Fungsi, Tujuan dan Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Posted on

Rumus.co.id – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai fungsi, tujuan dan pengertian manajemen menurut para ahli. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Manajeman Menurut Para Ahli

Pengertian manajelen adalah suatu seni dalam ilmu seperti merencanakan, membangun, pengorganisasian, mengendalikan serta pengawasan. Manajemen adalah ilmu yang sistematis sehingga dapat di pahami dengan mudah. Manajeman di kerjakan dalam bentuk kerja sama antar anggota untuk suatu tujuan tertentu.

Setiap manusia memiliki manajemen yang berbeda-beda. Dimulai dengan manajemen diri sendiri, setiap hari ada jadwal dan rute untuk aktifitas. Ketika berjalan sesuai dengan rencana awal berarti manajemen berhasil. Tidak sesuai rencana pasti ada masalah, pada saat itulah di tuntut agar bisa menyelasikan masalah tersebut.

Manajeman merupakan seni mengatur dan melaksanakan, dalam hal ini manajemen mengajarkan proses mendapatkan tujuan di dalam sebuah organisasi atau organisasi. Di butuhkan kerja sama antar perorangan dan komunikasi yang terjalin dengan baik.

Tugas menajer adalah merumuskan, sedangkan anggotanya dalah menjalankan rumusan tersebut. Dengan adanya kerja sama yang baik maka akan terciptanya tujuan maksimal. Tugas manajer juga mengontrol pada setiap proses yang ada.

Fungsi, Tujuan dan Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian Management Menurut Para Ahli Menurut  Hasibuan  (2011:2)

Manajemen  adalah  ilmu  dan  seni  mengatur  proses  pemanfaatan sumber  daya  manusia  dan  sumber  lainnya  secara  efektif  dan  efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Pengertian Management Menurut Para Ahli Munurut Rivai (2010:2)

Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pendayagunaan sumber  daya  lainnya  secara  efisien,  efektif,  dan  produktif  merupakan hal yang paling penting untuk mencapai suatu tujuan.

Pengertian Management Menurut Para Ahli James A.F. Stoner (2006)

Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Pengertian Management Menurut Para Ahli Ibrahim (2016)

Manajemen merupakan proses yang khas yang terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, menggerakan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber lain.

Pengertian Management Menurut Para Ahli Arif and Zulkarnain, 2008)

Manajemen adalah seni pencapaian dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Tujuan Manajemen

Ada beberapa tujuan manajemen antara lain:

  • Dapat menentukan strategi yang efektif dan efisien untuk tujuan
  • Dapat melakukan evaluasi kerja dan mengkaji ulang dalam penyesuaian strategi kerja
  • Dapat menjaga dan mengatur personal, keuangan, operasional perusahaan
  • Dapat mengetahuai kelemahan dan kelebihan perusahaan
  • Terjalik komunikasi dan kerjasama yang baik
  • Tidak akan ada kerjaan yang tumpang tindih
  • Pekerjaan selesai pada tepat waktu
  • Meminimalisir kesalahan

Fungsi Manajemen

Ada 11 fungsi penjelasan pada umumnya berikut adalah penjelasannya:

1.      Perencanaan

Perencanaan (planning)  adalah rancangan yang dilakukan untuk menentukan tujuan akhir. Fungsi manajemen perencanaan ini semua anggota harus terlibat di dalamnya. Sehingga tidak ada salah paham mengenai tujuan akhir. Tugas semorang manajer adalah mengevaluasi rencana alternative sebelum tindakan dan akhir hasil. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.

2.      Pengorganisasian

Pengorganisasian (organizing) bertujuan untuk membagi tugas dan tanggung jawab dalam seluruh proses kegiatan. Pengorganisasian mempermudah manager untuk mengontrol dan mengawasi jalannya proses kegiatan. Pengorganisasian juga dapat menentukan bagian mana yang harus di kerjakan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar tidak tumpang tindih dalam proses kegiatan. Selain itu menentukan kelompok, tanggung jawab, dan keputusan mana yang harus di ambil.

3.      Pengarahan

Pengarahan (directing) adalah proses dimana seluruh anggota kelompok yang terlibat dapat menjalankan tugasnya masing-masing. Dalam hal ini pengarahan dapat di pantau oleh seorang manajer sendiri.

4.      Pengendalian

Pengendalian adalah pengendalian seluruh anggota yang terlibat menaati peraturan yang sudah di sepakati bersama. Jika terjadi kesalahan akan langsung dilakukan perbaikan dan penyempurnaan rencana. Pengendalian    karyawan    meliputi    kehadiran, kedisiplinan, perilaku, kerja sama, pelaksanaan pekerjaan dan menjaga situasi lingkungan pekerjaan.

5.      Pengadaan

Pengadaan adalah proses perekrutan, penarikan dan  penempatan karyawan yang sesuai dengan idangnya. Sehingga dengan adanya pengadaan karyawan akan berkerja dengan sesuai dengan bidangnya. Dengan demikian akan mengurangi bentuk kesalahan yang ada.

6.      Pengembangan

Pengembangan adalah proses peningkatan kinerja teknis, teoritis dan konseptual kepada karyawan. Pengembangan salah satunya di lakukan dengan pelatihan.

7.      Kompensasi

Kompensasi adalah pemberian balas jasa dalam bentuk langsung maupun tidak langsung. Misalnya gaji, tunjangan, bonus, atau pencapaian target. Prinsip yang di lakukan harus adil dan sesuai dengan kesepakatan.

8.      Pengintegrasian

Pengintegrasian di lakukan dengan menyatukan kebutuhan antara karyawan dan perusahaan. Fungsi ini terlihat gampang padahal susah, karena menyatukan kebutuhan yang berbeda.

9.      Pemeliharaan

Pemeliharaan adalah fungsi yang memelihara fisik, mental dan loyalitas karyawan. Perusahaan wajib melakukan pemeliharaan terhadap karyawan-kaeyawan yang ada. Agar karyawan merasakan sejahtera.

10.  Kedisplinan

Kedisplinan merupakan fungsi yang utama dalam manajemen. Kedisplinan adalah bentuk kesadaran dan keinginan untuk peraturan dan norma yang telah di sepakati Bersama.

11.  Pemberhentian

Pemberhentian adalah putusnya hubungan antara perusahaan dengan karyawan. Pemberhentian   ini   disebabkan   oleh   keinginan   karyawan, keinginan  perusahaan,  kontrak  kerja  berakhir,  pensiun,  dan  sebab-sebab lainnya

Demikian lah pembahasan mengenai tujuan manajemen, fungsi manajemen dan pengertian manajemen menurut para ahli. Kunjungi terus rumus.co.id banyak artikel menarik.