Pengertian Sistem Multimedia

Posted on

Hallo sobat Rumus.co.id kali akan menyampaikan pembahasn artikel makalah Pengertian Sistem Multimedia berbasis jaringan dan menurut beberapa parah ahli, lengkap dengan contohnya supaya mudah di pahami.

Pengertian Sistem Multimedia – Sistem multimedia juga sebagai alat sistem yang mendukung penyimpanan terintegrasi dengan tampilan sejumlah media diskrit dalam bentuk teks, grafik dan gambar yang terdapat dalam komputer.

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Pengertian Multimedia

Pengertian-Sistem-Multimedia

Multimedia adalah sebuah sistem dengan penggunaan beberapa media yang berbeda dengan menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk teks atau audio dengan gabungan dari grafiknya.

Multimedia juga terdiri dari dua kata, multi dan media yang berarti banyak digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan dengan penggunaan dari kombinasi berbagai informasi.

Penggunaan beberapa media di komputer untuk dapat menyajikan dan menggabungkan teks dengan alat dan koneksi sehingga pengguna dapat menavigasi dan berkomunikasi.”

Beberapa definisi multimedia yang di kemukakan menurut beberapa ahli diantaranya:

Menurut Rosch, 1996 – telah mengatakan bahwa multimedia adalah sebuah alat dengan kombinasi dari komputer dan video.

Menurut Mc.Comick, 1996 – telah mengatakan bahwa multimedia adalah kombinasi dari beberapa elemen dengan gabungan dari suara, gambar dan teks.

Menurut Robin 2001 – telah menyatakan bahwa multimedia adalah alat yang dapat digunakan sebagai bentuk dalam presentasi yang dinamis dan interaktif dengan menggabungkan grafik teks dalam animasi.

Menurut Hoftsetter – telah menyatakan bahwa multimedia sebagai konteks komputer dengan penggunaan untuk membuat dan menggabungkan teks dan grafik dan akan berbentuk berkomunikasi.

Menurut Turban 2002 – telah menyatakan bahwa multimedia adalah sebuah alat dan media input dan output dalam bentuk audio (suara atau musik) .

Menurut Wahono (2007) – telah menyatakan bahwa multimedia adalah kombinasi teks dan grafik untuk menyampaikan berita kepada publik.

Menurut Zeembry (2008) – telah menyatakan bahwa multimedia adalah media elektronik dengan menyimpan dan menampilkan data.

Baca Juga:

Manfaat Multimedia

Multimedia dapat digunakan dalam pendidikan dan bisnis baik di dalam kelas maupun secara individu sebagai media pengajaran dan akan digunakan sebagai media untuk profil perusahaan dengan memberikan informasi dan pelatihandengan sistem e-learning.

Pada awalnya multimedia dapat mencakup media yang mengonsumsi indradengan konsumsi indra penciuman sebagaii unsur-unsur kinetik ketika diterapkan pada pertunjukan film.

Berikut manfaat dalam multimedia adalah:

  • Iklan yang efektif dan interaktif.
  • Bidang pendidikan dengan penyediaan bahan ajar yang akurat sebagai aspek dari suara, video, animasi, teks dan grafik.
  • Bidang jaringan dan Internet dapat menciptakan situs web yang menarik.

Baca Juga: Teknologi Informasi

Alat Alat Multi Media

Beberapa alat yang digunakan dalam multimedia dapat ditunjukkan pada karakteristinya adalah sebagai berikut:

  • Keyboard
  • Unit PC
  • Notebook
  • CD
  • Mikrofon
  • Pembicara
  • Monitor
  • Pemindai
  • saya Sebuah printer
  • Kamera digital
  • Perekam video kaset
  • Alat perekam

Baca Juga: Konversi Biner Ke Desimal

Struktur Multimedia 

multimedia

Dari apa yang sudah kami sampaikan dai atas maka kami disini akan menyampaikan beberapa struktur yang terdapat pada sistem multiumedia diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Multimedia linier

Multimedia linier adalah struktur yang tidak dilengkapi dengan pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna dan pengguna hanya penikmat / pemirsa apa yang akan disajikan.

2. Multimedia interaktif

Multimedia interaktif adalah struktur yang dilengkapi dengan alat yang dapat pengontrol dan akan dioperasikan oleh pengguna sehingga pengguna dapat memilih apa yang akan diinginkan .

Baca Juga: Freelance Adalah

Komponen Multimedia

Menurut beberapa pandangan dalam sistem jaringan multimedia terdiri dari beberapa komponen diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Komponen Teks

Teks adalah sebuah komponen multimedia yang membentuk dari dasar bagi kata-kata yang dapat berguna untuk menyampaikan informasi.

2. Komponen Audio

Audio adalah salah satu bentuk dalam multimedia yang biasanya terdiri dari musik dan rekaman suara atau efek suara lainnya untuk memperjelas arti informasi.

Misalnya:

Mendongeng untuk mengklarifikasi informasi yang disampaikan melalui gambar atau video, yang memiliki berbagai format termasuk MP3, AAC, AIFF, WAV, Ogg, WMA.

Baca Juga: Peralatan Teknologi Informasi

3. Komponen Gambar

Gambar adalah salah satu bentuk dari grafik dengan bagian penting dari suatu gambar dan dapat diungkapkan lebih sederhana dan lebih indah.

4. Komponen Video

Video adalah salah satu bentuk yang memproses gambar bergerak terdiri dari video langsung dan gerakan penuh yang diterima dari kamera dengan mengacu pada penyimpanan.

5. Komponen Animasi

Animasi adalah salah satu hasil dari menggambar secara manual setiap frame per frame, untuk menciptakan ilusi gerak yang berkelanjutan dengan membutuhkan sekitar 25 frame per detik.

6. Komponen Tautan interaktif

Tautan interaktif adalah sebuah bentuk yang menggabungkan elemen multimedia sehingga akan memiliki informasi yang terintegrasi dengan menekan mouse atau objek di layar.

Baca Juga: Pengertian Komputer

Kegunaan multimedia

Dari uraian yang sudah kami bahas di atas maka kami juga akan menyampaikan beberapa penggunaan dalam multimedia dengan berbagai aspek diantaraya adalah:

1. Bidang bisnis

Bidang bisnis adalah sebuah aplikasi multimedia di perusahaan yang digunakan dalam presentasi dan dapat juga di lakukan dengan pemasaran produk, katalog dan komunikasi jaringan.

2. Bidang Pusat pendidikan

Pusat pendidikan adalah salah satu bentuk fasilitas internet sangat berguna untuk bahan pendukung pembelajaran sehinggatahap pembelajaran akan terlihat efektif.

3. Bidang Ruang publik

Ruang publik adalah sebagai bentuk penggunaan sistem multimedia di stasiun kereta api dengan menyediakan informasi atau dukungan yang lebih efektif dan akurat.

3. Bidang Pekerjaan konstruksi

Pekerjaan konstruksi adalah sebuah arsitek yang dapat merancang gambar teknik dengan pemodelan dan akan dihitung menggunakan program-program seperti CAD, SAP2000 atau STAD III pada komputer.

4. Bidang Industri film

Industri film adalah salah satu aktivitas di dunia akting dengan adegan film yang direkam yang terhubung ke komputer dalam animasi yang dikembangkan menggunakan animasi yang akan dibuat pada aplikasi komputer.

Nah sekian sobat pembahasan dari kami, ulasan yang mengenai Pengertian Sistem Multimedia, dalam sistem teknologi, semoga apa yang sudah kami sampaikan diatas dapat mudah dipahami, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Komponen Komputer