Pengertian Suhu, Rumus dan Alat Ukurnya

Posted on

Pengertian Suhu – Apa yang dimaksud dengan suhu? sebelum masuk kedalam pembahasan, materi yang akan dibahas yaitu pengertian, rumus dan alat ukur suhu. Simak penjelasannya dibawah ini gaes!

Pengertian Suhu

Suhu adalah suatu besaran yang menunjukan derajat panas khususnya pada benda. Benda yang mempunyai panas dapat menunjukan suhu yang tinggi dibandingkan pada benda yang dingin. Untuk dapat mengetahui seberapa besar suhu pada benda tersebut, maka alat yang digunakan yaitu termometer.

image suhu
image suhu

Rumus Konversi Suhu Celcius, Kelvin dan Fahrenheittabel

Untuk konversi suhu diatas merupakan suatu cara dalam menyatakan nilai suhu pada suatu benda dengan satu skala suhu terhadap skala suhu yang lainnya sehingga bisa disimpulkan jika nilai suhu pada suatu benda dalam skala celcius diubah atau dikoversi didalam skala lainnya baik pada Skala Reamur, Fahrenheit dan Kelvin.

1. Rumus Konversi Suhu Celcius ke Reamur

Untuk Menghitung Konversi Suhu pada Celcius ke Reamur bisa menggunakan rumus dibawah ini:

R = ( 4/5 ) C
R = Skala Suhu Reamur
C = Skala Suhu Celcius

2. Rumus Konversi Suhu dari Celcius ke Fahrenheit

Untuk Menghitung Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit bisa menggunakan rumus dibawah ini :

F = ( 9/5 ) C + 32
F = Skala Suhu Fahrenheit
C = Skala Suhu Celcius

3. Rumus Konversi Suhu dari Celcius ke Kelvin

Untuk Menghitung Konversi Suhu Celcius ke Kelvin bisa menggunakan rumus dibawah ini:

K = C + 273
K = Skala Suhu Kelvin
C = Skala Suhu Celcius

Alat Ukur Suhu

Untuk mengukur suhu, alat yang digunakan dalam mengukur suhu yaitu termometer. Berikut dibawah ini beberapa jenis termometer sesuai bahan yang digunakan pada termometer tersebut.

1. Termometer dengan bahan zat cair

Termometer berbahan zat cair ini sering sekali digunakan dalam mengukur suhu, berikut jenis termometer dengan bahan zat cair:

  1. Termometer Laboratrium
    Alat yang satu ini digunakan dalam mengukur suhu air dingin atau suhu air yang berlangsung dipanaskan. Termometer laboraturium memakai air raksa atau alkohol untuk petunjuk suhu.
  2. Termometer Ruang
    Termometer ruang terpasang pada dinding rumah atau kantor. Terometer ruang dapat mengukur suhu dalam keadaan suatu saat. Skala pada termometer ini yaitu dari -50 °C sampai 50 °C.
  3. Termometer klinis
    Termometer klinis atau sering disebut juga termometer demam. Banyak para dokter yang menggunakan jenis termometer ini dalam mengukur suhu badan pasien. Pada keadaan sehat, suhu badan manusia 37 °C. Tetapi jika badan demam suhu akan naik melewati angka tersebut, atau dapat mencapai angka 40 °C. Skala termometer klinis ini hanya 35 °C sampai 43 °C. Karena disesuaikan pada suhu badan manusia, suhu badan manusia tidak mungkin di bawah 35 °C dan tidak melebihi 43 °C.
  4. Termometer Six-Bellani
    Termometer Six-Bellani atau sering disebut juga termometer maksimum-minimum. Termometer jenis ini bisa mencatat suhu tertinggi dan suhu terendah pada jangka waktu tertentu. Termometer ini memiliki 2 cairan, yakni alkohol dan raksa pada satu termometer.

2. Termometer dengan bahan zat padat

  1. Termometer Bimetal
    Termometer Bimetal memakai logam dalam mengukur suhu dengan prinsip logam yang akan memuai jika dipanaskan dan menyusut jika sedang didinginkan.
  2. Termometer Hambatan
    Terometer hambatan adalah termometer yang tepat dipakai untuk industri dalam mengukur suhu lebih dari 100°C. Termometer jenis ini diproduksi berdasarkan pada perubahan hambatan logam.
  3. Termometer Termokopel
    Termometer temokopel adalah jenis sensor suhu yang dipakai dalam mengukur atau mendeteksi suhu melewati dua jenis logam konduktor yang berbeda dengan digabungkan pada ujungnya sehingga dapat menimbukan efek “Termo – electric”. Termokopel yaitu salah satu jenis sensor suhu yang sangat populer dan sering dipakai untuk rangkaian dan macam – macam elektronika yang berhubungan pada suhu.

3. Termometer dengan bahan gas

Termometer gas merupakan jenis termometer yang prosesnya pada pemuaian gas apabila terjadi perubahan pada suhu. gas Hidrogen dan gas Helium adalah gas yang sering dipakai pada bahan termometer ini.

4. Termometer Optis

  1. Pirometer
    Intensitas radiasi yang dipancarkan pada benda yang sangat panas dalam termometer pirometer berfungsi sebagai menunjukkan perubahan suhu. Sifat pada termometrik ini dimanfaatkan dalam mengukur suhu yang ada pada pirometer.
  2. Termometer Inframerah.
    Termometer Inframerah fungsinya dalam mengetahui suhu benda dengan menyinarkan inframerah kepada benda tersebut.

Demikian pembahasan tentang pengertian, rumus dan alat ukur suhu, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan pembahasan. Semoga bermanfaat🙂

Artikel Lainnya :