Peran Indonesia Dalam ASEAN

Posted on

Peran Indonesia Dalam ASEAN – Peran Indonesia di dalam lembaga ASEAN dapat dikatakan lumayan penting. Bahkan, Indonesia menjadi salah satu pendiri dari lembaga ASEAN yang saat itu diwakili oleh Adam Malik.

Peran Indonesia Dalam ASEAN

Tidak hanya sampai disitu saja, tetapi terdapat banyak sekali peran penting Bangsa Indonesia di dalam lembaga ASEAN yang akan kita bahas satu persatu di kesempatan kali ini.

Namun, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu ASEAN? Apa tujuan dibentuknya ASEAN? Untuk itu, mari kita simak penjabaran yang ada dibawah ini.

Definisi ASEAN Adalah?

ASEAN (Association of Southeast Asian Nation) atau yang biasa dikenal dengan sebutan Asosiasi Bangsa Bangsa Asia Tenggara adalah salah satu organisasi regional yang bergerak didalam bidang kerja sama ekonomi serta geopolitik.

Organisasi ini juga didirikan berdasarkan dari hasil “Deklarasi Bangkok” pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. Terdapat beberapa pendiri dari organisasi tersebut selain Indonesia yaitu Malaysia, Thailand, Filiphina serta Singapura.

Latar Belakang Terbentuknya ASEAN

Pembentukan Lembaga ASEAN dimotivasi oleh beberapa faktor kesetaraan yang dimiliki oleh negara-negara yang termasuk ke dalam kawasan Asia Tenggara. Berikut ini adalah faktor yang melatarbelakanginya, yaitu :

1. Persamaan Dari Letak Geografis

Artinya Seluruh negara yang tergabung di dalam kawasan Asia Tenggara diapit oleh dua benua yakni, Benua Asia dan juga Benua Australia. Serta diapit oleh dua samudra yakni Samudra Hindia dan juga Samudra Pasifik.

2. Persamaan Dari Dasar Kebudayaan

Setiap negara yang tergabung ke dalam kawasan Asia Tenggara memiliki dasar kebudayaan, bahasa, pergaulan dan tata kehidupan yang cenderung serupa. Sehingga, wajar saja semua negara yang ada di kawasan ini umumnya menjadi pewaris dari peradaban rumpun Melayu Austronesia.

3. Adanya Persamaan Nasib yang Dialami

Semua Negara yang tergabung di kawasan Asia Tenggara tentunya pernah dijajah oleh bangsa Barat, namun tidak dengan Thailand. Hal inilah yang kemudian menimbulkan rasa “kesetiakawanan” di dalam diri dari negara-negara yang ada di Asia Tenggara.

4. Adanya Persamaan Kepentingan di Berbagai Bidang

Kepentingan yang sama di berbagai bidang, misalnya seperti bidang ekonomi, sosial budaya dan lainnya menjadi latar belakang dari dibentuknya ASEAN.

Suatu tempat yang dijadikan sebagai pintu gerbang dari perdagangan dunia juga berada di Asia Tenggara, yaitu Selat Malaka dan juga Selat Sunda.

Peran Indonesia Dalam ASEAN

Peran Indonesia Dalam ASEAN

Peran bangsa Indonesia dalam Lembaga ASEAN sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebab, Negara Indonesia tidak hanya berperan sebagai pendiri dari ASEAN saja.

Akan tetapi, Indonesia senantiasa aktif di dalam berbagai macam kegiatan yang dilakukan ASEAN. Berikut ini merupakan peran-peran Indonesia terhadap ASEAN, yaitu :

1. Sebagai Pelopor dari Pendiri ASEAN

Association of Southeast Asian Nation (ASEAN) merupakan forum bagi negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara yang bergerak dibidang ekonomi dan juga geopolitik.

Organisasi ini didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, berdasarkan hasil dari “Deklarasi Bangkok”. Indonesia berperan sebagai salah satu pelopor dari berdirinya ASEAN yang diwakili oleh Adam Malik.

