Perbedaan Am dan Pm

Posted on

Tidak sedikit sebagian orang yang belum mengetahui dari perbedaan AM dan PM, bahkan, ada yang sempat tahu kemudian lupa, karena sebagian meraka hanya mengingat nya saja tanpa memahaminya. Pada umumnya, AM dan PM digunakan disebuah negara-negara Eropa dan Amerika untuk menunjukan waktu.

Adapun Negara yang berada di kawasan tersebut memang menggunakan format 12 jam, untuk membedakan detak waktu antara siang dan malam, namun di Asia, umumnya menggunakan format 24 jam.

Dalam berkembangnya suatu teknologi, penggunaan format waktu dalam 12 jam sudah sering sekali di jumpai, karena konsep AM dan PM dapat pula kita jumpai pada smart phone, komputerjam digital, hingga jam tangan.

Nah, bagi kita yang belum mengetahui perbedaannya sama sekali atau lupa, maka segeralah mengetahui perbedaan tersebut.

Simak penjelasan dibawah ini untuk mengetahui perbedaan AM dan PM :

Penjelasan AM dan PM

perbedaan-am-dan-pm

Untuk lebih memudahkan kita dalam memahami nya, kami akan menjelaskan secara detail, Penggunaan AM dan PM ketika kita menyebutkan di Indonesia.

Orang Indonesia biasanya cukup menyebutkan angka yang menunjukkan jam dan angka yang menunjukkan menit sesuai dengan angka yang tertera pada jam analog yang menggunakan jarum.

Untuk menunjukkan bahwa jam tersebut pagi, siang, sore, atau malam, kita biasanya cukup memberikan keterangan tambahan tersebut setelah menyebutkan jam.

Konsep AM dan PM lebih dikenal lagi di negara yang penggunaan bahasa Inggris. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan teknologi, sepertinya konsep AM dan PM dalam penunjukan waktu semakin banyak dikenal oleh orang Indonesia.

Konsep AM dan PM ini juga semakin akrab, setelah jam digital semakin sering dalam pengguna nya. Konsep jam digital bisa ditemukan di komputer, telepon genggam, dan bahkan jam dinding maupun jam tangan.

Banyak juga sebagian orang yang beranggapan bahwa AM berarti pagi sementara PM berarti sore atau malam. Benarkah demikian tidak ada salahnya untuk mengulik lebih dalam mengenai konsep AM dan PM ini.

Perbedaan AM dan PM

Jika dibagi berdasarkan pembagian periode waktu, maka PM dan AM dapat dibedakan secara singkat sebagai berikut ini :

  • AM (Ante Meridiem): Digunakan saat waktu telah memasuki pukul 00.00 sampai pukul 11.59
  • PM (Post Meridiem): Digunakan saat waktu telah memasuki pukul 12.00 sampai pukul 23.59

Maka pukul 12.00 am telah memasuki waktu di tengah malam, sedangkan pada pukul 12.00 pm menunjukan waktu siang.

Untuk lebih jelasnya simak penjabaran berikut ini,

Perbedaan AM

AM, ialah singkatan dari “Ante Meridiem” yang berasal dari bahasa latin, yaitu mempunyai arti “sebelum tengah siang”, selain itu, ada juga yang menyebutkan bahwa AM merupakan singkatan dari “After Midnight“.

Jadi AM digunakan hanya menandakan waktu antara tengah malam hingga sebelum tengah hari ( jam 12.00/siang ).

Contohnya:

Apabila di negara Indonesia menunjukan waktu 01.00 ( jam 1 siang ), maka saat diubah ke format waktu 12 jam menjadi 01.00 am.

Perbedaan PM

PM, merupakan singkatan dari kata “ Post Meridiem ” yang berasalkan dari bahasa latin, dan memiliki arti “setelah tengah siang”, terdapat juga yang menyebutkan dengan Pre Midnight“.

Jadi, PM bisa digunakan saat waktu memasuki tengah hari (tengah siang) hingga sebelum tengah malam.

Contohnya :

Apabila waktu telah menunjukan 12.00 ( jam 5 sore), maka ketika diubah dalam format dalam waktu 12 jam menjadi 05.00 pm.

Penggunaan AM dan PM

Adapun penggunaan AM dan PM adalah untuk menunjukkan urutan waktu namun terkadang menimbulkan rasa kebingungan, sebagai contoh, kita mungkin merasa bahwa jam 12 PM adalah hal yang normal dalam konsep AM dan PM.

