Penyebab Pencemaran Air

Posted on

Penyebab Pencemaran Air – Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting di muka Bumi ini, karena air merupakan SDA yang sangat diperlukan oleh semua makhluk hidup di dalam kehidupannya.

Penyebab Pencemaran Air

Perlu kalian ketahui, bahwa dua pertiga dari permukaan bumi yang kita tempati ini terdiri dari air. Tidak hanya itu saja, bahkan sekitar 60 hingga 70% komponen dari tubuh manusia ini berasal dari air.

Apabila dimuka bumi ini sumber air bersih tercemar dan tidak ada air bersih, maka makhluk hidup terutama manusia tidak akan bisa minum, mandi, mencuci pakaian serta piring, memasak dan masih banyak lagi.

Nah, dalam penjabaran di kesempatan kali ini, kita akan menyimak secara bersama-sama penjelasan dari permasalahan Pencemaran Air beserta dengan hal-hal di dalamnya.

Definisi Pencemaran Air

Pencemaran Air sering diartikan sebagai kondisi dari air yang terkontaminasi dengan komponen, energi atau zat kimia atau non-kimia yang masuk ke dalam air, yang disebabkan karena adanya kegiatan manusia.

Sehingga hal tersebut menyebabkan kualitas air menurun sampai ke tingkat tertentu serta tidak bisa dipakai sesuai dengan manfaatnya. Polusi ini umumnya terjadi di sungai, danau, dan bahkan samudra atau lautan.

Penyebab dari pencemaran air ini terutama adalah limbah domestik dan juga limbah pabrik, yang secara khusus dibuang ke daerah perairan. Air yang sudah tercemar umumnya dapat dilihat dari warna, bau serta rasanya.

Tidak hanya itu saja, hal ini juga dapat diukur melalui derajat dari keasaman serta jumlah dari mikroorganisme yang ada di dalam air. Namun, untuk mengetahui apakah airnya terkontaminasi atau tidak, maka pengujian lebih lanjut sangat diperlukan.

Baca Juga :
Pencemaran Air – Pengertian, Penyebab, Dampak dan Contoh
Pencemaran Tanah
Keseimbangan Ekosistem

Penyebab Terjadinya Water Pollution

Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa Water Pollution bisa disebabkan oleh beberapa aspek dan unsur, misalnya sepert masuknya komponen berbahaya dan lainnya. Berikut ini yang menjadi penyebab dari Water Pollution, yaitu :

  • Limbah Industri

Pabrik tekstil atau kertas dianggap sebagai sumber terbesar dari penyebab polusi air. Limbah yang berasal dari kedua pabrik ini diklasifikasikan sebagai sampah organik yang mengeluarkan bau tidak sedap serta memiiki kandungan berbahaya.

Sementara itu, limbah yang berasal dari pabrik baja, obat-obatan, dll disebut sebagai sampah anorganik, yang melepaskan cairan dan busa panas yang mengandung asam sulfat dengan bau yang sangat menyengat.

  • Limbah Domestik

Sama halnya dengan limbah industri, limbah domestik ini dapat dibedakan menjadi limbah organik, anorganik, dan sampah berbahaya yang lainnya. Sampah organik berasal dari sisa makanan, kulit buah, sayuran, dll.,

Sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari bahan yang tidak mudah diurai, misalnya seperti plastik, kaleng serta kaca. Sedangkan untuk, sampah yang berbahaya lainnya yaitu seperti deterjen dan larutan cucian piring atau oli bekas dipakai.

  • Limbah Pertanian

Polusi air di bidang ini disebabkan oleh penggunaan pupuk dan bahan kimia untuk menangkal hama. Meskipun dianggap efektif dalam memberantas hama dan hewan lain yang merusak tumbuhan.

Namun, hal ini juga memberikan pengaruh buruk terhadap keadaan air yang ada di dalam tanah.

  • Limbah Pertambangan

Pertambangan menjadi salah satu penyebab dari terjadinya proses pencemaran air, misalnya seperti bidang pertambangan batubara.

Ketika pertambangan batubara terbakar, maka merkuri yang ada di dalamnya dilepaskan ke udara, dan kemudian akan kembali lagi serta jatuh ke tanah yang dapat menyebabkan terjadinya polusi air.

Contoh Dari Water Pollution

Dibawah ini terdapat beberapa contoh dari terjadinya Water Pollution, yaitu diantaranya adalah :

  1. Limbah industri dibuang ke sungai tanpa adanya pengolahan terlebih dahulu dapat menimbulkan hal-hal yang berbahaya karena senyawa beracun yang terdapat dalam limbah dapat mengganggu ekosistem sungai.
  2. Sungai yang dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah, hal ini tentunya dapat menyebabkan terjadinya Water Pollution. Sebab sampah atau limbah yang dibuang tersebut akan merusak ekosistem yang ada di air.
  3. Apabila menggunakan bahan peledak untuk mengumpulkan ikan. Hal ini tentunya dapat mengancam keseimbangan antara biota dengan ekosistem yang ada di air. Adanya gravitasi juga dapat memberikan akibat yang fatal serta membahayakan banyak spesies seperti ikan dan terumbu karang.
  4. Adanya limbah nuklir, limbah domestik serta tumpahan minyak yang terjadi di laut juga merupakan contoh dari pencemaran air.

F.A.Q

Apa itu Water Pollution?

Pencemaran Air sering diartikan sebagai kondisi dari air yang terkontaminasi dengan komponen, energi atau zat kimia atau non-kimia yang masuk ke dalam air, yang disebabkan karena adanya kegiatan manusia.

Apa saja dampak dari terjadinya Water Pollution?

1. Dapat menyebabkan datangnya banjir.
2. Bisa menimbulkan kerusakan ekosistem.
3. Menimbulkan berbagai macam penyakit.
4. Mengurangi kadar oksigen.

Cara mengatasi Pencemaran Air, yaitu?

1. Bangunan industri atau pabrik harus jauh dari tempat tinggal penduduk.
2. Bahan kimia dan pestisida harus dikontrol dengan baik agar tidak digunakan di luar batas normal.
3. Sampah harus dibuang pada tempatnya.
4. Upaya berkelanjutan sedang dilakukan untuk reboisasi hutan.

Demikian dari informasi singkat kali ini, semoga membantu pembaca setia untuk mempelajarinya yaa. Terimakasih