa dipisahkan.

Sehingga banyak yang menganggap bahwa kedua istilah ini adalah dua kata yang memiliki kesamaan arti. Namun, nyatanya mereka memiliki perbedaan yang ada didalamnya walaupun mempunyai hubungan satu sama lain.

Bagi kalian yang belum mengetahui perbedaan apa saja yang terdapat didalamnya, yuk kita simak pembahasan yang ada dibawah ini.

Apa itu Bangsa?

Bangsa adalah sekelompok manusia yang berjumlah sangat banyak dan besar yang menduduki suatu daerah tertentu. Sekelompok manusia tersebut adalah mereka yang memiliki kesamaan antara keturunan, budaya, bahasa, dan meliputi kawasan tertentu yang mempunyai rasa untuk bersatu.

Terdapat banyak sekali masyarakat yang menganggap bahwa kata bangsa mempunyai kesamaan makna dengan negara. Namun kenyataannya berbeda, istilah bangsa lebih merujuk kepada sekelompok masyarakat yang mempunyai kesamaan dalam hal-hal tertentu.

Baca Juga : Demokrasi Parlementer

Unsur Pembentukan Suatu Bangsa

Didalam berjalannya pembentukan sebuah bangsa, terdapat beberapa unsur yang sangat penting dan perlu kalian ketahui, yaitu diantaranya adalah :

  1. Adanya segerombol masyarakat yang menempati suatu derah tertentu.
  2. Terdapat keinginan untuk bersatu didalam diri dari setiap golongan tersebut.
  3. Golongan tersebut mempunyai keinginan untuk membentuk pemerintahannya sendiri.
  4. Terdapat faktor psikologis yang membuat mereka mempunyai perasaan senasib dan memiliki tujuan serta aspirasi yang sama.
  5. Memiliki kesamaan antara budaya, bahasa, karakter, dan lain sebagainya yang dapat digunakan untuk membedakannya dengan bangsa lainnya.

Faktor Pembentukan Suatu Bangsa

Pembentukan dari suatu Bangsa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya, yaitu diantaranya sebagai berikut :

  • Sakral, yaitu segala sesuatu yang dianggap suci atau keramat oleh masyarakat yang ada didalam sebuah bangsa.
  • Tokoh, yaitu orang-orang tertentu yang mempunyai pengaruh besar serta dianggap penting didalam sekelompok masyarakat yang ada didalam sebuah bangsa.
  • Sejarah, yaitu suatu runtutan peristiwa yang terjadi pada masa lalu yang disusun berdasarkan data dari berbagai peninggalan bersejarah.
  • Kemajuan Ekonomi, dengan perkembangan ekonomi yang semakin maju, maka akan menimbulkan berbagai macam kebutuhan masyarakat sehingga mereka mempunyai ketergantungan satu sama lain.
  • Primordial, yaitu sebuah pandangan masyarakat yang memegang teguh hal-hal yang sudah dibawa sejak lahir, baik itu tentang adat-istiadat, keyakinan, ataupun segala sesuatu yang ada didalam lingkungan sekitarnya.

Baca Juga : Demokrasi Pancasila

Apa itu Negara?

Negara adalah suatu organisasi yang berasal dari sekolompok atau lebih masyarakat yang secara bersama-sama menempati suatu daerah tertentu serta mengakui adanya aturan dari suatu pemerintahan yang harus ditaati demi keselamatan diri mereka sendiri.

Unsur Pembentukan Suatu Negara

Didalam proses pembentukan sebuah negara, terdapat beberapa unsur yang sangat penting dan perlu kalian ketahui, yaitu diantaranya adalah :

  1. Penduduk, yaitu masyarakat yang bertempat tinggal serta mempunyai kesepakatan terhadap dirinya untuk bersatu.
  2. Daerah, yaitu wilayah tertentu yang diduduki atau menjadi wilayah teritorial dari suatu kedaulatan.
  3. Pemerintah, yaitu sebuah unsur yang memiliki kekuasaan untuk menjalankan roda pemerintahannya.
  4. Kedaulatan, yaitu sebuah kekuasaan tertinggi yang digunakan untuk membuat undang-undang serta menjalankannya dengan semua cara.

Baca Juga : Perbedaan Difusi Dan Osmosis

Perbedaan Bangsa dan Negara

Setelah melihat beberapa penjelasan yang ada diatas, kita dapat menyimpulkan perbedaan apa saja yang terdapat didalamnya, yaitu :

Bangsa Negara
Merupakan masyarakat yang menjadi penghuni disuatu negara.Merupakan tempat hunian bagi bangsa.
Terdiri dari manusia yang memiliki kesamaan dengan ras, bahasa, adat, agama dan lain sebagainya.Terdiri dari beberapa kelompok yang memiliki keinginan untuk bersatu.
Tidak adanya derah yang dibatasi.Adanya daerah yang dibatasi.
Perwujudan sekelompok masyarakat yang memiliki ciri khas tertentu.Merupakan wujud organisasi yang teratur.
Apa itu Bangsa dan juga Negara?

Bangsa dalam bahasa Inggris yaitu Nation adalah sekelompok manusia yang tinggal disuatu daerah tertentu. Sebaliknya, Negara dalam bahasa Inggris State adalah tempat tinggal bagi sekolompok manusia yang disebut bangsa.

Apa saja fungsi dari suatu Negara?

Secara umum terdapat empat fungsi dari Negara, yaitu
1. Berfungsi untuk melaksanakan ketertiban dan keamanan dari warganya, 
2. Berperan penting demi menjaga kemakmuran dan kesejahteraan, 
3. Berfungsi untuk mempertahankan dan juga memberikan keamanan bagi rakyatnya.
4. Berfungsi untuk menegakkan keadilan bangsa.

Apa yang dimaksud dengan Bangsa Indonesia?

Bangsa Indonesia adalah bentuk dari sebuah bangsa baru yang terdiri dari beberapa suku dan bahasa, yang sejatinya berasal dari pribumi.

Sekian penjelasan dari artikel kali ini, semoga menjadi pengetahuan baru bagi kita semua.