Akan tetapi, secara singkat 12 PM sebenar nya tidak masuk logika karena saat itu sudah bukan masa setelah siang lagi, sama hal nya dengan jam 12 AM yang juga di rasa tidak masuk logika karena masa tersebut tidak sebelum tengah siang.

Meskipun memakai konsep AM dan PM, sangat disarankan bagi kita untuk menyebutkan waktu – waktu tersebut sebagai tengah malam, dan tengah siang.

Tetapi, kita mungkin bisa menemukan kebanyakan jam yang digital untuk menunjukkan jam 12 AM dan 12 PM untuk menunjuk kan tengah malam dan tengah siang.

Arti Waktu 12 Jam AM Dan 12 Jam PM

Jam dinding, yang biasa digunakan banyak orang pada umum nya merupakan jam dinding dengan 12 jam, satu hari memang sudah terdiri atas 12 jam, tetapi juga jam tersebut membagi waktu 24 jam dalam satu hari satu malam atau dalam dua periode 12 jam.

Dari sini lah, kita mengenal beberapa konsep AM dan PM, Am merupakan salah satu singkatan dari “ante meridiem” yang merupakan bahasa dalam latin, dengan arti “sebelum tengah siang” sedangkan PM merupakan arti dari “ post meridiem ” yang artinya ” setelah tengah siang “.

Rentangan waktu “ante meridiem” adalah antara tengah malam (pukul 00.00) dan tengah siang (pukul 12.00).

Sementara itu, rentangan waktu “post meridiem” adalah antara tengah siang (12.00) hingga tengah malam (pukul 00.00).

Yang masing-masing jam tersebut dalam satu hari, kecuali tengah malam atau tengah siang diberi tambahan AM maupun Pm. Untuk menentukan waktu yang disebutkan di atas ialah merupakan pagi, atau sore, maupun malam.

Sejarah AM dan PM

Ada beberapa Pihak yang mengatakan bertanggung jawab atas pembagian hari menjadi 24 bagian, yang sama adalah orang Mesir.

Ada ada pula yang menyatakan bahwa hal diatas di sebabkan oleh orang Mesir, yang menggunakan dasaran jam 12 karena mereka menghitung tiga ruas pada jari mereka tanpa ada nya melibatkan jari jempol.

Ada pula yang mengatakan bahwa pembagian ini telah didasarkan pada penggunan sistem bintang 36 kelompok, yang di sebut sebagai “decans” oleh seorang yang berasal dari Mesir, untuk menyebutkan waktu di malam hari.

Kelompok bintang pada “decans” tersebut cenderung naik ke langit 40 menit setelah satu bintang yang naik.

Kesimpulan

Dalam penggunaan AM dan PM ini ketika menyebutkan jam mungkin tidak begitu awam di Indonesia, karena orang Indonesia biasa nya cukup menyebutkan angka, dan menunjuk kan jam atau angka sekaligus menunjukkan menit saja.

Sesuai dengan angka yang telah tertera pada jam analog yang menggunakan jarum, untuk menunjukkan bahwa jam tersebut pagi, atau siang, sore, maupun malam.

Biasanya kita cukup memberikan keterangan atau tambahan saj, hal tersebut setelah menyebutkan jam, adapun konsep dari AM dan PM ini lebih dikenal di negara Inggris.

Akan tetapi, seiring berjalan nya waktu dan perkembangan teknologi, konsep seperti AM dan PM semakin banyak dikenal oleh orang Indonesia.

Banyak juga sebagian orang yang beranggapan bahwa AM berarti pagi sementara PM berarti sore atau pun malam.

Benarkah demikian? tentu tidak ada salahnya karena konsep AM dan PM ini, memang tidak sering di gunakan dalam kehidupan kita sehari – hari.

Nah itulah Sobat, beberapa penjelasan tentang perbedaan AM dan PM ini semoga kita semua lebih mengerti lagi tentang mengenai waktu – waktu yang ada dalam bentuk Format AM Dan PM.

Semoga dengan penjelasan dan perbedaan ini lebih menambah nya ilmu pengetahuan kita, dan semoga artikel ini memberikan Manfaat yang luas. Terima Kasih

Baca Juga :

Perbedaan Am dan Pm Rating: 5 Diposkan Oleh: Pengunjung