Peran Indonesia Dalam PBB

Posted on

Peran Indonesia Dalam PBB – Demi membangun hubungan kerjasama dengan negara-negara yang terdapat di dunia ini. Negara Indonesia menerapkan sistem politik yang bebas dan juga aktif.

Peran Indonesia Dalam PBB

Bebas, berarti bahwa Bangsa Indonesia tidak akan bergabung atau memihak dengan blokade dan kekuasaan manapun di dunia. Sementara itu, aktif maksudnya adalah Bangsa Indonesia selalu ikut serta dalam melaksanakan misi perdamaian dunia.

Hal ini dinyatakan semata-mata hanya demi kepentingan nasional, terutama demi kepentingan dalam pembangunan di berbagai bidang.

Demi mewujudkan hubungan tersebut, akhirnya bangsa Indonesia memutuskan untuk bergabung serta aktif dalam berbagai organisasi dunia, salah satunya adalah PBB.

Pengertian PBB Adalah?

Perserikatan Bangsa – Bangsa atau yang disingkat menjadi PBB merupakan sebuah organisasi perdamaian dunia yang berisikan anggota yang terdiri dari hampir semua negara-negara yang terdapat di dunia ini.

Organisasi PBB sering disebut sebagai United Nations atau disingkat UN, yang berfungsi sebagai solusi untuk berbagai masalah yang terjadi di dunia, misalnya seperti hukum Internasional, ekonomi, sosial serta keamanan Internasional.

Sejarah Lahirnya PBB

Permulaan terbentuknya PBB didasarkan pada kebutuhan untuk menyelesaikan konflik yang muncul di dunia internasional melalui negosiasi.

Terjadinya Perang Dunia Kedua kemudian menyebabkan Inggris, Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet akhirnya merumuskan deklarasi PBB pada Januari 1942.

Deklarasi tersebut kemudian ditandatangani oleh 26 negara di dunia, dengan tujuan menekan Jerman, Italia, dan juga Jepang yang berperan sebagai pelaku perang tersebut.

Deklarasi tersebut dilanjutkan dengan adanya perumusan dari Piagam PBB dalam konferensi yang dilaksanakan di San Fransisco pada tanggal 25 April 1945. Konferensi ini diketuai oleh Franklin Roosevelt Presiden AS, Winston Churchill PM Inggris dan juga Joseph Stalin pemimpin dari Soviet.

Dalam konferensi tersebut setidaknya dihadiri oleh 50 negara yang ada di dunia. Hasil dari konferensi tersebut memberikan dasar atau landasan untuk pembentukan organisasi internasional.

Latar Belakang Terbentuknya Organisasi PBB

Kegagalan yang dialami oleh Liga Bangsa-Bangsa lah yang melatarbelakangi terbentuknya organisasi PBB. Berikut ini merupakan faktor-faktor lain yang melatarbelakanginya, antara lain :

  • Karena tidak ada unit yang bersifat mengikat untuk masing-masing anggotanya, karena umumnya LBB bersifat sukarela.
  • Karena tidak memiliki kekuasaan nyata atas negara-negara anggota yang melakukan pelanggaran, terutama di negara-negara yang ada di dunia.
  • Sasaran berbagai konflik perdamaian internasional bergeser, sehingga LBB dijadikan sebagai kebijakan internasional.
  • Kerap dipakai untuk memenuhi kepentingan politik beberapa negara besar yang cenderung menegakkan keinginan pribadi mereka sendiri.

Baca Juga :
Peran Indonesia Dalam GNB
Apa Alasan Bangsa Indonesia Untuk Memperjuangkan Kemerdekaannya
Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Peran Indonesia Dalam PBB

Di dalam Organisasi PBB, Indonesia sering dikatakan sebagai salah satu negara yang memiliki peran sangat penting selama menjadi anggota dari organisasi PBB. Di bawah ini terdapat beberapa peran dari Indonesia di dalam PBB, yaitu :

1. Indonesia Dalam Pemeliharaan Perdamaian Dunia

Termasuk ke dalam anggota dari organisasi PBB, Indonesia sendiri memiliki peran sangat penting dalam mempertahankan perdamaian dunia, yaitu sebagai berikut :

  • Masuk ke dalam anggota organisasi PBB, Bangsa Indonesia berhasil mengadakan Konferensi Asia Afrika¬†dan dalam konferensi pada saat itu menghasilkan Dasasila Bandung.
  • Sebagai salah satu pelopor dari ZOFTAN dan juga SEANWFZ.
  • Selama keanggotaannya di Perserikatan Bangsa-Bangsa, bangsa Indonesia adalah salah satu pelopor dalam sejarah terbentuknya ASEAN dan sejarah pembentukan GNB.
  • Tidak hanya itu saja, Bangsa Indonesia juga berhasil mengirimkan beberapa pasukannya guna mempertahankan perdamaian dunia, misalnya seperti dalam membantu menyelesaikan konflik antara Arab dengan Israel.

2. Mengirimkan Bantuan Kemanusiaan Terhadap Berbagai Negara

Selama menjadi anggota dari Organisasi PBB, Bangsa Indonesia juga sangat berperan penting dalam memberikan berbagai macam bantuan kemanusiaan terhadap berbagai negara di dunia, diantaranya adalah :

  • Sekitar tahun 1984, bangsa Indonesia mengirimkan bantuan berupa beras ke Ethiopia melalui FAO yang sedang mengalami bencana kelaparan.
  • Sebagai anggota dari organisasi PBB, Indonesia membantu untuk membawa pengungsi Vietnam ke Pulau Galang sekitar tahun 1995.

3. Membantu Menyelesaikan Konflik Di Berbagai Negara Dunia

Bangsa Indonesia juga berperan aktif dalam membantu menyelesaikan berbagai macam permasalahan yang terjadi di berbagai negara, yaitu diantaranya adalah :

  • Pada 1989 rakyat Indonesia berhasil menyelesaikan konflik yang pernah terjadi di Kamboja.
  • Bertindak sebagai perantara untuk membantu menyelesaikan konflik antara Filipina dan Moro National Front Liberation (MNFL).

4. Sebagai Pemimpin dan Anggota Tetap Dalam Berbagai Organisasi

Selain ketiga peran yang ada diatas, Bangsa Indonesia juga berperan aktif sebagai pemimpin sera menjadi anggota tetap di beberapa organisasi yang dibuat oleh PBB. Berikut ini peran Indonesia dalam bidang tersebut, yaitu :

  • Pada tahun 1971, bangsa Indonesia yang diwakili oleh Adam Malik diberikan kepercayaan untuk menjadi Presiden dari Majelis Umum PBB.
  • Selama tiga periode yaitu dari periode 1974-1755, 1995-1996 dan 2007-2008, Negara Indonesia terpilih sebagai anggota tetap dari Dewan Keamanan PBB.
  • Indonesia sendiri pernah terpilih sebagai anggota Dewan Ekonomi dan juga Sosial dalam organisasi PBB sebanyak 11 kali, yang terdiri dari dua kali sebagai Presiden Dewan Ekonomi dan Sosial. Sementara itu tiga kali sebagai Wakil Presiden Dewan.
  • Tidak hanya itu saja, Bangsa Indonesia juga terpilih menjadi anggota Dewan Hak Asasi Manusia PBB sebanyak tiga kali dan ditunjuk sebagai Wakil Presiden dari Dewan tersebut untuk periode 2009-2010.

F.A.Q

Apa saja tugas yang diemban oleh PBB?

1. Membantu untuk mewujudkan perdamaian dunia.
2. Membangun hubungan yang baik antar negara.
3. Mengirimkan bantuan bagi negara yang sedang dilanda musibah.
4. Memfasilitasi serta menjalin hubungan kerjasama di beberapa aspek kehidupan.

Mengapa Bangsa Indonesia mengundurkan diri dari PBB?

Karena adanya keputusan yang disampaikan PBB untuk mengakui kedaulatan dari Malaysia serta menetapkannya sebagai anggota tidak tetap dari Dewan Keamanan PBB.

Pertemuan yang diadakan diatas kapal Atlanta dengan beberapa Lembaga Negara menghasilkan?

Pertemuan yang diadakan di atas kapal Atlanta pada tanggal 14 Agustus tahun 1941 ini memberikan sebuah Deklarasi yang dikenal sebagai Piagam Atlantik (Atlantic Charter), yang mana di dalamnya memiliki 8 poin penting.

Demikianlah, informasi yang dapat disampaikan oleh Rumus.co.id pada pembahasan kali ini, semoga menjadi ilmu pengetahuan baru untuk kita semua.