Tujuan dan Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Sejarah dan tujuan sejarah – Sejarah merupakan kejadian masa lampau. 1 detik yang lalu adalah sejarah, 1 hari yang lalu adalah sejarah dan 1 tahun yang lalu adalah sejarah. Pembahasan kali ini adalah mengenai pengertian sejarah dan tujuan sejarah, simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Sejarah

Pengertian sejarah adalah ilmu yang dapat di gunakan untuk mempelajari peristiwa penting di masa lalu, sejarah meliputi kejadian-kejadian yang lampau serta pengetahuan yang berfikir logis. Sejarah adalah pelajara yang dapat di ambil di masa sekarang.

Mengapa pelajaran SD, SMP, dan SMA belajar tentang sejarah. Karena negara yang maju akan menghargai sejarah kehidupan masa lalu. Semakin lama perkembangan akan semakin maju, tetapi tidak akan melupakan sejarah.

Dalam pelajar sekolah sejarah kerajaan sangat menarik di bahas, dahulu Indonesia memiliki banyak sekali kerajaan yang masyur pada masanya. Mulai dari kerajaan Majapahit, Singosari, Kediri, Mataram, Perisai, dan masih banyak lagi. Kerajaan tersebut ternyata berkaitan satu sama lain.

Selain sejarah kerajaan ada juga pelajaran sejarah kemerdekaan Indonesia. Tidak kalah menarik bagaimana cerita penjajahan sampai indoneis bisa merdeka. Setelah merdeka ada orde lama dan orde baru di bawah pimpinan Sukarno pada saat itu.

Pengertian Sejarah, Tujuan Penjelasan Lengkap – rumus.co.id

Pengertian Sejarah Menurut para ahli Menurut Aristoteles,

Sejarah merupakan satu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal tersusun dalam bentuk kronologi. serta menurut Aristoteles bahwa sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, rekod-rekod atau bukti-bukti yang konkrit

Pengertian Sejarah Menurut para ahli Menurut Moh. Yamin,

Sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dpat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

Pengertian Sejarah Menurut para ahli Menurut Moh.Hatta,

Sejarah dalam wujudnya memberikan pengertian tentang masa lampau. Sejarah bukan hanya sekedar melahirkan kriteria dari kejadian dimasa lalu sebagai masalah. Sejarah juga bukan sekadar kejadian masa lampau, tetapi pemahaman masa lampau yang didalamnya mengandung berbagai dinamika, mungkin berisi probelematik pelajaran bagi manusia berikutnya.

Ilmu sejarah di ibaratkan 3 dimensi yaitu dimensi masa lalu, dimensi masa sekarang, dan dimensi akan datang. Sejarah merupakan fakta yang benar-benar terjadi.

3 Dimensi Sejarah

Berikut ini penjelasan 3 dimensi sejarah antara lain:

1.      Dinmensi Masa Lalu

Dimensi ini di gunakan untuk menjadi pelajaran yang berharga pada kehidupan selanjutnya. Belajar dari pengalaman itu perlu, agar kedepannya tidak terjadi kesalahan untuk ke duakalinya. Dalam dimensi masa lalu banyak orang yang mengalami penyesalan, tetapi tidak perlu khawatir yang berlebihan. Dimensi masa lalu akan menjadikan kita kuat sampai sekarang.

2.      Dimensi Masa Sekarang

Dimensi masa sekarang adalah dimensi yang menyelimuti kehidupan sehari-hari di masa sekarang. Jika usia kalian 17 tahun maka kalian akan seperti remaja masa-masa kini. Setelah berumur 25 tahun keatas kalian akan berfikir dulu se alay apa diri anda.

3.      Dimensi Masa Akan Datang

Yang perlu di persiapkan untuk dimensi masa akan datang adalah belajar dari masa lalu dan masa sekarang. Lakukan kehidupan jauh lebih baik secara konsisten, maka orang tesebut akan merasakan kebahagian dan keberhasilan dalam hidupnya. Dan ingat orang sukses tidak akan melupakan sejarah.

Tujuan Sejarah

Berikut ini tujuan mempelajari sejarah antara lain:

  • Dapat menghargai waktu, menyadarkan peserta didik agar menghargai waktu dan dapat berkembang pada masa selanjutnya
  • Mengetahui peristiwa kemerdekaan
  • Menanamkan sikap berorientasi pada masa kini dan masa depan
  • Mengetahui peristiwa sejarah kerajaan
  • Dapat belajar dari masa lalu
  • Menyadarkan seseorang bahwa bangga menjadi bagian negara Indonesia
  • Tidak akan mengulangi kesalahan yang sama
  • Mengembangkan kemampuan berpikir historis yang menjadi dasar untuk kemampuan berpikir logis, kreatif, inspiratif, dan rnovatif

Demikian pembahasan mengenai pengertian sejarah dan tujuan sejarah. Kalian dapat membaca artikel-artikel lainnya yang ada di rumus.co.id.