Pengertian Seni Rupa, Unsur dan Macam-Macam Seni Rupa

Posted on

Rumus.co.id – Kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian Seni Rupa, Macam dan Unsur Seni Rupa. Seni rupa bertujuan untuk memberikan keindahan dan daya jual yang tinggi kepada seniman. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai seni rupa.

Pengertian Seni Rupa

Pengertian seni rupa adalah cabang seni yang berbentuk karya seni dengan menggunakan media tangkap mata, dan dirasakan (raba). Seni rupa adalah hasil ciptaan yang berkualitas tinggi dan memiliki daya jual yang tinggi pula. Seni rupa merupakan keindahan  alam dan objek-objek tertentu beserta struktur yang di gunakan.

Seni rupa menciptakan keindahan dan memanjakan mata. Dalam ini karya yang di sugukan akan di sebut seni. Semua orang bisa membuat karya seni yang indah. Namun ada kemampuan yang berbeda, ada juga yang berbakat dalam hal seni.

Seni bukan hanya berbentuk gambar dan patung namun ada seni musik dan bernyayi. Seni musik sebagai contoh bermain gitar, gendang dan biola.

Pengertian Seni Rupa, Unsur dan Macam-Macam Seni Rupa

Unsur Seni Rupa

Unsur seni rupa adalah beberapa elemen yang di gunakan untuk membangun seni rupa yang indah. Dalam hal ini ada beberapa unsur seni rupa yang wajib di ketahui oleh seniman. Berikut ini adalah unsur-unsur seni rupa antaralain:

1.      Titik

Titik merupakan unsur seni rupa paling mendasar, dari titik tersebut akan muncul ide atau gagasan yang dapat membentuk garis, bidang dan garis. Membentuk gambar menggunakan kombinasi titi dari berbagai ukuran di sebut dengan pointilisme.

2.      Garis

garis merupakan kumpulan dari beberapa titik. Berdasarkan jenisnya garis di bedakan dari garis lurus, Panjang, pendek, melengkung, vertical, horizontal, diagonal, patah-patah, serial, dan berombak. Pada setiap garis menimbulkan kesan yang berbeda-beda. Misalnya garis lurus memberikan kesan tegak dan keras, garis patah-patah menimbuklan kesan kaku, garis lengkung menimbulkan lembut dan lentur.

  • Garis halus, melengkung-melengkung berirama mengesankan kelembutan kewanitaan.
  • Garis miring, melambangkan akan kegoncangan, gerak, tidak stabil.
  • Garis tegak melambangkan keagungan, kestabilan.
  • Garis tegas, kuat, terpatah-patah mengesankan atau melangmbangkan kekuasaan.

3.      Bidang

Bidang adalah unsur seni rupa yang mengembangkan garis, bisa juga disebut mempertegas. Biasanya unsur bidang di aplikaikan di tepi gambar.

4.      Bentuk

  1. Bentuk adalah unsur seni rupa gabungan beberapa bidang:

Bentuk Geografis, ialah bentuk yang terdapat ilmu ukur seperti

Bentuk kubistis, contohnya kubus dan balok

Bentuk silindris, contohnya tabung, bola dan kerucut.

  1. Bentuk Nongeometris adalah bentuk yang meniru bentuk alam, seperti hewan, manusia dan tumbuhan.

3.      Ruang

Ada perbedaan antara seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi. Pada seni rupa dua dimensi ruang bersifat semu sedangkan dalam tiga dimensi bersifat nyata.

4.      Warna

Warna adalah unsur seni rupa yang menimbulkan kesan dan pantulan cahaya. Warna merupakan komponen yang sangat penting dalam seni rupa. berikut ini adalah kelompok warna:

  • Warna Primer adalah warna dasar yang terdiri dari warna merah, kuning dan biru.
  • Warna Sekunder adalah warna dapat dari campuran dua warna primer.
  • Warna Tersier adalah warna didapat dari pencampuran warna sekunder
  • Warna Analogus adalah deretan warna, di dalam suaru lingkaran dan berdampingan
  • Warna Komplementer adalah warna yang kontras dan letaknya bersebrangan yang dibentuk dalam satu lingkaran warna.

5.      Tekstur

Tekstur adalah unsur seni rupa dalam permukaan bidang. Setiap benda memiliki tekstur yang berbeda-beda tergantung penekanan garis dan pewarnaan. Ada terkstur yang tidak sesuai dengan penglihatan di sebut tekstur semu.

6.      Gelap Terang

Gelap terang adalah unsur seni rupa yang memberikan efek natural pada pewarnaan. Pengaplikasian gelap terang pada dimensi di sebut gradasi warna.

Macam-Macam Seni Rupa

Ada beberapa macam-macam seni rupa yaitu senirupa berdasarkan wujudnya, masanya, dan fungsinya. Berikut adalah penjelasannya.

Macam-Macam Seni Rupa Berdasarkan Wujudnya

Seni rupa dua dimensi adalah seni rupa yang dapat di lihat dari dua sisi yaitu Panjang dan lebar, misalnya lukisan, gambar, sketsa, batik dan ilustrasi.

Seni rupa tiga dimensi adalah seni rupa yang dapat di lihat dari 3 sisi yaitu Panjang, lebar, dan tinggi. Seni rupa tiga dimensi memiliki volume. Misalnya patung, kriya, dekorasi, bangunan dll.

Macam-Macam Seni Rupa Berdasarkan Massanya

Seni Rupa tradisional adalah seni rupa yang di buatnya menggunakan pola, aturan, dan pakem. Seni rupa tradisional di buat berulang-ulang dan tanpa merubah bentuk aslinya. Seni ini bersifat turun temurun dari nenek moyang terdahulu, sampai sekarang masih ada bentuk seni rupanya misalnya kendi.

Seni rupa modern adalah seni rupa kreativitas yang di ciptakan seniman. Hal-hal yang bersifat baru dan belum pernah ada. Misalnya lukisan, patung, kriya dan bangunan.

Seni rupa konteporer adalah seni rupa di masa sekarang. Karya ini di pengaruhi dalam dunia sekarang dan bersifat kekinian. Konsisi ini di ciptakan karena banyak imajinasi dan fantasi di lakukan oleh seniman-seniman sekarang

Macam-Macam Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Seni rupa terapan adalah seni rupa yang memiliki tujuan dan praktis. Karya ini di buat untuk kebutuhan misalnya keramik, poster, rumah, dan senjata.

Seni rupa murni adalah karya seni yang di buat imajinasi pencipta. Kebalikan dari terapan, seni rupa murni tidak memikirkan kegunaannya. Misalnya kerajinan hiasan.

Demikian lah pembahasan mengenai Pengertian Seni Rupa, Unsur dan Macam-Macam Seni Rupa. kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik dan bermanfaat.

Baca Juga :

Pengertian Seni Rupa, Unsur dan Macam-Macam Seni Rupa Rating: 5 Diposkan Oleh: Pengunjung