Pengertian Limbah

Posted on

Pengertian Limbah – Limbah merupakan salah satu istilah yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita semua. Sebab, limbah sangat berkaitan dengan hal-hal yang berbau pencemaran lingkungan, contohnya air dan tanah.

Pengertian Limbah

Limbah sering diartikan sebagai benda buangan, sebab benda ini merupakan sebuah benda yang tidak diinginkan kehadirannya oleh seluruh masyarakat.

Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu Limbah? dan Apa saja dampak yang dapat terjadi? Mari kita simak penjabaran yang ada di bawah ini mengenai Limbah.

Pengertian Limbah

Limbah merupakan salah satu material sisa atau buangan yang berasal dari hasil suatu proses produksi, baik itu dalam bidang industri ataupun rumah tangga (domestik).

Limbah sering diartikan sebagai limbah material atau limbah yang dihasilkan dari hasil proses teknologi dan proses alami, di mana keberadaannya tidak lagi diperlukan untuk lingkungan dan tidak memiliki nilai ekonomis.

Waste atau yang lebih dikenal juga sebagai sampah, ini dapat berupa sebuah tumpukan barang bekas, kotoran hewan, sisa-sisa tanaman yang membusuk, atau makanan basi.

Dengan adanya bahan-bahan sisa tersebut dapat menyebabkan keseimbangan ekosistem dapat terganggu. Hal ini dapat terjadi, apabila hasil dari bahan sisa tersebut melebihi batas.

Jika limbah telah melampaui batasnya, keberadaan dari limbah ini memiliki dampak yang negatif terhadap lingkungan. Terutama, bagi kesehatan manusia, sehingga sangat penting untuk menangani limbah ini.

Karakteristik dari Limbah (Waste)

Limbah sebagai sampah yang dihasilkan dari bidang industri dan domestik dalam proses produksi memiliki karakteristik umum, yaitu diantaranya sebagai berikut :

  • Secara umum, bahan sisa ini memiliki ukuran yang sangat kecil (mikro) namun masih nampak oleh mata.
  • Limbah bersifat dinamis, sebab bahan sisa ini bergerak sesuai dengan lingkungan yang ada di sekitarnya.
  • Penyebaran dari limbah ini bisa mencakup wilayah yang sangat luas, sebab karena ukurannya yang sangat kecil sehingga mudah untuk menyebar.
  • Dapat memberikan dampak yang jangkanya cukup panjang sehingga memerlukan bantuan dari organisasi untuk mengatasinya.

Macam – Macam Limbah

Pengertian Limbah

Secara umum, Limbah dapat dibedakan berdasarkan hal-hal yang mendasarinya, yaitu diantaranya adalah :

1. Waste Berdasarkan Wujudnya

Jika dilihat berdasarkan dengan wujudnya, Limbah dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu :

  • Solid Waste (Limbah Padat), merupakan salah satu macam sampah yang teksturnya padat, kering dan tidak dapat berpindah sendiri. Misalnya seperti potongan kayu, botol kaca dan lainnya.
  • Liquid waste (Limbah Cair), merupakan salah satu jenis bahan sisa yang teksturnya cair, sehingga bahan ini dapat larut didalam air serta bisa berpindah sendiri. Contohnya seperti air cucian pakaian, pewarna pakaian dan lainnya.
  • Waste Gas (Limbah Gas), merupakan salah satu jenis bahan sisa yang wujudnya adalah sebuah gas beracun seperti CO2, SO2, HCL dan lain sebagainya.