Baca Juga :
Peran Indonesia Dalam PBB
Lambang ASEAN
Ukuran Bendera Merah Putih

2. Menjadi Salah Satu Pemimpin Lembaga ASEAN

Selama kepemimpinan Presiden Soeharto, Indonesia pernah memimpin ASEAN. Dimana Indonesia, dengan menggunakan gaya kepemimpinannya, bisa menjalin kerjasama yang baik dengan negara di kawasan Asia Tenggara guna mencapai tujuan utama ASEAN.

Indonesia juga mempresentasikan doktrin ketahanan nasional kepada Menteri Luar Negeri Adam Malik dalam Pertemuan Tingkat Menteri se ASEAN ke-5 di negara Singapura. Dengan tujuan untuk memperkuat tujuan ASEAN yang lainnya.

Tidak hanya itu saja, selama menjadi pemimpin dari organisasi ASEAN, Indonesia juga telah berhasil mengadakan beberapa rangkaian pertemuan, diantaranya adalah :

  • Berhasil mengadakan pertemuan menteri ASEAN (ASEAN Ministerial Meeting).
  • Mengadakan Organisasi Forum Wilayah ASEAN (Forum Regional ASEAN).
  • Mengadakan berbagai macam bentuk pertemuan bagi menteri daerah untuk menangani berbagai macam masalah yang terjadi.

3. Sebagai Tuan Rumah Dari KTT ASEAN

Selama menjadi pemimpin di ASEAN, Bangsa Indonesia mendapatkan amanat untuk mengadakan berbagai macam Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN, yaitu sebagai berikut :

  1. KTT ASEAN 1 berlangsung selama satu hari yaitu dari tanggal 23 sampai 24 Februari 1976 di Bali. Konferensi ini memperoleh kesepakatan mengenai pembentukan sekretariat ASEAN di Jakarta, Indonesia.
  2. KTT ASEAN ke 9 ini berlangsung selama satu hari yaitu dari tanggal 7 sampai 8 Oktober 2003 di Bali. Dalam konferensi ini, Indonesia memberikan usul untuk membentuk komunitas ASEAN (ASEAN Community) yang terdiri dari beberapa bidang seperti sosial, ekonomi, budaya serta keamanan.
  3. KTT ASEAN ke-18 diselenggarakan di Jakarta, Indonesia dan berlangsung selama empat hari dari tanggal 4 hingga 8 Mei 2011.
  4. KTT ke-19 ASEAN berlangsung di Bali dari tanggal 17 hingga 19 November 2011. Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan tentang zona bebas senjata nuklir di Asia Tenggara.

4. Berperan Dalam Bidang Maritim

Bangsa Indonesia senantiasa berupaya untuk mempromosikan penguatan kerjasama dalam mempertahankan keamanan maritim. Tujuannya adalah untuk dapat memerangi setiap tindakan kejahatan yang terjadi di wilayah Asia Tenggara, baik itu di bidang militer ataupun di wilayah militer.

Indonesia berperan sebagai pendorong dibalik implementasi dari Deklarasi EAS guna mengembangkan Kerjasama Maritim Regional, yang telah dirintis dan disepakati Indonesia sejak tahun 2015.

F.A.Q

Apa itu ASEAN?

ASEAN (Association of Southeast Asian Nation) atau yang biasa dikenal dengan sebutan Asosiasi Bangsa Bangsa Asia Tenggara adalah salah satu organisasi regional yang bergerak didalam bidang kerja sama ekonomi serta geopolitik.

Didirikannya Organisasi ASEAN berdasarkan hasil?

Organisasi ini juga didirikan berdasarkan dari hasil “Deklarasi Bangkok” pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok.

Tujuan dari didirikannya ASEAN adalah?

1. Mempercepat perkembangan ekonomi, kemajuan sosial serta peningkatan suatu budaya di kawasan Asia Tenggara.
2. Memperkuat perdamaian serta stabilitas regional melalui penghormatan terhadap keadilan dan juga supremasi hukum.

Itu dia, ulasan dari pembahasan yang diberikan oleh Rumus.co.id pada kesempatan kali ini, semoga membantu para pembaca.