Peninggalan Kerajaan Budha

Posted on

Peninggalan Kerajaan Budha – Agama Budha sudah mulai berkembang di Indonesia sejak abad ke- 2 Masehi. Tidak hanya itu saja, agama Budha juga sudah banyak mempengaruhi dalam berbagai aspek kehidupan rakyat yang tinggal di Indonesia.

Peninggalan Kerajaan Budha

Mulai dari kehidupan sosial, politik, ekonomi dan juga budaya di wilayah Indonesia serta merubah sistem kepercayaan yang dianut. Tidak hanya itu saja, bahkan agama Budha juga meninggalkan berbagai jejak sejarah seperti candi yang tersebar di pulau-pulau yang ada di Indonesia.

Untuk mengetahui candi apa saja yang menjadi peninggalan dari Kerajaan bercorak Budha, yuk kita simak ulasan berikut ini…

Candi Peninggalan Kerajaan Budha

Terdapat beberapa contoh peninggalan dari Kerajaan Budha sekaligus sebagai bukti sejarah dari adanya Kerajaan ini, yaitu antara lain :

1. Candi Borobudur

Peninggalan Kerajaan Budha

Borobudur termasuk kedalam salah satu datar dari Candi yang menjadi Peninggalan dari Kerajaan bercorak Budha. Bangunan dari Candi ini berada di Magelang, Jawa Tengah.

Candi Borobudur adalah sebuah candi yang didirikan oleh masyarakat yang menganut agama Buddha di tahun 800 M, yaitu ketika sedang dibawah pemerintahan dinasti Syailendra.

2. Candi Mendut

Mendut menjadi salah satu candi peninggalan kerajaan Budha yang mempunyai tinggi bangunan sekitar 26,4 m. Bangunan dari candi ini terletak di jalan. Mayor Kusen, Mendut, Magelang.

Diperkirakan bahwa candi ini didirikan di tahun 824 M saat masa pemerintahan dari Raja Indra, yaitu ketika dinasti Syailendra. Candi ini dijumpai untuk pertama kalinya di tahun 1908 M oleh J.G. de Casparis, yaitu seorang arkeolog Belanda.

3. Candi Ngawen

Candi Ngawen menjadi salah satu daftar peninggalan dari Kerajaan Budha yang berada di desa Ngawen, Magelang. Bangunan Candi ini tersusun atas dua buah candi kecil yang dilengkapi dengan patung singa di keempat sudutnya.

Menurut sejarah yang ada, diperkirakan bahwa Candi ini didirikan oleh dinasti Syailendra di abad ke-8 M atau lebih tepatnya pada masa kekuasaan dari Kerajaan Mataram Kuno di tahun 824 M.

4. Candi Lumbung

Candi Lumbung juga menjadi salah satu candi peninggalan dari Kerajaan Budha atau lebih tepatnya didirikan ketika dibawah kekuasaan dari Kerajaan Mataram Kuno di abad ke-9 M.

Bangunan candi ini merupakan sebuah kompleks yang memiliki candi utama bercorak Buddha dan dikelilingi oleh 16 candi kecil.

5. Candi Banyunibo

Candi Banyunibo adalah salah satu candi yang menjadi peninggalan dari Kerajaan Budha yang didirikan sekitar abad ke-9 M atau lebih tepatnya berada di bawah pemerintahan dari Mataram Kuno.

Di bagian atas dari Bangunan Candi ini terdapat stupa serta mempunyai corak Budha yang sangat kental. Candi Banyunibo ini terletak di kawasan Yogyakarta atau tidak jauh dengan letak dari Candi Ratu Boko.

6. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus ini menjadi salah satu candi peninggalan dari Kerajaan bercorak Budha. Bangunan candi ini terletak di wilayah Muara Takus, Riau, Pekanbaru. Candi ini adalah candi yang sangat unik, sebab bangunannya tersusun dari batuan pasir, batu sungai, dan juga batu bata.

Kuil ini adalah salah satu dari kompleks candi tertua dengan dikelilingi oleh tembok yang memiliki tinggi 74 x 74 m dan juga tembok yang tercipta dari tanah dengan ukuran sekitar 1,5 x 1,5 km.

Baca Juga :
Peninggalan Kerajaan Hindu
Prasasti Peninggalan Kerajaan Sriwijaya
Peninggalan Kerajaan Bali

7. Candi Brahu

Candi Brahu menjadi salah satu candi peninggalan dari Kerajaan Budha yang sangat kental dengan corak agama Buddha. Bangunan ini diperkirakan berdiri di abad ke 15 M. Dulunya candi ini digunakan sebagai tempat untuk krematorium jenazah dari para raja Kerajaan Brawijaya. 

Bangunan dari Candi ini terletak di wilayah Desa Bejijong, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur dan sampai saat ini masih tetap berdiri.

8. Kompleks Candi Batujaya

Kompleks Candi Batujaya ini merupakan sebuah tempat dimana di kompleks ini terdapat bangunan candi yang terkubur di dalam tanah sehingga seperti bukit.

Tempat ini adalah sebuah kompleks yang terdiri dari sisa-sisa peradaban Buddha kuno. Kompleks ini berada di wilayah Batujaya, Karawang, Jawa Barat.

9. Candi Sumberawan

Peninggalan Kerajaan Budha

Candi Sumberawan menjadi salah satu candi peninggalan dari Kerajaan Budha yang ada di Indonesia. Bangunan Candi ini terletak di wilayah Desa Toyomarto, Singosari, Malang atau lebih tepatnya hanya memiliki jarak sekitar 6 km dengan bangunan Candi Singosari.

Umumnya, Candi ini tersusun dari batuan andesit yang memiliki ukuran sekitar 6,25 x 6,25 m dan tingginya mencapai 5,23 m.

10. Candi Sewu

Candi Sewu menjadi salah satu candi peninggalan dari kerajaan Budha yang didirikan oleh seorang raja bernama Rakai Panangkaran di bawah kekuasaan dari kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-8 M.

Bangunan Candi ini memiliki bentuk seperti kompleks dengan 249 candi di dalam kompleks ini. Tetapi karena candi ini dikait-kaitkan dengan legenda Roro Jonggrang, maka orang menjulukinya sebagai candi Sewu (ribuan). Candi ini sendiri berada di wilayah desa Bugisan, Prambanan, Klaten.

F.A.Q

Kerajaan terbesar yang bercorak Budha adalah?

Menurut sejarah yang ada, bahwa Kerajaan bercorak Budha terbesar yang ada di Indonesia adalah Kerajaan Sriwijaya.

Contoh kerajaan bercorak Budha adalah?

1. Kutai
2. Tarumanegara
3. Kalingga
4. Kanjuruhan
5. Melayu, dan masih banyak lagi lainnya

Umumnya bangunan candi terbuat dari?

Secara, umum bangunan candi tersusun dari batuan andesit dengan bentuk atap yang berundak-undak dan pada bagian puncaknya memiliki bentuk seperti ratna dan juga stupa.

Itu dia, referensi dari ulasan kali ini, semoga informasi yang ada di atas dapat membantu pembaca untuk memahaminya.