Peran Pelaku Ekonomi

Posted on
Peran Pelaku Ekonomi

Peran Pelaku Ekonomi Didalam Kegiatan Ekonomi – Kegiatan Ekonomi ini tentunya bisa kita temukan didalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada saat kita membeli sebuah barang di pasar atau menabung di bank.

Nah, individu atau kelompok yang melakukan kegiatan ekonomi tersebut, disebut sebagai Pelaku Ekonomi. Dalam hal ini, terdapat beberapa pelaku ekonomi yang ikut terlibat mulai dari ruang lingkup kecil hingga yang besar.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Pelaku Ekonomi beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya. Yuk kita simak pembahasannya dibawah ini.

Definisi Pelaku Ekonomi

Pelaku Ekonomi dapat dikatakan sebagai individu atau kelompok masyarakat yang ikut terlibat didalam proses Economic Activity baik itu didalam bidang produksi, ditribusi, atau konsumsi.

Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa pihak yang termasuk kedalam kelompok Economic Agents yaitu seperti rumah tangga (paling sering), lembaga keuangan, pemerintah, produsen, serta pihak lainnya.

Dimana, semua pihak-pihak tersebut saling berkaitan dan saling mempengaruhi satu sama lain didalam lingkaran sistem perekonomian dari suatu negara.

Baca Juga : Kegiatan Ekonomi

Macam – Macam Dan Peran Pelaku Ekonomi

Secara umum, pembagian dari Economic Agents dapat dibedakan menjadi empat. Dibawah ini terdapat 4 contoh dari Economic Agents, yaitu diantaranya adalah :

1. Rumah Tangga Keluarga (Consumer)

Pokok utama yang paling sering menjalankan Economic Activity adalah rumah tangga atau keluarga. Dimana didalam hal ini, rumah tangga keluarga disebut sebagai konsumen.

Mengapa begitu? Sebab, setiap rumah tangga pasti membutuhkan barang atau jasa yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Oleh sebab itu, untuk memenuhi semua keperluannya, rumah tangga harus melakuka beberapa aktivitas untuk mendapatkan penghasilan.

Nah, penghasilannya itu lah yang nantinya mereka gunakan untuk membeli samua barang-barang atau jasa yang mereka butuhkan didalam kehidupan sehari-hari.

Didalam semua hal diatas, Rumah Tangga Keluarga memiliki dua peran yang perlu kalian ketahui, yaitu :

  • Berperan sebagai konsumen dari setiap barang atau jasa yang dihasilkan oleh para produsen.
  • Berperan sebagai penyedia dari faktor produksi, misalnya seperti : penyedia tenaga kerja, tanah atau lahan, penyedia bahan baku, modal dan juga wirausahanya.

2. Perusahaan (Produsen)

Seperti yang sudah kita ketahui selama ini, di Indonesia sudah banyak sekali berbagai macam bentuk perusahaan. Mulai dari perusahaan swasta atau perorangan, perusahaan miliki negara, koperasi, dan masih banyak lagi, perusahaan juga dapat dikatakan sebagai produsen :

Perlu kalian ketahui, apabila dilihat berdasarkan dengan segi hukumnya, perusahaan ini dapat dibagi menjadi perusahaan perorangan, firma, CV dan juga PT. Secara umum, perusahaan ini memiliki peran yang sangat penting bagi konsumen, yaitu antara lain :

  • Menciptakan produk, hal ini dapat berupa barang ataupun jasa, serta memiliki peran yang sangat besar sebagai pemasok barang atau jasa di pasar ekonomi yang ditujukan untuk para konsumen.
  • Memanfaatkan segala faktor produksi yang disediakan oleh rumah tangga konsumsen untuk menjalankan berbagai proses produksi barang atau jasa, seperti memanfaatkan tenaga kerja yang disediakan oleh rumah tangga konsumen.
  • Mengelola kembali ataupun menciptakan inovasi baru terhadap faktor produksi untuk memproduksi barang dan juga jasa yang baru. Nah, disinilah perusahaan memiliki peran sebagai produsen.
  • Menjual barang atau jasa yang sudah dihasilkan kepada para konsumen atau rumah tangga keluarga, pemerintah, masyarakat luar daerah, luar negeri bahkan kepada semuanya.
  • Memiliki tanggung jawab terhadap kesejahteraan dari setiap karyawan dan masyarakat yang ada disekitar lingkungan perusahaan tersebut.

