Peninggalan Hindu Budha

Posted on

Hallo sobat rumus.co.id kali ini akan memberikan pembahasan tentang Peninggalan Hindu Budha di indonesia lengkap dengan contoh dan gambar, pengertian, sejarah, penyebab, dan latar belakang, supaya mudah dipahami.

Peninggalan Hindu Budha – Munculnya agama Buddha Hindu di Indonesia memiliki dampak signifikan terhadap politik dalam bentuk kelahiran kerajaan – kerajaan Buddha dengab keterbatasan peran dalam pemimpin dengan mengatur kehidupan politik.

Langsung saja simak ulasan artikel kami di bawah ini…?

Peninggalan-Hindu-Budha

Indonesia memiliki banyak peninggalan Hindu dan Budha yang tersebar di berbagai daerah terkadang disimpan di museum yang berada di tempat-tempat yang sekarang menjadi tempat wisata.

Peninggalan paling populer kerajaan Budha di Indonesia kuil dan berbagai prasasti peninggalan yang dilestarikan sebagai warisan budaya peninggalan Indonesia.

Peninggalan kerajaan Hindu-Budha telah dilestarikan sebagai tempat wisata hingga hari ini, banyak peninggalan seperti prasasti juga disimpan berdasarkan penyebaran agama.

Kerajaan Buddha di Indonesia, telah digunakan sebagai referensi atau bahan bagi guru sejarah atau ilmu sosial yang akan memungkinkan siswa mereka untuk belajar.

Baca Juga: Pemberontakan Di Tii

Peninggalan Sejarah Hindu Budha

Dari pembahasan di atas di sini juga kami akan memberikan macam macam peninggalan hindu budha di indonesia diantaranya adalah.

1. Prasasti

Prasasti

Prasasti adalah sebuah dokumen atau yang ditulis pada bahan yang keras dan tahan lama dengan penemuan prasasti di sejumlah situs arkeologi yang menandai berakhirnya zaman prasejarah.

Prasasti telah dianggap sebagai sumber yang paling penting karena dapat memberikan peristiwa kronologis yang membuat tulisan menjadi dunia penelitian masa lalu yang sangat menguntungkan.

Prasasti Kerajaan Kutai

Dalam penemuan dengan kata Sanskerta dan Muara Kaman terdapat sebuah huruf pertama di Indonesia yang menunjukkan bahwa orang Indonesia dapat menceritakan tentang raja-raja Kerajaan Kutai.

Prasasti Royal Tarumanegara

  • Prasasti Ciaruteun yang ditemukan di daerah Bogor
  • Deskripsi kebun kopi yang ditemukan di daerah Bogor
  • Prasasti jambu yang ditemukan di daerah Bogor
  • Prasasti Pasir Awi yang ditemukan di wilayah Bogor
  • Prasasti Muara Cianten yang ditemukan di Bogor
  • Prasasti Tugu yang ditemukan di Desa Tugu, Cilincing, Jakarta
  • Prasasti Lebak yang ditemukan di desa Lebak banten

Prasasti selama Dinasti Sanjaya:

  • Prasasti Canggal Balitung / prasasti Kedu
  • Prasasti selama dinasti Syailendra
  • Prasasti Kelurak prasasti Ratu Boko

Prasasti Sriwijaya

Prasasti Kedukan Bukitr, Prasasti Kota Kapur, Prasasti Karang dan Prasasti Palas Pasemah.

Prasasti Kerajaan Majapahit

Adalah prasasti yang memuat peristiwa runtuhnya Kerajaan Singasari dengan Raden Wijaya dalam mendirikan Kerajaan di majapahit.

Baca Juga: Contoh Paper

3. Candi

Candi

Candi adalah sebuah bangunan yang dibangun dengan tujuan memuji seseorang yang meninggal berasal dari keluarga kerajaan atau selebriti yang membuat bangunan candi yang di jadikan menjadi tiga kelompok bangunan yaitu.

  • Candi Jawa Tengah
  • Candi Jawa Tengah dan Candi Jawa Timur
  • Kuil-kuil Hindu di Jawa Tengah

3. Patung (Arca)

3.-Patung-Arca

Patung adalah sbuah benda batu yang menyerupai manusia atau binatang sebagai patung perunggu Siwa Mahadewa dan patung batu Wisnu dalam bentuk patung manusia untuk memegang angka-angka tertentu.

Patung ini juga didasarkan pada peninggalan agama Hindu dan Budha yang dapat dibagi menjadi patung-patung dewa sebagai tokoh dan makhluk yang mistis untuk memanifestasikan diri sebagai Buddha Gautama dalam posisi yang berbeda.

Sebagai penganalisa lapangan di dinding candi untuk merepresentasikan cerita yang disebut sebagai relief dalam candi Prambanan yang diukir di pagar candi Siwa dan dilanjutkan di pagar candi Brahma.

Seni ukir

Seni ukir dapat menemukan ukiran atau pahatan sebagai hiasan yang ada di dinding candi atau Kuil Lorojongrang dan Candi Prambanan.

Baca Juga: Teks Eksemplum

Kesusastraan

Karya sastra ini terkenal oleh Mpu Kanwa yang penulisnya tidak diketahui sehingga berfungsu sebagai keindahan kerajaan yang meninggalkan karya-karya nya.

Kerajaan Kediri

  • Buku Kresnayana oleh Mpu Triguna
  • Buku Bharatayuda oleh Mpu Sedah pemerintahan Jayabaya
  • Buku Arjunawiwaha yang ditulis selama periode
  • Buku Hariwangsa sebagai karya yang ditulis di bawah Jayabaya
  • Buku Smaradhahana yang ditulis pada masa pemerintahan Raja Kameswara.
  • Buku-buku yang ditulis oleh Mpu Tan Akung tentang periode Kameswara.

Bahasa dan tulisan

Peninggalan dari kerajaan Hindu menggunakan bahasa Sangsekerta dengan aksara Pallawa yang tertulis pada prasasti dengan bahasa Sangsekerta.

Baca Juga: Sejarah Bahasa Indonesia

4. Candi Gunung Sari

4.-Candi-Gunung-Sari

Candi Gunung Sari adalah salah satu candi Hindu Siwa di Jawa yang bertempatan Canggal berada, dengan bentuk fitur dari candi Gunung Sari yang ketahui bentuk dengan penampilannya.

Karakteristik candi ini dapat dilihat pada ornamen dan arsitektur yang terlihat dari candi Gunung Wukir.

  • Candi ini terletak di Desa Gulon Kab. Magelang
  • Peninggalan sejarah Hindu masih mendengar nama relik ini sebagai nama dari peninggalan Hindu Budha.

Candi Prambanan

Candi prambanan dikenal sebagai Kuil Roro Jonggrang yang sangat populer dengan kisah-kisah legendarisnya sebagai salah satu kisah sejarah yang selalu ada dalam cerita.

Dan dibangun pada 825 M dan terdiri dari tiga candi utama di tengah, yang berarti pengorbanan untuk dari candi Prambabanan dengan kisah Ramayana.

Pura Gunung Wukir

Candi Hindu ini terletak di Dusun Canggal tepatnya Magelang, Jawa Tengah, daerah perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah yang dibangun pada masa pemerintahan pada 723 Masehi.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan tentang pembahasan, Peninggalan Hindu Budha, semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Secara Umum

Related posts: