Peninggalan Kerajaan Ternate

Posted on

Peninggalan Kerajaan Ternate – Ternyata Ternate merupakan salah satu kerajaan tertua yang ada di Indonesia atau Nusantara yang telah berdiri sejak tahun 1257 atau sekitar abad ke- 13 M. Hal ini bertepatan dengan penobatan raja pertama dari kesultanan ini, yaitu Sultan Baab Mashur Malamo.

Peninggalan Kerajaan Ternate

Didirikannya kesultanan ini berawal dari semakin berkembang pesatnya aktivitas sosial dan juga ekonomi di wilayah Maluku. Kepala Marga atau Ternate Momole membentuk kerajaan dari aktivitas pedagang asing yang dilakukan oleh bangsa Arab, Cina, India dan juga Melayu.

Kehidupan ekonomi dari rakyat Ternate dapat dibilang sangat makmur karena sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai pedagang. Nah, tepat sekitar abad ke-13 M, Ternate mendirikan pasar yang sangat ramai.

Masa kejayaan dari Kesultanan Ternate ini pun akhirnya diikrarkan tepatnya pada abad ke -16 Masehi. Hal ini tentunya diakibatkan karena perdagangan rempah-rempahnya yang terkenal hingga ke negara Eropa.

Kehidupan Dari Kerajaan Ternate

Berikut ini merupakan kehidupan yang dijalani oleh Kerajaan Ternate, yaitu diantaranya adalah :

1. Kehidupan Politik

Persaingan yang terjadi dengan Kerajaan Tidore membuat Kerajaan Ternate terus-menerus melakukan pembenahan dan juga memakai sistem politik yang lebih bermakna.

Setelah itu, perjanjian Saragosa pun muncul pada saat perselisihan yang terjadi antara bangsa Spanyol dengan bangsa Portugis. Kemudian, Kerajaan Ternate pun ikut serta di dalam perjanjian tersebut, dan berpihak di Portugis.

Dengan perjanjian ini, sistem politik Kerajaan Ternate sangat dipengaruhi oleh Portugis. Ternate akrab dengan perjanjian bilateral, monopoli, dan bahkan pajak, karena sistem itu sebenarnya telah diadopsi oleh Portugis.

2. Kehidupan Ekonomi

Perdagangan merupakan sistem mata pencaharian utama yang digeluti oleh rakyat Ternate. Laju perdagangan yang terjadi di Maluku sangat kuat, sehingga rempah-rempah yang dihasilkan oleh Ternate bisa diekspor hingga ke Eropa.

Dengan meningkatnya jumlah rempah-rempah yang ada di Ternate, tentunya, hal ini tidak terlepas dari peran para petani. Ya, tidak hany pedagang saja, namun orang Ternate juga bermata pencaharian sebagai petani.

Hal ini tentunya disebabkan karena tanah dari Kerajaan Ternate sangat subur, oleh sebab itu produk-produk pertanian hasilnya sangat berlimpah.

3. Kehidupan Budaya

Kehidupan budaya yang dialami oleh Kerajaan Ternate sangat dipengaruhi oleh adanya peran dari para penjajah. Meskipun begitu budaya Malaysia atau melayu masih terkait erat dengan masyarakat dari kerajaan ini.

Belum ada bukti bahwa terdapat budaya yang berkembang di Kerajaan ini, namun hanya dalam bentuk bangunan warisan sejarah saja.

Ketidak tenaran kehidupan budaya yang dialami oleh Kerajaan Ternate, sebab perhatian dari orang-orang dan juga pemerintah hanya berfokus di bidang ekonomi saja, oleh karena itu kehidupan budaya dari kerajaan ini tidak begitu terlihat.

Baca Juga :
Peninggalan Kerajaan Ternate dan Tidore
Peninggalan Kerajaan Perlak
Candi Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Peninggalan Kerajaan Ternate

Peninggalan Kerajaan Ternate

Peninggalan-peninggalan atau warisan sejarah dari Kerajaan Ternate sebagai situs bersejarah berdirinya kerajaan ini, adalah sebagai berikut :

1. Benteng Tolukko (1540)

Nama lain dari Benteng Tolukko ini yaitu Benteng Hollandia yang mana bangunan ini didirikan pada tahun 1540 Masehi oleh Francisco Serrao dan merupakan bangunan peninggalan dari bangsa Portugis.

Tujuan dari didirikannya bangunan ini yaitu sebagai tempat pertahanan dari Kerajaan Ternate saat diserang oleh Kerajaan Spanyol.

2. Benteng Oranje (1607)

Jika Benteng Tolukko yang didirikan oleh Francisco Serrao itu merupakan bangunan peninggalan dari Bangsa Portugis. Hal ini tentunya berbeda dengan Benteng Oranje yang merupakan peninggalan dari Bangsa Belanda.

Bangunan benteng ini didirikan pada tahun 1607 M atau lebih tepatnya pada masa pemerintahan dari Sultan Mudafar.

3. Benteng Kalamata (1540)

Ternyata tidak hanya Benteng Tolukko saja yang didirikan pada tahun 1540 Masehi. Tetapi, Benteng Kalamata juga didirikan pada tahun 1540 M. Bahan material yang digunakan untuk membangun benteng ini sangat sederhana, yaitu hanya tersusun dari bebatuan sungai saja.

Bangunan dari Benteng Kalamata ini berlokasi di pesisir pantai sehingga bangunan ini memiliki pemandangan yang sangat indah.

4. Masjid Ternate

Seperti Masjid Agung di setiap wilayah, bentuk dari masjid yang tersisa dari Kerajaan Ternate yaitu masjid besar yang didirikan sebagai tempat untuk ibadah. Masjid ini didirikan pada abad ke- 24 atau lebih tepatnya berada dibawah pemerintahan Sultan Hamzah.

Terdapat 4 tiang yang sangat kokoh untuk menopang bangunan masjid ini, sehingga bangunan masjid tersebut benar-benar besar dan berdiri dengan kokohnya.

4. Istana Sultan Ternate (ABAD KE-19)

Istana Sultan Ternate ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Ternate yang digunakan oleh raja-raja atau para sultan dalam proses memerintah Ternate.

Bangunan ini terletak di Kodya Ternate, atau lebih tepatnya berada di Soasiu, Kel. Letter C berada satu kompleks dengan Masjid Ternate. Istana Kesultanan Ternate ini berdiri dengan kokoh, karena sudah mengalami pemulihan pada tahun 1978.

5. Makam Sultan Baabullah

Raja yang bergelar Sultan 27 pulau ini dikuburkan di tempat yang sangat khusus sehingga sampai saat ini banyak sekali yang datang ke tempat ini untuk berziarah. Letak makamnya adalah di lereng Gunung Galamalam.

Terdapat 2 jenis pohon yang tumbuh di makam Sultan Baabullah ini, yaitu pohon pala dan juga cengkeh.

F.A.Q

Kerajaan Ternate mengalami puncak kejayaan pada abad?

Masa kejayaan dari Kesultanan Ternate ini pun akhirnya diikrarkan tepatnya pada abad ke -16 Masehi. Hal ini tentunya diakibatkan karena perdagangan rempah-rempahnya yang terkenal hingga ke negara Eropa.

Penyebab runtuhnya Kerajaan Ternate yaitu?

1. Adanya penjajahan yang dilakukan oleh bangsa Belanda dan Portugis.
2. Adanya Perang persaudaraan yang terjadi di dalam Kerajaan Ternate yang memperebutkan kekuasaan tahta Ternate.

Raja yang terkenal dari Kerajaan Ternate adalah?

Sultan Baabullah mendapat julukan sebagai raja 27 pulau, sebab Sultan Baabullah adalah sultan yang berhasil membawa Kerajaan Ternate ke puncak kejayaannya.

Sekian artikel dalam pembahasan yang ada diatas, semoga artikel singkat tersebut dapat membantu Anda mempelajarinya.

Related posts: