Penyakit Pada Paru-Paru

Posted on

Penyakit Pada Paru-Paru – Paru-paru adalah organ yang masuk kedalam kelompok sistem pernapasan dalam tubuh manusia ataupun hewan-hewan tertentu serta sangat berkaitan erat dengan sistem peredaran darah.

Penyakit Pada Paru-Paru

Secara umum, fungsi paru-paru adalah untuk menukar oksigen dari udara dan menghilangkan karbon dioksida atau CO2, serta uap air atau H2O. Peristiwa tersebut disebut sebagai proses respirasi.

Apabila paru-paru mengalami gangguan atau penyakit, maka sudah dipastikan bahwa sistem pernapasan manusia juga akan terganggu. Secara umum terdapat banyak sekali penyakit yang mengganggu kinerja dari sistem pernapasan manusia.

Oleh sebab itu, kita semua diwajibkan untuk selalu menjaga dan juga memelihara kesehatan paru-paru.

Pada pembahasan kali ini, kita akan menyimak penjabaran dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang paru-paru, baik yang disebabkan oleh bakteri, infeksi virus, polusi maupun zat-zat kimia.

Penyakit Pada Paru-Paru

Berikut adalah berbagai macam penyakit yang menyerang kesehatan paru-paru, diantaranya adalah :

1. Flu (Influenza)

Flu adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh virus yang ditularkan ke orang lain melalui air liur yang keluar dikarenakan batuk ataupun bersin. Kondisi ini sering terjadi ketika pergantian musim, dengan gejala yang ditimbulkan seperti bersin, pilek, sakit kepala bahkan terkadang demam.

Flu yang terjadi dalam kurun waktu terlalu lama bisa memicu munculnya penyakit baru, yaitu pneumonia ataupun bronkitis. Pada kasus flu biasa umumnya akan sembuh kurang lebih dalam waktu 7 hari.

2. Bronkitis

Bronkitis merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada pipa yang menyalurkan udara ke paru-paru, biasanya penyakit ini diakibatkan karena cuaca dingin, iritasi yang disebabkan oleh asap rokok ataupun iritasi karena serbuk bunga.

Pada kasus Bronkitis ini terdapat gejala seperti batuk dengan keras, rasa sakit serta dahak yang dikeluarkan berwarna aneh bahkan berdarah. Bronkitis bisa disembuhkan dengan berbagai macam obat-obatan serta perawatan medis.

Baca Juga :
Gangguan Pada Tenggorokan
Gangguan Pada Telinga
Kelainan Pada Hidung

3. Pneumonia

Pneumonia merupakan kondisi penggembungan udara yang terjadi pada lapisan kantong yang terdapat di sekitar paru-paru ini disebabkan oleh infeksi Virus, bakteri maupun infeksi jamur.

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini yaitu nafas terasa sesak, batuk berat disertai dengan dahak yang sangat kental. Apabila dibiarkan terus-menerus, maka pneumonia bisa menimbulkan sesak napas akut, rasa nyeri pada dada serta demam yang tidak kunjung reda.

4. Asma

Asma adalah kondisi penyempitan saluran pernapasan yang disebabkan adanya reaksi alergi yang diakibatkan asap, debu maupun serbuk sari. Hal ini dapat diakibatkan oleh cuaca dingin dan juga stres.

Untuk meredakan sesak nafas yang diakibatkan oleh penyakit asma dapat menggunakan Inhaler. Upayakan untuk terus berkonsultasi dengan dokter guna menghindari asma kambuh.

5. COPD

COPD merupakan kondisi dari penggabungan antara emfisema, bronkitis kronis serta asma yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada lapisan bagian luar paru-paru. Gejala yang muncul dari penyakit ini adalah sesak napas, batuk berat yang disertai dengan dahak. Pada umumnya COPD ini disebabkan karena asap rokok.

6. Kanker Paru-paru

Apabila terdapat sel tumor di dalam paru-paru bisa berkembang menjadi sebuah kanker. Penyebab utama dari penyakit ini adalah kebiasaan hidup yang buruk seperti merokok. Akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa seseorang yang bersifat non-perokok tak dapat terserang oleh penyakit ini.

Tahapan awal munculnya sel tumor dalam paru-paru ditandai dengan adanya batuk berat yang disertai dengan dahak berdarah, nyeri pada bagian dada serta sulit untuk bernapas.

7. Pleuritis

Pleuritis atau yang lebih dikenal dengan sebutan radang selaput dada ini disebabkan karena organ bagian dalam pada dada mulai mengalami peradangan dan membengkak sehingga menyebabkan gesekan satu sama lain yang dipicu oleh infeksi, virus atau bakteri.

Gejala yang muncul dari penyakit ini menimbulkan rasa nyeri pada dada dan disertai dengan batuk dan juga sesak napas. Pleuritis disebabkan oleh virus, bakteri atau infeksi.

8. Pulmonary Embolism

Emboli paru adalah gumpalan darah yang terbentuk di kaki dan secara bertahap bergerak ke paru-paru. Di paru-paru, gumpalan ini menutup aliran darah dan dapat merusak jaringan dalam paru-paru.

Gejala yang ditimbulkan dari kondisi ini yaitu sesak napas, nyeri pada bagian dada serta batuk yang kadang mengeluarkan darah. Dimana gumpalan tersebut dapat mengakibatkan pembengkakan yang terjadi pada bagian permukaan kulit, terasa panas dan juga sakit ketika ditekan.

9. Pulmonary Edema

Cairan yang terkumpul pada bagian kantong udara yang berperan melapisi paru-paru ini menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan untuk bernafas, yang akan bertambah buruk saat berbaring.

Gejala lainnya yaitu detak jantung menjadi lebih cepat, terasa lemah, batuk yang disertai dengan dahak berdarah. Penyebab terjadinya Pulmonary Edema yaitu karena penyakit jantung, pneumonia, bahan kimia tertentu, cedera maupun suhu udara yang tinggi.

10. Idiopathic Pulmonary Fibrosis

Idiopathic Pulmonary Fibrosis (IPF) yaitu kondisi jaringan paru-paru yang kaku serta menebal sehingga menyebabkan oksigen sulit untuk masuk ke dalam paru-paru serta peredaran darah yang ada di sekitarnya dan juga di otak, ataupun organ-organ yang lainnya.

Gejala yang timbul dari penyakit ini adalah kesulitan untuk bernapas yang disertai dengan batuk kering yang sangat sulit untuk dikendalikan. Unsur genetik masih menjadi penyebab utama dari munculnya penyakit ini, yang disebabkan oleh beberapa virus dan juga asap rokok.

F.A.Q

Ciri-ciri dari paru-paru yang sehat adalah?

Paru-paru yang sehat umumnya ditandai dengan kedua paru-paru yang memiliki kemampuan untuk menampung udara kurang lebih sebanyak 6 liter.

Cara menjaga kesehatan paru-paru adalah?

1. Hentikan kebiasaan buruk, seperti merokok.
2. Usahakan untuk menghindari asap rokok dan debu.
3. Lakukan olahraga yang ringan secara rutin.
4. Buang kebiasaan untuk mengkonsumsi minuman beralkohol.

Apa fungsi dari Paru-Paru?

Fungsi paru-paru adalah untuk melakukan proses pertukaran oksigen dari udara dan menghilangkan karbon dioksida atau CO2, serta uap air atau H2O. Peristiwa tersebut disebut sebagai proses respirasi.

Sekian lah ulasan di kesempatan kali ini, semoga bisa menjadi referensi baru untuk kita semua.