Perbedaan Baking Soda Dan Baking Powder

Posted on
Perbedaan Baking Soda Dan Baking Powder

Perbedaan Baking Soda Dan Baking Powder – Setiap kali anda mendengar kedua bahan ini, pasti anda merasa bingung apa sih bedanya baking soda dan baking powder?

Keduanya merupakan bahan penting didalam proses pengembangan kue. Sebab, baking soda dan baking powder bekerja dengan cara menghasilkan gelembung-gelembung gas sehingga akan membuat volume kue semakin besar.

Walaupun keduanya memiliki fungsi yang sama, namun nyatanya kedua bahan ini mempunyai banyak sekali perbedaannya loh. Apa saja yaa perbedaan dari keduanya?

Mari kita simak bersama-sama..

Definisi Baking Soda

Baking soda atau yang disebut sebagai natrium bikarbonat adalah sebuah senyawa kimia yang pada umumnya berbentuk seperti serbuk yang mudah larut dalam air.

Natrium bikarbonat adalah bentuk senyawa kimia yang dinyatakan dengan rumus NaHCO3. Didalam kehidupan sehari-hari baking soda sering digunakan sebagai bahan pengembang dalam pembuatan kue dan roti.

Senyawa kimia ini bersifat basa, yang artinya apabila bahan ini dicampur dengan bahan lain yang bersifat asam seperti susu, maka soda tersebut akan menghasilkan gelembung gas karbon dioksida yang menyebabkan campuran bahan tersebut akan mengembang.

Baca Juga : Perbedaan Cuaca Dan Iklim

Manfaat Baking Soda Dalam Kehidupan Sehari-hari

Baking soda tidak selalu digunakan untuk bahan makanan, ternyata baking soda juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai berikut :

1. Digunakan Untuk Mencuci Buah dan Sayur

Selama ini kita hanya mencuci buah dan sayur dengan menggunakan air biasa, namun hal ini tidak menjamin buah dan sayur tersebut terbebas dari bahan yang berbehaya.

Untuk menghilangkan kehawatiran tersebut, kalian bisa menggunakan bubuk baking soda untuk mencuci buah dan sayur agar bersihnya lebih maksimal.

Cara menggunakan bubuk baking soda untuk mencuci buah dan sayur ini yaitu hanya tinggal di oleh dan digosokkan saja baru kalian cuci hingga bersih.

2. Untuk Menghilangkan Noda Kuning Pada Pakaian

Agar pakian faforit anda bisa terhindar dari noda kuning yang disebabkan oleh keringat dari ketiak, anda bisa menggunakan bubuk baking soda. Pada saat hendak mencucinya, taburkan terlebih dahulu bubuk baking soda pada bagian ketiak, setelah itu rendam pakaian tersebut dan kucek hingga bersih.

Baca Juga : Perbedaan Saham dan Obligasi

3. Mengurangi Bau Mulut dan Memutihkan Gigi

Selain beberapa hal diatas, campuran air dengan bubuk baking soda juga dapat digunakan untuk menatasi masalah mulut, seperti gigi kuning dan bau mulut.

Caranya sangat mudah, yaitu cukup kalian campurkan satu sendok makan bubuk baking soda kedalam setengah gelas air bersih, kemudian gunakan untuk berkumur guna menghilangkan bau mulut.

Namun, jika digunakan untuk meutihkan gigi yang sudah menguning, kalian hanya cukup mencampurkan satu sendok makan bubuk baking soda dengan air yang sedikit dan aduk hingga mengental.

Definisi Baking Powder

Baking Powder merupakan sebuah bahan pengembang yang berupa sebuah bubuk berwarna putih terang yang biasa digunakan untuk membuat adonan kue atau cake lebih mengembang.

Tidak hanya itu saja, bubuk ini juga berfungsi untuk meningkatkan volme adonan dan meringankan tekstur makanan. Cara kerja dari bubuk ini yaitu dengan cara melepaskan gas CO2 kedalam adonan melalui proses reaksi asam-basa.

Reaksi ini lah yang menciptakan gelembung-gelembung udara didalam adonan kue yang masih basah. Namun, apabila adonan sudah dipanaskan gelembung tersebut akan memuai.

Manfaat Dan Kandungan Baking Powder

Didalam proses pembuatan kue dan juga roti, kita akan menggunakan bubuk baking powder yang berfungsi sebagai pengembang.

Baking powder adalah bahan pengembang kimia yang didalamnya terkandung soda kue (Sodium Bikarbonat) yang telah dicampur dengan asam (cream of tartar) dan juga bahan pengering (pati). Baking powder berfungsi untuk membantu adonan agar mengembang dengan sempurna.

Selain digunakan untuk bahan makanan, baking powder juga memiliki fungsi untuk keperluan umum, seperti menghilangkan bau bawang pada tangan dan membersihkan teko dari noda kopi.

Baca Juga : Perbedaan Difusi Dan Osmosis

Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda

Setlah menyimak penjelasan yang ada diatas, kita dapt menyimpulkan bahwa terdapat beberapa perbedaan pada kedua bahan pengembang ini, yaitu :

Baking SodaBaking Powder
Hanya mengandung Natrium Bikarbonat.Tidak hanya mengandung Natrium Bikarbonat.
Memiliki rasa yang pahit jika dicampurkan dengan bahan asam.Memiliki rasa yang netral jika dicampurkan dengan bahan netral seperti susu.
Baking soda bereaksi sangat cepat.Baking powder bereaksi agak lambat.
Sangat cocok digunakan untuk kue yang dipanggang.Sangat cocok digunakan untuk kue yang tidak berbahan asam.
Digunakan untuk kue yang berbahan asam.Digunakan untuk kue yang tidak berbahan asam.
Apa yang dimaksud dengan Baking Soda dan Powder?

Baking soda atau yang disebut sebagai natrium bikarbonat adalah sebuah senyawa kimia yang berbentuk seperti serbuk yang mudah larut dalam air. Sebaliknya, Baking Powder merupakan sebuah bahan pengembang yang berupa sebuah bubuk berwarna putih terang.

Apakah Baking Soda dan Powder itu sama?

Baking soda dan powder adalah sama-sama bahan kue yang digunakan untuk mengembangkan adonan makanan yang berbentuk serbuk putih.

Jika tidak ada baking powder, bahan tersebut bisa digantikan dengan?

Baking Powder bisa digantikan dengan bahan-bahan lain seperti air perasan jeruk lemon, Cuka, Telur dan juga Ragi.

Sekian pembahasan dari ulasan kali ini tentang Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder, semoga artikel kali ini menambah wawasan baru untuk kita semua..