Pengertian Teknologi

Posted on

Pengertian Teknologi – Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu dari Technologia yang terdiri dari dua kata, yaitu kata techno yang berarti pengetahuan, sedangkan logia yang berarti pengetahuan.

Pada awalnya teknologi hanya sebatas sebuah benda material seperti alat atau mesin, akan tetapi kemudian dikembangkan lagi berdasarkan dengan metode, ilmu ataupun ide yang ada.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai Teknologi beserta dengan hal-hal yang berkaitan didalamnya.

Pengertian Teknologi

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Selain pengertian Teknologi secara umum, terdapat beberapa definisi Teknologi yang diungkapkan oleh para ahli, diantaranya adalah :

Elul (dalam Miarso, 2007)

Menurut Elul, Teknologi adalah seperangkat metode rasional dengan karakteristik efisiensi di setiap bidang ataupun aktivitas yang dilakukan oleh manusia.

Iskandar Alisyahbana

Menurut Iskandar Alisyahbana, Teknologi adalah sebuah cara yang dilakukan untuk menggunakan alat serta alasan untuk melakukan sesuatu guna memenuhi kebutuhan manusia, baik itu untuk memperluas, memperkuat ataupun memperkuat tubuh, indera serta otak manusia.

Rogers (1994)

Menurut Rogers, Teknologi adalah sebuah desain langkah instrumental yang bertujuan untuk menghilangkan keraguan mengenai hubungan sebab akibat dalam mencapai hasil yang diharapkan.

Miarso (2007)

Teknologi adalah sebuah bentuk proses yang bertujuan untuk menambah nilai. Proses yang berjalan dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu yang tidak terlepas dari produk yang sudah ada.

Baca Juga : Bioteknologi – Pengertian, Jenis, Contoh dan Manfaat

Macam – Macam Teknologi

Pengertian Teknologi

Kemajuan Teknologi dari zaman ke zaman dapat dilihat dari berbagai macam inovasi teknologi yang sudah ada saat ini, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi adalah salah satu jenis teknologi yang memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi serta bertukar informasi melalui sebuah perangkat khusus.

Adapun beberapa contoh produk yang termasuk kedalam bidang teknologi komunikasi, terdiri dari : Telepon pintar, faks, email, aplikasi obrolan, dan lain sebagainya.

2. Information Technology

Teknologi informasi adalah sebuah studi untuk merancang, mengimplementasikan, mengembangkan, mendukung serta mengelola suatu sistem teknologi informasi, khususnya didalam aplikasi perangkat keras dan juga perangkat lunak.

3. Medical Technology

Teknologi medis adalah salah satu jenis teknologi yang mengacu pada dunia kedokteran, di mana kegiatan medis sudah dilengkapi teknologi informasi.

Adapun beberapa contoh produk yang termasuk kedalam bidang teknologi yang disediakan terutama di rumah sakit adalah

  • Obat-obatan,
  • Tensimeter,
  • Termometer tubuh,
  • Stetoskop,
  • Jarum suntik dan infus,
  • Mesin ultrasonik,
  • Mesin sinar-X dan lain sebagainya.

4. Teknologi Pendidikan

Dikutip dari situs tekno indonesia yakni kitgrafik.com pengertian teknologi pendidikan adalah sebuah studi serta praktik untuk mendukung proses pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan, dan juga mengelola proses serta sumber daya teknologi yang ada.

5. Transportation Technology

Teknologi transportasi adalah sebuah teknologi yang memungkinkan seseorang bisa bergerak dengan cepat dari satu tempat ke tempat lainnya. Beberapa contoh dari teknologi tranasportasi ini meliputi : Kereta listrik, Mobil, Motor, Rakit, Pesawat, Kapal dan lain sebagainya.

Baca Juga : Dioda – Pengertian, Fungsi, Simbol, Cara Kerja, Jenis, Karakteristik

Perkembangan Teknologi

Dalam ribuan tahun lau, teknologi sudah dikenal oleh manusia, hanya saja bentuknya yang masih belum secanggih seperti yang kita temukan saat ini. Nah berikut beberapa perkembangan teknologi dari zaman ke zaman, diantaranya adalah :

1. Zaman Pra-Sejarah

Pada zaman prasejarah, semua teknologinya terbuat dari batu, perunggu dan besi. Contoh teknologi yang ada di zaman prasejarah adalah pedang, kapak portabel dan kapal perunggu.

2. Zaman Kuno

Pada zaman kuno, teknologi yang ada sudah berevolusi menuju pembangunan, pengiriman, pertanian, serta alat tulis. Manusia sudah mengetahui bagaimana caranya membangun sebuah gedung di tempat yang kompleks.

Contoh dari teknologi yang ada di zaman kuno, yaitu piramida, kapal, mercusuar, dan juga jam matahari.

3. Abad Pertengahan hingga Zaman Modern

Pada saat itu, teknologi yang digunakan sudah mulai membuat kemajuan. Hal ini ditandai dengan hadirnya berbagai macam penemuan, misalnya di bidang astronomi, kedokteran, matematika, militer dan kartografi.

Contoh dari teknologi yang sudah ada di zaman ini misalnya adalah busur panah, mesin cetak, aljabar serta navigasi angkatan laut.

4. Era revolusi industri

Perkembangan teknologi sudah mulai terlihat dengan lebih jelas saat ini. Bahkan, berbagai macam jenis mesin sudah berhasil diciptakan, yang kemudian mengubah tenaga manusia menjadi performa mesin.

Di masa inilah dijadikan sebagai cikal bakal dari perkembangan teknologi masa sekarang. Contoh dari teknologi yang ada di zaman ini adalah mobil generasi pertama, telegraf, telepon, mesin tenun, mesin uap serta sepeda.

5. Pada abad ke-20

Di masa inilah Neil Armstrong telah berhasil mendaratkan dirinya di bulan. Bahkan dimasa inilah teknologi semakin berkembang pesat di bidang lain. Bom atom diciptakan di wilayah militer.

Transistor juga telah merintis menjadi ukuran komputer yang lebih kecil seperti sekarang. Pada akhir abad ini, Internet telah disajikan kepada publik dan bisnis.

6. Teknologi di abad ke-21

Saat ini, berbagai teknologi telah dikembangkan, berdasarkan dengan teknologi yang dibutuhkan untuk keluarga, pendidikan, media sosial, teknologi informasi dan hal-hal lainnya.

Baca Juga : Alat Komunikasi Tradisional

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Teknologi menurut Jacques Ellil?

Menurut Jacques Ellil, Teknologi adalah seluruh metode yang berperilaku rasional dan memiliki sifat efisien dalam setiap aktivitas manusia.

Apa fungsi dari Teknologi?

1. Membantu komunikasi jarak jauh
2. Mempermudah dalam berpergian
3. Membantu dalam mengambil sebuah informasi

Apa manfaat Teknologi dibidang Transportasi?

Teknologi telah membawa banyak manfaat dan manfaat di bidang trsansportasi. Keberadaan dari berbagai jenis alat transportasi, misalnya seperti Mobil, sepeda motor, pesawat terbang dan kapal memfasilitasi dan juga mempercepat perjalanan seseorang.

Demikianalah pembahasan dari artikel kali ini mengenai Pengertian Teknologi, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.