Peninggalan Kerajaan Medang

Posted on

Peninggalan Kerajaan Medang – Medang (Mataram Kuno) ini merupakan kerajaan yang didirikan di wilayah Jawa Timur di abad ke- 10 M dan berIbu Kota di Wantan Mas yang ada di sungai Brantas.

Peninggalan Kerajaan Medang

Sebelumnya, Kerajaan Medang telah didirikan di wilayah Jawa Tengah dengan nama Mataram. Akan tetapi, posisi kerajaan harus berpindah ke wilayah Jawa Timur disebabkan karena adanya letusan Gunung Merapi yang menghancurkan Kerajaan Mataram.

Berdasarkan dengan isi dari prasasti Mantyasih, Rakai Mataram Ratu Sanjaya merupakan raja pertama dari kerajaan Medang yang berdiri di wilayah Jawa Tengah saat itu. Puncak ketenaran dari Kerajaan Medang terjadi di abad ke – 8 hingga abad ke- 9 M.

Kala itu, Kerajaan Medang ini dipimpin oleh Raja Balitung dengan daerah kekuasaan yang meliputi Bagelen (Jawa Tengah) sampai Malang (Jawa Timur). Namun ada juga yang mengatakan bahwa puncak kejayaan dari Kerajaan Medang ini terjadi di masa pemerintahan Raja Airlangga.

Hal tersebut berdasarkan dengan apa yang tertulis di dalam kitab Arjunawiwaha karya dari Mpu Kanwa. Melihat kisah kehebatan dari Kerajaan Medang tentunya Kerajaan ini memiliki berbagai macam peninggalan yang menjadi bukti sejarah dari Kerajaan ini.

Peninggalan Kerajaan Medang

Berikut ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Medang sebagai bukti sejarah bahwa kerajaan ini pernah berkuasa di Indonesia. Yuk simak penjelasan dari peninggalan-peninggalan Kerajaan Medang, yaitu :

Prasasti Dari Kerajaan Medang

Berikut ini adalah bukti sejarah dari Kerajaan Medang yang berbentuk sebuah prasasti, yaitu diantaranya adalah :

PrasastiTahun Pembuatan
Kalasan778 Masehi
Sojomerto8 Masehi
Kelurak782 Masehi
Nalanda860 Masehi
Ratu Boko856 Masehi
Canggal732 Masehi
Wanua Tengah III908 Masehi
Mantyasih907 Masehi
Rukam907 Masehi
Tri Tebusan842 Masehi
Plumpungan750 Masehi
Gondosuli792 Masehi
Siwarga856 Masehi
Kayumwungan

Baca Juga :
Candi Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno
Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno
Kerajaan Mataram Kuno

Candi Peninggalan Kerajaan Medang

Peninggalan Kerajaan Medang

Selain dalam bentuk Prasasti, ternyata Kerajaan Medang juga memiliki bukti sejarah yang berupa sebuah bangunan atau candi lloh readers. Mau tahu, apa saja Candi peninggalan dari Kerajaan Medang, yuk simak ulasan di bawah ini :

1. Candi Kalasan

Candi Kalasan yang mempunyai sebutan lain yaitu Candi Kalibening, yaitu sebuah Candi yang letaknya berada di kawasan Desa Kalasan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Atau lebih tepatnya Candi ini berada sekitar 16 km ke sebelah timur dari Kota Yogyakarta. Walaupun mempunyai corak Budha, namun Candi Kalasan ini merupakan salah satu candi yang didirikan dengan penggabungan antara corak kerajaan Budha dengan Hindu.

2. Candi Plaosan

Candi Plaosan merupakan julukan untuk kompleks candi-candi yang letaknya berada di wilayah Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Prov. Jawa Tengah. Atau lebih tepatnya kira-kira candi ini letaknya sekitar 1 Km ke timur-laut Candi Sewu ataupun Candi Prambanan.

Keberadaan kemuncak stupa, patung Buddha, dan beberapa candi perwara (pendamping) yang memiliki bentuk stupa di sekitar kompleks percandian ini menjadi pertanda bahwa candi tersebut merupakan candi bercorak Buddha.

3. Candi Sari

Candi Sari atau Candi Bendah adalah candi Buddha yang letaknya tidak jauh dengan Candi Kalasan, Sambisari dan juga Prambanan, yaitu lebih tepatnya berada di sebelah timur-laut dari DI Yogyakarta, serta tak jauh juga dari letak Bandara Adisucipto.

Bangunan ini didirikan sekitar abad ke-8 hingga ke-9 M kala itu saat masa pemerintahan Mataram Kuno. Di bagian atap candi sari memiliki 9 stupa jika dilihat nampak seperti stupa yang ada di Candi Borobudur.

Bentuk dari bangunan dan juga ukiran relief yang terdapat pada dinding candi sari cenderung mirip dengan relief yang terdapat pada Candi Plaosan.

4. Candi Sambisari

Candi Sambisari merupakan salah satu candi bercorak Hindu (Siwa) yang letaknya ada di wilayah Purwomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, Yogyakarta atau lebih tepatnya kira-kira berada di 12 km sebelah timur dari DI Yogyakarta ke arah Solo atau sekitar 4 km sebelum Candi Prambanan.

Candi ini didirikan sekitar abad ke-9 Masehi ketika masa kepemimpinan dari raja Rakai Garung atau ketika masa pemerintahan dari Kerajaan Mataram Kuno.

5. Candi Prambanan

Candi Roro Jonggrang atau yang lebih dikenal dengan sebutan Candi Prambanan merupakan kompleks percandian bercorak Hindu terbesar yang berdiri di Indonesia. Kompleks percandian ini didirikan sekitar abad ke-9 M.

Pembangunan candi ini didedikasikan untuk Trimurti, yaitu tiga dewa Hindu yang memiliki peran paling penting. Ketiga dewa tersebut adalah Brahma (dewa pencipta), Wisnu (dewa perlindungan) dan Siwa (dewa kehancuran).

F.A.Q

Siapa raja pertama dari Kerajaan Medang di Jawa Timur?

Raja pertama dari Kerajaan Medang yang sudah pindah lokasi di Jawa Timur adalah Mpu Sindok. Beliau memerintah kerajaan Medang bersama sang istri yang bernama Sri Wardhani Pu Kbih sekitar 20 tahun.

Puncak Kejayaan dari Kerajaan Medang?

Puncak ketenaran dari Kerajaan Medang terjadi di abad ke – 8 hingga abad ke- 9 M. Kala itu, Kerajaan Medang ini dipimpin oleh Raja Balitung dengan daerah kekuasaan yang meliputi Bagelen (Jawa Tengah) sampai Malang (Jawa Timur).

Keruntuhan dari Kerajaan Medang disebabkan?

Kerajaan Medang runtuh karena Adanya perang saudara yang terjadi ketika diperintah oleh Kerajaan Airlangga.

Sekian ulasan dari artikel kali ini, semoga membantu adik-adik untuk mempelajarinya yaa.