Perangkat Input

Posted on

Perangkat Input Komputer (Perangkat Masukan) – Perangkat Keras Masukan atau Input Device merupakan salah satu jenis komponen komputer yang berperan sangat penting dalam proses memasukkan perintah.

Perangkat Input

Komponen tersebut umumnya terdiri dari berbagai macam perangkat. Nah, bagi kalian yang belum mengetahui tentang komponen-komponen dari Input Device tersebut.

Dalam ulasan kali ini Rumus.co.id akan menjabarkan tentang berbagai macam perangkat yang menyusun Input Device beserta dengan fungsinya masing-masing yang sangat penting untuk diketahui.

Perangkat Input (Input Device)

Perangkat Input

Perangkat Masukan atau Input Device sering diartikan sebagai sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data ataupun perintah ke dalam sebuah komputer.

Berikut ini macam-macam dari Perangkat Input Komputer beserta dengan fungsinya, diantaranya adalah :

1. Keyboard

Keyboard atau yang dikenal juga sebagai papan ketik merupakan suatu perangkat keras komputer yang terdiri dari sebuah tombol, yang digunakan untuk mewakili huruf, karakter, angka dan juga beberapa fungsi lainnya.

Apabila perangkat ini tidak ada, maka pengguna tidak dapat mengetikkan atau memasukkan perintah yang mereka inginkan, sehingga Keyboard ini memiliki peran yang sangat penting.

2. Mouse

Mouse merupakan salah satu perangkat keras komputer yang berukuran kecil sehingga sangat mudah untuk digenggam. Perangkat ini umumnya mempunyai dua buah tombol serta sebuah bola atau laser yang berada di bawah untuk menggerakkan kursor (pointer). 

Fungsi dari mouse ini yaitu untuk menggerakkan kursor (anak panah), melakukan kegiatan scroll, sehingga kedua fungsi ini dapat membuat komputer bisa melaksanakan perintah yang diinginkan oleh penggunanya.

3. Web Cam

Webcam adalah salah satu perangkat keras dalam bentuk kamera kecil, yang biasanya diletakkan diatas monitor atau LCD.

Fitur webcam biasanya digunakan untuk panggilan video dan dapat digunakan untuk selfie di depan komputer. Hampir setiap laptop baru dilengkapi dengan webcam di dalam sistemnya.

4. Touchpad

Touchpad salah satu perangkat yang berfungsi sebagai alat penunjuk yang menampilkan sebuah sensor pada permukaan khusus, yang dapat menggerakkan anak panah menuju ke posisi yang diinginkan pada layar monitor.

Perangkat ini umumnya dapat kita temukan pada laptop dan juga notebook yang fungsinya hampir sama dengan mouse.

Baca Juga :
Komponen Komputer
Pengertian Komputer
Repeater Adalah

5. CD (Compact Disc)

Compact Disc (CD) merupakan salah satu perangkat komputer yang bertugas sebagai media untuk menyimpan serta membaca data melalui sistem optik yang tercipta dari plastik serta berbentuk sebuah lingkaran yang pipih dengan lubang kecil di bagian tengahnya.

6. Flashdisk

Flashdisk sering diartikan sebagai salah satu perangkat komputer yang fungsinya hampir sama dengan CD yaitu sebagai media penyimpanan data. Namun, memiliki ukuran kapasitas yang berbeda. Besar dari kapasitas flashdisk sangat bervariasi, yaitu mulai dari 512MB, 2GB, 4GB, hingga ke 32GB.

7. Barcode Scanner

Barcode Scanner atau yang dikenal juga dengan barcode reader merupakan sebuah alat yang berbentuk seperti gagang serta dapat mengeluarkan cahaya berwarna merah, yang disebut sebagai laser.

Laser tersebut umumnya berfungsi untuk memindai sebuah code barcode yang biasanya ditemukan pada kemasan suatu produk seperti kemasan Makanan dan Minuman.

8. Microphone

Microphone merupakan sebuah perangkat yang biasanya digunakan untuk merekam suara sekaligus mengubah suara tersebut dari suara analog menjadi suara digital.

9. Scanner

Scanner sering diartikan sebagai sebuah perangkat keras yang fungsinya untuk mengubah sebuah data analog (kertas) menjadi sebuah data digital. Apabila scanner digabungkan dengan printer, maka akan berubah menjadi mesin fotocopy yang berukuran kecil.

Data yang dihasilkan oleh scanner ini umumnya berupa sebuah gambar atau file PDF.

10. Biometrik 

Biometrik merupakan salah satu perangkat keras komputer yang umumnya berfungsi untuk mengidentifikasi seseorang melalui sebuah pengukuran unsur biologis nya.

Dibandingkan dengan menggunakan kata sandi, sistem jenis ini jauh lebih sulit dipalsukan, karena hanya berlaku untuk penggunanya saja.

11. Light Pen

Light Pen sering diartikan sebagai pointer elektronik yang digunakan untuk mengubah serta mendesain gambar pada layar (monitor). Perangkat ini memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal dalam bentuk cahaya ke komputer, yang kemudian akan direkam.

Secara umum, layar monitor dapat merekam enam bentuk sinyal elektronik setiap baris per detiknya.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Input Device?

Perangkat Keras Masukan atau Input Device merupakan salah satu jenis komponen komputer yang berperan sangat penting dalam proses memasukkan perintah dari pengguna ke dalam komputer.

Fungsi dari Input Device adalah?

Input Device umumnya berfungsi untuk memudahkan para pengguna komputer dalam proses memberikan perintah atau memasukkan sebuah data.

Apa itu Modem dalam Input Device?

Modem merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengkoneksikan komputer ke jaringan internet.

Demikianlah ulasan singkat dari berbagai Macam Perangkat Input atau Input Device komputer beserta dengan fungsinya. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat untuk pembaca.