Baca Juga : Perbedaan Ekonomi Makro Dan Mikro

3. Pemerintah

Pemerintah bertugas untuk mengatur dan juga mengendalikan perekonomian dari suatu negara dengan kebijakan ekonomi yang sudah ditetapkannya untuk memakmurkan warga negaranya.

Dibawah ini terdapar beberapa Kebijakan ekonomi yang sudah dibuat oleh pemerintah, yaitu diantaranya :

  • Kebijakan fiskal, yaitu salah satu kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dan berkaitan dengan pendapatan serta pengeluaran negara.
  • Kebijakan moneter, yaitu salah satu kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dan berkaitan dengan pengaturan dari jumlah uang yang beredar untuk mengendalikan laju dari inflasi.
  • Peraturan keuangan internasional, yaitu semua kebijakan yang terdapat di bidang keuangan dan sangat berkaitan dengan dunia internasional, misalnya seperti perdagangan internasional, kerjasama ekonomi dengan negara lain dan masih banyak lagi.

Selain itu, dibawah ini terdapat beberapa peran dari rumah tangga pemerintah, yaitu diantaranya adalah :

  • Berperan untuk menciptakan investasi umum, misalnya seperti menyediakan sarana jalan raya dan juga jembatan.
  • Bertugas untuk mendirikan perusahaan negara yang akan digunakan sebagai penyetabil dari kegiatan perekonomian.
  • Berperan untuk melakukan penarika pajak langsung dan juga tidak langsung.
  • Bertugas untul membelanjakan pendapatan negara yang digunakan untuk membeli barang-barang keperluan pemerintah.
  • Menyewa tenaga kerja;
  • Sekaligus melakukan kebijakan moneter.

4. Rumah Tangga Luar Negeri

Sebuah negara pasti sangat berhubungan erat dengan negara yang lainnya, hal ini lah yang menyebabkan antar negara saling menjalin hubungan kegiatan ekonomi.

Nah, setiap negara memiliki kondisi geografis dan juga keadaan masyarakatnya yang berbeda, hal ini lah yang menyebabkan masing-masing negara memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang berbeda pula.

Dengan adanya perbedaan sumber daya alam atau manusia inilah yang menyebabkan suatu negara dengan negara yang lainnya saling berhubungan erat dalam rangka memenuhi keperluan dari negaranya sendiri.

Oleh sebab itu, akhirnya antar negara yang satu dengan negara yang lainnya akan membentuk suatu hubungan, dan salah satunya adalah Hubungan Ekonomi.

Selain penjelasan yang ada diatas, terdapat beberapa aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat luar negeri, yaitu diantaranya adalah :

  • Berupaya untuk menyediakan kebutuhan barang atau jasa tertentu yang nantinya akan diekspor kenegara lain.
  • Melakukan suatu kegiatan ekspor dan impor yang terjalin dengan negara lain untuk saling memenuhi kebutuhan dari masing-masing negara.
  • Melakukan sebuah investasi dengan cara untuk menyediakan kredit yang nantinya akan digunakan untuk membiayai kegiatan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah dan juga swasta yang ada di dalam negeri.
  • Berupaya untuk masuk ke dalam pasar uang yang ada di Indonesia yang berperan sebagai penyalur uang dari luar negeri, peminta kredit, dan uang kartal rupiah yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dari semua cabang perusahaan mereka yang ada di dalam negeri.
  • Bertugas sebagai salah satu media penghubung antar pasar uang didalam negeri dengan pasar uang yang ada di luar negeri.

Baca Juga : Pasar Monopolistik – Pengertian, Contoh dan Ciri Ciri

Apa yang diamksud dengan Pelaku Ekonomi?

Pelaku Ekonomi adalah individu atau kelompok masyarakat yang ikut terlibat didalam proses Economic Activity baik itu didalam bidang produksi, ditribusi, atau konsumsi.

Mengapa rumah tangga sering disebut sebagai Konsumen?

Sebab, setiap rumah tangga pasti membutuhkan barang atau jasa yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Apa tujuan dari Pelaku Ekonomi?

Tujuan dari Pelaku Ekonomi ini adalah untuk memenuhi semua kebutuhan yang mereka perlukan didalam hidupnya terutama kebutuhan primer.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini Peran Pelaku Ekonomi, semoga membantu dan bermanfaat untuk kita semua