Pengertian Organisasi

Posted on

Pengertian Organisasi – Terdapat berbagai macam yang pastinya akan memerlukan sebuah organisasi yang baik guna mewujudkan tujuan yang diharapkan secara sempurna.

Pengertian Organisasi

Maka dari itu, untuk memahami makna dari organisasi tersebut, akan menjadi hal yang sangat membantu dalam menjalankan suatu pekerjaan secara tim dengan sesempurna mungkin.

Namun, masih banyak yang belum mengetahui mengenai apa sebenarnya Organisasi secara umum? Padahal, sudah banyak bukti yang diberikan pada saat kita tergabung ke dalam suatu organisasi.

Oleh karena itu, untuk mengetahui mengenai hal tersebut, pada pembahasan kali Rumus.co.id akan menjelaskan tentang Organisasi beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya secara lengkap.

Pengertian Organisasi

Organisasi sering dianggap sebagai sebuah wadah atau tempat untuk berkumpulnya orang-orang guna menjalin hubungan kerjasama secara rasional, sistematis, terkendali serta terpimpin guna mewujudkan tujuan tertentu dengan menggunakan sumber daya yang ada.

Pada dasarnya Organization menggunakan berbagai sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan bersama, misalnya seperti keuntungan, metode, mesin, lingkungan dan juga sumber daya manusia, yang dilakukan secara sistematis, rasional, dan juga terkendali.

Namun, di dalam dunia bisnis Organisasi sering diartikan sebagai sekelompok orang atau grup yang saling bekerjasama demi mewujudkan tujuan komersil.

Seperti dalam organisasi non-profit, istilah ini memiliki struktur yang jelas di dunia bisnis serta sudah memiliki budaya kerja. Oleh karena itu, organisasi yang berbeda maka akan memiliki struktur dan tujuan yang berbeda.

Ciri – Ciri Dari Sebuah Organization

Setelah melihat penjelasan dari Pengertian Organisasi yang ada diatas, maka kita dapat menyimpulkan ciri-ciri dari suatu Organisasi, yaitu sebagai berikut :

  • Anggotanya terdiri lebih dari satu
  • Terdapat atasan dan juga bawahan
  • Adanya hubungan kerjasama yang terstruktur
  • Memiliki tujuan dan juga sasaran bersama
  • Adanya ketertarikan format dan juga tata tertib yang harus untuk ditaati.
  • Mempunyai delegasi kekuasaan serta pengkoordinasian tugas

Baca Juga :
Macam-Macam dan Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia)
Soal Olimpiade Ips Smp
Fungsi, Tujuan dan Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Unsur – Unsur Dalam Suatu Organisasi

Dalam menjalankan organisasi agar sesuai dengan apa yang diinginkan, tentunya harus memiliki unsur-unsur penting yang menyusunnya. Berikut ini merupakan unsur-unsur tersebut, yaitu :

  1. Personil atau anggota (Man) yang terdiri dari pemimpin, manajer, dan bawahannya.
  2. Hubungan kerjasama (Team Work), setiap personil harus membangun kerjasama yang kompak.
  3. Tujuan Bersama, setiap organisasi pasti memiliki tujuan bersama yang harus dicapai.
  4. Peralatan (Equipment), adanya peralatan yang digunakan dalam melakukan pekerjaan.
  5. Lingkungan (Environment), dalam organisasi harus adanya lingkungan yang mendukung agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai.
  6. Komunikasi, merupakan unsur yang tentunya sangat mempengaruhi agar setiap anggota yang terdapat dalam organisasi bisa menjalin kerjasama yang baik.

Tujuan Dari Adanya Organisasi

Dalam pembangunan organization pasti memiliki tujuan yang akan dicapai. Berikut ini merupakan tujuan-tujuan dari adanya organization, yaitu :

  • Tingkatkan kemandirian dan kemampuan sumber daya yang ada.
  • Sebagai wadah bagi semua orang yang benar-benar menginginkan posisi, penghargaan dan pembagian kerja yang jelas.
  • Sebagai tempat pengawasan dan kekuasaan.
  • Untuk membantu semua orang yang terlibat dalam meningkatkan hubungan mereka dan menggunakan waktu luang mereka agar menjadi lebih optimal dan bermanfaat.
  • Tempat yang, dengan bekerja bersama, membantu menghasilkan keuntungan bersama.
  • Membantu mengelola lingkungan bersama.
  • Untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien sesuai dengan tujuan awal membangun organisasi.

Bentuk – Bentuk Organisasi

Pengertian Organisasi

Secara umum, Organisasi dibedakan menjadi beberapa bentuk. Berikut ini merupakan penjelasan dari bentuk-bentuk Organisasi tersebut, yaitu :

  1. Organisasi Politik, adalah salah satu organisasi yang bergerak dalam bidang politik, yang memiliki tujuan berkaitan dengan bidang politik dari suatu daerah ataupun negara.
  2. Organisasi Sosial, adalah salah satu bentuk organization yang fokus untuk mengurus tentang kemanusiaan, seperti kesehatan, bencana alam, ekonomi sosial, dan masih banyak lagi. Contohnya seperti TIM SAR.
  3. Organisasi Agama, adalah organisasi yang menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan agama. Tugas utamanya adalah untuk menyebarkan kebaikan, harmoni, dan keseimbangan norma sosial di dalam komunitas. Contohnya seperti NU (Nahdlatul Ulama).
  4. Organisasi Pemuda, adalah tempat bagi kaum muda untuk membuat gerakan di suatu daerah atau negara. Contohnya termasuk gerakan Budi Utomo dalam perjuangan untuk kemerdekaan Indonesia.

Manfaat Dari Adanya Organization

Berikut ini terdapat beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh para anggota yang tergabung organisasi, antara lain adalah :

  • Mempermudah diri untuk mencapai tujuan bersama.
  • Berguna saat melatih mental Anda sendiri untuk menjadi lebih baik.
  • Buatlah mudah untuk menyelesaikan masalah yang muncul.
  • Melatih jiwa kepemimpinan dari setiap anggotanya.
  • Meningkatkan pergaulan agar lebih luas.
  • Tambahkan wawasan dari setiap anggota yang merupakan anggota organisasi.
  • Membangun karakter diri seseorang.
  • Sebagai arena pembelajaran bagi anggota.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Organisasi?

Organisasi sering dianggap sebagai sebuah wadah atau tempat untuk berkumpulnya orang-orang guna menjalin hubungan kerjasama secara rasional, sistematis, terkendali serta terpimpin guna mewujudkan tujuan tertentu dengan menggunakan sumber daya yang ada.

Menurut Max Weber, Organisasi adalah?

Max Weber mengungkapkan bahwa organisasi adalah kerangka hubungan terstruktur dimana didalamnya terdapat otoritas dan tanggung jawab serta pembagian kerja untuk memenuhi fungsi tertentu.

Komponen-komponen dalam Organization, yaitu

1. CEO
2. Direksi
3. Manajer
4. Administrasi
5. Staff Gudang
6. Divisi Regional
 

Sekian, Informasi singkat yang Rumus.co.id sampaikan dalam ulasan kali ini. Semoga menjadi pengetahuan baru untuk para pembaca setia.