Penyimpangan Sosial

Posted on

Penyimpangan Sosial – Dalam dunia nyata kita sering menjumpai berbagai macam konflik yang terjadi dilingkungan sekitar kita. Mulai dari bentrokan, korupsi, kecemburuan, iri dan lain sebagainya.

Penyimpangan Sosial

Norma serta hukum yang berlaku selalu berupaya untuk membimbing, menuntun, serta mengatur perilaku kita guna menciptakan tatanan sosial. Akan tetapi, di dalam kehidupan nyata tidak semua selalu menunjukkan ketertiban.

Hal-hal yang dijelaskan di atas dapat disebut sebagai tindakan Penyimpangan Sosial. Apa sih sebenarnya Penyimpangan Sosial itu? Apa saja yang menyebabkan terjadinya Penyimpangan Sosial?

Untuk mengetahuinya, Rumus.co.id akan menjabarkannya untuk kalian semua agar mudah untuk memahami Perilaku tersebut, agar kalian semua bisa menghindarinya, yuk simak penjabarannya dibawah ini.

Definisi Penyimpangan Sosial

Penyimpangan sosial merupakan sebuah term yang umumnya dipakai untuk menggambarkan tingkah laku dari suatu individu atau kelompok yang berperilaku menyimpang dari norma dan juga nilai-nilai kesusilaan yang berlaku.

Umumnya perilaku menyimpang tersebut dapat terjadi kepada siapa saja, kapan saja, dan juga dimana saja tempat, waktu serta keadaannya. Baik itu dalam penyimpangan kecil atau besar, pada tingkat luas atau sempit, hal ini tentunya akan mengganggu keseimbangan hidup individu.

Setiap perilaku atau tindakan akan dianggap menyimpang jika tindakan tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai serta norma sosial yang ditetapkan dalam lingkungan masyarakat.

Sehingga bahwa setiap orang yang melanggar hukum akan dianggap sebagai pelanggar dan harus diberikan hukuman atau sanksi berdasarkan dengan peraturan yang ditetapkan.

Penyimpangan Sosial Menurut Para Ahli

Setelah menyimak penjelasan yang ada diatas, agar lebih mudah lagi untuk memahaminya, yuk simak pengertian dari Social Deviation yang diungkapkan oleh para ahli, yaitu diantaranya adalah :

  1. Gillin, Social Deviation adalah tindakan yang berasal dari nilai-nilai sosial dan norma-norma sehingga dapat menjadi penyebab dari pudarnya ikatan sosial serta solidaritas kelompok.
  2. Becker, Social Deviation merupakan sebuah konsekuensi dari adanya aturan dan juga penerapan sanksi yang dilaksanakan oleh masyarakat terhadap individu yang melakukan tindakannya sendiri.
  3. Paul B. Horton, Social Deviation merupakan perilaku atau tindakan yang dilakukan oleh seseorang sebagai wujud dari pelanggaran terhadap nilai-nilai dan juga norma-norma yang terkandung di dalam komunitas.
  4. Edwin M. Lemert, Social Deviation adalah tindakan atau perilaku yang dihasilkan dari keberadaan kegiatan labeling (proses pemberian julukan, merek, cap maupun stempel) yang sudah diberikan kepadanya oleh masyarakat.

Baca Juga :
Interaksi Sosial
Lembaga Sosial
Konflik Sosial

Penyebab Terjadinya Penyimpangan Sosial

Terjadinya tindakan Penyimpangan Sosial pastinya dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mendasarinya. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai faktor-faktor terjadinya Social Deviation, yaitu :

  • Faktor internal : Penyebab dari adanya tindakan penyimpangan ini dapat disebabkan oleh faktor internal yaitu meliputi intelegensi atau tingkat kecerdasan, usia, jenis kelamin, serta kekuasaan seseorang di dalam keluarga.
  • Faktor eksternal : Penyebab dari adanya tindakan penyimpangan sosial dapat disebabkan karena faktor eksternal yaitu kehidupan rumah tangga, keluarga, pendidikan, pergaulan, dan juga media massa. Misalnya seseorang yang kerap melihat orang tuanya sedang berseteru dan mengkonsumsi narkoba sebagai pelampiasannya.

Bentuk – Bentuk Penyimpangan Sosial

Tindakan penyimpangan yang dilakukan oleh individu atau kelompok dapat dibedakan menjadi beberapa golongan, yaitu sebagai berikut :

1. Social Deviation Sesuai Dengan Sifatnya

  • Positive Deviations, adalah bentuk penyimpangan yang memiliki efek positif pada pelaku penyimpangan atau pada orang lain yang ada di lingkungan mereka. Meskipun begitu, perilaku ini masih dianggap bertentangan dengan norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat.
  • Negative Deviations, adalah bentuk penyimpangan yang bertentangan dengan nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat. Masyarakat biasanya tidak akan mentolerir para pelaku dari penyimpangan negatif ini.

2. Social Deviation Sesuai Jumlah Pelakunya

  1. Individual Deviations, merupakan bentuk dari tindakan yang menyimpang dari seseorang yang melanggar urutan nilai dan juga norma di masyarakat.
  2. Collective Deviation, merupakan bentuk dari tindakan penyimpangan yang dilakukan oleh segerombol orang dan secara terkoordinasi terhadap nilai dan juga norma yang berlaku dilingkungan sekitarnya.

3. Social Deviation Sesuai Dengan Jenisnya

  1. Primary Deviations, adalah bentuk Social Deviation yang sifatnya sementara. Penyimpangan ini hanya terjadi sekali, bersifat sementara serta dapat ditoleransi oleh masyarakat setempat.
  2. Secondary Deviations, adalah bentuk dari Social Deviation yang dilakukan secara berulang kali dan mengarah pada tindakan pelanggaran hukum.

F.A.Q

Apa itu Penyimpangan Sosial?

Penyimpangan sosial merupakan sebuah term yang umumnya dipakai untuk menggambarkan tingkah laku dari suatu individu atau kelompok yang berperilaku menyimpang dari norma dan juga nilai-nilai kesusilaan yang berlaku.

Dampak dari Social Deviation adalah?

1. Dapat menimbulkan tindakan kriminalitas yang meresahkan masyarakat yang ada disekitar.
2. Bisa menyebabkan masa depan yang suram, karena yang ada di pikiran dari para pelaku penyimpangan ini hanya berbuat kejahatan.
3. Dari tindakan penyimpangan sosial ini dapat merugikan diri sendiri.

Bagaimana mencegah terjadinya Penyimpangan Sosial ini?

1. Memberikan anak-anak contoh perilaku lingkungan yang baik dengan saling membantu.
2. Batasi dan pantau ketika anak-anak menggunakan media online.
3. Pendalaman pengetahuan agama untuk keluarga dan lingkungan.

Sekian dari informasi yang ada diatas mengenai Penyimpangan Sosial, semoga dapat menambah wawasan baru untuk kita semua.