Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli – Apabila dilihat secara etimologis, kata Sosiologi didapatkan dari kata yang diuraikan ke dalam dua bahasa, yaitu Latin dan Yunani. Dalam bahasa Latin berasal dari kata “socius”  yang berarti teman.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Sedangkan untuk “logos” diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani yang memiliki arti perkataan atau pembicaraan. Jika kedua kata tersebut digabungkan maka akan memiliki arti pembicaraan teman atau seseorang di dalam hal bergaul.

Atau jika diartikan secara umum, sosiologi dapat memiliki makna yaitu sebuah ilmu atau studi yang meneliti dan juga mempelajari tentang berbagai masalah sosial yang terjadi dilungkangan masyarakat.

Selain penjelasan yang ada diatas, berikut ini merupakan beberapa definisi dari Sosiologi yang diungkapkan oleh beberapa para ahli, yuk simak penjabarannya dibawah ini.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari Sosiologi yang disampaikan oleh para ahli, diantaranya adalah :

1. Mile Durkheim

Menurut Mile Durkheim, Sosiologi merupakan ilmu yang meneliti, menganalisis atau mempelajari berbagai fakta sosial, termasuk tindakan terkait, cara berpikir dan perasaan yang ada di luar individu dan fakta-fakta ini memiliki kekuatan untuk mengendalikan individu.

2. Selo Soemardjan serta Soelaeman Soemardi

Menurut Selo Sumardjan serta Soelaeman Soemardi mengungkapkan bahwa Sosiologi adalah sebuah ilmu sosial yang mempelajari dan mengamati berbagai macam struktur sosial dan juga proses sosial termasuk perubahan dari ilmu sosial itu sendiri.

3. Soejono Sukamto

Menurut Soejono Sukamto, Sosiologi adalah ilmu yang secara khusus berhubungan dengan berbagai aspek masyarakat yang bersifat umum dan berupaya untuk melestarikan beberapa macam pola umum di dalam kehidupan sosial.

4. William Kornblum

Menurut William Kornblum bahwa Sosiologi merupakan sebuah upaya ilmiah yang digunakan untuk mempelajari kehidupan bermasyarakat dan juga perilaku sosial di setiap anggotanya dan komunitas diciptakan yang masih terkait dengan berbagai kelompok dan juga kondisi.

5. Allan Johnson

Menurut Allan Johnson, Sosiologi adalah ilmu yang berurusan secara umum dengan kehidupan dan juga perilaku, khususnya dengan sistem sosial dan bagaimana sistem mempengaruhi orang lain dan bagaimana orang-orang yang terlibat juga berpartisipasi dalam sistem.

6. Roucek dan Warren

Menurut Roucek dan Warren, Sosiologi diartikan sebagai sebuah ilmu yang didalamnya mempelajari dan juga mengamati hubungan yang terjadi antar manusia terhadap sebuah kelompok sosial.

7. Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, Sosiologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang berbagai macam hal seperti murni, abstrak dan juga berupaya mencari tentang definisi umum, empiris serta rasional.

Baca Juga :
Tujuan Sosialisasi
Konflik Sosial
Faktor Pembentukan Kepribadian

8. J.A.A Von Dorn serta C.J Lammers

Menurut J.A.A Von Dorn serta C.J Lammers, Sosiologi merupakan sebuah studi atau ilmu pengetahuan yang didalamnya membahas tentang struktur serta dari berbagai macam proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

9. Max Weber

Menurut Max Weber, Sosiologi merupakan sebuah Ilmu pengetahuan atau studi yang didalamnya mempelajari atau berupaya untuk senantiasa memahami tentang berbagai macam tindakan sosial yang dilakukan oleh publik.

10. Paul B. Horton

Menurut Paul B. Horton bahwa Sosiologi adalah sebuah cabang ilmu kesosialan yang secara khusus membahas tentang penelaahan dari aspek kehidupan kelompok dan juga produk dari kehidupan tersebut.

11. De Saint Simon

Menurut De Saint Simon, bahwa Sosiologi merupakan sebuah studi yang didalamnya meneliti kehidupan masyarakat tentang berbagai macam tindakan dari semua upaya kolektif seperti spiritual maupun material, dimana hal tersebut digunakan untuk menangani tindakan dari peserta individu.

12. Mayor Polak

Menurut Mayor Polak, bahwa Sosiologi adalah cabang ilmu pengetahuan di mana eksplorasi masyarakat sebagai objek terkait dengan hubungan manusia, orang dan kelompok, kelompok dengan kelompok baik itu formal maupun material dan kelompok statis maupun dinamis.

13. M. Sitorus

Menurut M. Sitorus, bahwa Sosiologi adalah ilmu yang menjelaskan interaksi orang yang satu dengan orang yang lain dalam sebuah kelompok tertentu, seperti keluarga, masyarakat, kelas sosial hingga sesuatu yang sesuai dengan interaksi ini, misalnya seperti kebiasaan atau norma yang dipercaya oleh kelompok / komunitas.

14. P.J. Bouman

Menurut P.J. Bouman, bahwa Sosiologi adalah sebuah studi atau cabang ilmu pengetahuan yang secara khusus mengulas tentang hubungan sosial yang terjadi antar oknum satu dengan oknum yang lainnya, dan sifat serta perubahan institusi yang dihasilkan oleh pemikiran sosial.

15. J. Gillin

Menurut J. Gillin, bahwa Sosiologi merupakan sebuah cabang ilmu pengetahuan yang didalamnya mempelajari berbagai macam interaksi yang muncul di dalam kehidupan masyarakat.

F.A.Q

Secara etimologis Sosiologi adalah?

Secara etimologis, kata Sosiologi didapatkan dari kata yang diuraikan ke dalam dua bahasa, yaitu Latin dan Yunani. Dalam bahasa Latin berasal dari kata “socius”  yang berarti teman.

Sedangkan untuk “logos” diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani yang memiliki arti perkataan atau pembicaraan.

Ruang lingkup dari Sosiologi meliputi?

Tujuan dari ilmu sosiologi meliputi semua interaksi sosial yang terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok di dalam kehidupan bermasyarakat.

Siapa yang menjadi bapak Sosiologi di Indonesia dan dunia?

Bapak Sosiologi di Indonesia adalah Selo Soemardjan dan untuk bapak Sosiologi di dunia adalah Auguste Comte.

Sekian ulasan singkat dalam materi singkat yang ada diatas, semoga bisa menjadi ilmu bermanfaat.