Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang

Posted on

Rumus.co.id – Manusia hidup di dalam ruang dan di antarruang. Perpindahan seseorang dari ruang satu keruang lain adalah interaksi interaksi antarruang. Berikut ini kita akan membahas mengenai pengertian ruang dan interaksi antarruang. Selain itu kita juga akan membahas mengenai bentuk interaksi antarruang dan syarat-syarat terjadinya interaksi antarruang.

Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang

Pengertian ruang adalah wadah dari semua aktivitas manusa, hewan, tumbuhan yang ada di permukaan bumi. Manusia hidup di dalam ruang permukaan bumi yang terdiri dari banyak ruang hampa. Manusia bernafas dengan udara oksigen, tetapi udara yang paling banyak di bumi bukan oksigen.

Pengertian antarruang adalah interaksi proses yang timbal balik dan mempunyai pengaruh terhadap tingkah laku, sifat dan aktivitas baik langsung maupun tidak langsung. Interaksi misalnya seseorang datang ketempat lain, bisa disebut interaksi antarruang.

Interaksi antarruang adanya beberapa ruangan dimana aktivitas manusia mencangkup ruang-ruang tersebut. Misalnya kantor, rumah, apartemen. Pergerakan manusia dari suang satu ke ruangan lainnya bisa dikatakan interaksi antarruang.

Kandungan udara kering bumi adalah 78,09% nitrogen, 20,95% oksigen, 0,93% argon, 0,04% karbon dioksida. Ada gas-gas lain yaitu neon, helium, metana, kripton, hidrogen, xenon, ozon, radon. Sehingga nitrogen lah udara yang paling banyak di bumi bukan oksigen.

Ruang yang digunakan  lebih dari satu fungsi dan aktifitas di sebut multifungsi. Ruang yang digunakan untuk mewadahi fungsi dan aktifitas yang berlawanan atau berbeda disebut ruang relatif.

Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang

Bentuk Interaksi Antarruang

Berikut ini adalah bentuk interaksi antarruang dan penjelasannya:

1.      Mobilitas Penduduk

Mobilitas penduduk adalah bentuk interaksi antarruang perpindahan dan gerakan manusia. Perpindahan manusia dari ruang saru ke ruang lainnya. Misalnya transmigrasi, imigrasi, urbanisasi, pidah rumah, berwisata, bersekolah dan bekerja.

2.      Komunikasi

Komunikasi adalah bentuk interaksi antarruang perpindahan ide atau gagasan, informasi, visi misi, cita-cita. Komunikasi ini di ibaratkan televisi, karena televisi merupakan penyampaian informasi atau berita-berita secara bergantian. Contohnya televisi, radio, surat kabar, dan internet.

3.      Transportasi

Transportasi adalah bentuk interaksi antarruang perpindahan barang. Perpindahan barang dari suatu tempat ke tempat lain. Contohnya pindahan rumah, produk-produk perusahaan.

Syarat-syarat Terjadi Interaksi Antarruang

Berikut ini adalah syarat-syarat terjadi interaksi antarruang antara lain:

1.      Saling Melengkapi

Saling melengkapi (complementarity atau Regional Complementary) adalah syarat pertama dalam interaksi antarruang. Dalam suatu daerah dengan daerah lain salaing membutuhkan sehingga saling melengkapi. Misalnya daerah A penghasil beras dan daerah B penghasil sayuran. Meraka bisa saling melengkapi dengan bertukar penghasilan.

2.      Kesempatan Antara

Kesempatan antara (Intervening Opportunity) maksudnya adalah penewaran alternatif. Sebagai contoh misalnya daerah A penghasil Beras dan ada seseorang ingin membeli beras. Kemudia orang tersebut mendapat informasi bahwa daerah B penghasil beras juga. Berdasarkan pertimbangan daerah B lebih  dekat jaraknya dan harganya lebih murah. Maka orang tersebut memilih membeli beras di daerah B.

3.      Kemudahan Transfer

Kemudahan transfer (transfer ability) adalah syarat interaksi antarruang yang memerlukan biaya. Banyak pilihan untuk misalnya akan pergi kesuat tempat menggunakan transortasi bus atau pesawat. Maka akan di perhitungkan biaya yang pailing murah yaitu naik bus.tetapi jika kebutuhannya ingin sampai dengan cepat pilihannya naik pesawat.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang, bentuk interaksi antarruang dan syarat-syarat interaksi antarruang.Terima kasih sudah mengunjungi rumus.co.id, kunjungi terus rumus.co.id banyak sekali artikel-artikel menarik dan bermanfaat tentunya.