2. Waste Berdasarkan Asalnya

Apabila dilihat berdasarkan dari sumber asalnya, Limbah ini dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu :

  1. Domestic Waste, merupakan salah satu jenis limbah yang berasal dari hasil kegiatan rumah tangga atau penduduk, pasar dan juga restoran. Misalnya seperti air cucian pakaian dan piring, sayuran dan lain sebagainya.
  2. Industrial Waste, merupakan salah satu jenis limbah yang berasal dari hasil kegiatan industri, hal ini tergantung dari apa yang di produksi. Contohnya seperti Asap dari mesin pabrik atau suatu cairan dari sebuah pabrik.
  3. Agricultural Waste, merupakan salah satu jenis limbah yang berasal dari hasil kegiatan pertanian atau perkebunan. Misalnya seperti sisa-sisa daun, jerami dan potongan-potongan kayu.
  4. Livestock Waste, merupakan salah satu jenis limbah yang dihasilkan dari kegiatan peternakan. Misalnya seperti daun sisa makanan hewan dan juga kotoran hewan.
  5. Mining Waste, merupakan salah satu jenis bahan sisa yang dihasilkan dari kegiatan pertambangan. Contohnya seperti senyawa asam, merkuri, asap dan lain sebagainya.

3. Waste Berdasarkan Senyawanya

Jika dilihat berdasarkan dengan senyawa yang mendasarinya, Limbah ini dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu :

  • Organic Waste, adalah salah satu jenis limbah yang bisa diuraikan atau mudah untuk membusuk dan juga berbaur dengan lingkungan alam. Misalnya seperti kotoran hewan dan juga manusia.
  • Inorganic Waste, adalah salah satu jenis limbah yang cukup sulit untuk ataupun bahkan tidak bisa diuraikan. Misalnya seperti potongan baja, sampah plastik dan lainnya.

Baca Juga :
Rekonsiliasi Fiskal – Makalah, Pengertian, Jenis, Penyebab, Contoh
Pencemaran Air – Pengertian, Penyebab, Dampak dan Contoh
Metabolisme – Pengertian, Proses, Contoh dan Fungsinya

Dampak Dari Penyebaran Limbah

Seperti yang sudah dikatakan pada Pengertian Limbah yang ada diatas, bahwa apabila limbah tersebut tidak diolah dengan baik, maka akan menimbulkan berbagai dampak terhadap kehidupan Anda serta lingkungan sekitar.

Berikut ini dampak-dampak yang ditimbulkan dari Limbah, yaitu diantaranya adalah :

1. Dampak Bagi Manusia

Dengan adanya limbah di lingkungan sekitar kita, akan memberikan dampak yang negatif bagi kesehatan tubuh manusia, mulai dari terserang berbagai penyakit seperti Diare, Sesak Nafas, Gangguan Pada Kulit dan lain sebagainya.

2. Dampak Bagi Lingkungan Sekitar

Selain memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan manusia, Limbah juga dapat memberikan dampak buruk bagi lingkungan yang ada di sekitar kita, mulai dari terganggunya ekosistem alam sekitar.

Sebab, apabila limbah berwujud cairan yang terkandung dengan bahan kimia bercampur dengan air sungai atau meresap kedalam tanah. Maka hal ini akan menyebabkan ekosistem sungai dan ekosistem darat akan terganggu.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Limbah?

Limbah merupakan salah satu material sisa atau buangan yang berasal dari hasil suatu proses produksi, baik itu dalam bidang industri ataupun rumah tangga (domestik).

Menurut Karmana, Limbah adalah?

Menurut Karmana, Limbah merupakan suatu bahan sisa atau limbah yang timbul dari aktivitas manusia dan dapat menjadi polutan dalam suatu lingkungan.

Bagaimana cara menanggulangi Limbah?

1. Menekan konsumsi energi listrik.
2. Minimalkan penggunaan AC.
3. Kurangi penggunaan kantong plastik.
4. Mengolah sampah organik menjadi sebuah kompos.
5. Daur ulang item yang sudah tidak digunakan lagi.
6. Kurangi penggunaan deterjen untuk meminimalkan limbah cair.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini mengenai Pengertian Limbah jenis-jenis dan dampaknya. Mudah-mudahan ulasan singkat ini mampu untuk menambah wawasan kita semua.