Pengertian Komunisme

Posted on

Pengertian Komunisme – Komunisme adalah salah satu ideologi negara yang sangat bertolak belakang dengan ideologi pancasila. Bahkan jika komunisme dengan pancasila disatukan, itu adalah hal yang sangat tidak mungkin.

Adanya Komunisme sebagai bentuk antonim dari kapitalisme, pada saat kapitalisme memakai sebuah sistem ekonomi di mana, perdagangan, industri serta alat produksi yang digunakan akan diserahkan kepada sektor swasta.

Namun sebaliknya, komunisme menginginkan semua barang yang menjadi milik negara dan sama-sama akan digunakan demi mementingkan kemakmuran rakyat.

Pengertian Komunisme

Pada kesempatan kali ini, Rumus.co.id akan memberikan penjelasan mengenai Pengertian Komunisme beserta hal-hal didalamnya.

Pengertian Komunisme

Komunisme merupakan sebuah pemahaman yang berhubungan dengan aspek filosofis, politik, sosial serta ekonomi yang bertujuan untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih progresif dan sistem ekonomi yang lebih maju dalam berbagai hal, seperti teknologi.

Communism menganut sebuah sistem kesetaraan, jika industri yang dijalankan memberi keuntungan, maka rakyat juga akan merasakan manfaatnya.

Tetapi, jika industri yang dijalankan mengalami penurunan penduduk juga yang akan menderita, seperti yang terjadi pada tahun 1959 hingga tahun 1961, ketika produksi pertanian dan industri Mao Zedong di Cina sedang melemah.

Baca Juga : Contoh UMKM

Sejarah Singkat Ideologi Komunisme

Komunisme pertama kali diungkapkan oleh Karl Marx dan Friedrich Engels didalam sebuah kegiatan manifesto politik yang dikeluarkan sekitar tahun 1848 dan tepatnya pada tanggal 21 Februari.

Manifesto tersebut berisi analisis teoretis tentang pendekatan komunis terhadap perjuangan kelas sosial serta kemakmuran ekonomi, yang akhirnya menjadi sebuah gerakan politik yang sangat berpengaruh saat itu.

Alasan dari munculnya ideologi ini karena adanya perbedaan ekonomi yang terjadi di sektor industri di beberapa negara yang ada di Eropa.

Saat itu dia berasumsi bahwa, orang yang memiliki kekuatan dibidang ekonomi akan mengambil jatah yang harusnya diterima oleh orang lain tanpa melewati batas kemanusiaan.

Kemudian, Karl Marx mencetuskan sebuah pemahaman tentang komunisme yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil, bukan untuk mengetahui kelas dan bahkan memprioritaskan hak yang dimiliki oleh semua orang.

Karakteristik Dari Ideologi Communism

Terdapat beberapa ciri-ciri dari Communism Ideology yang dapat membedakannya dengan ideologi yang lainnya, diantaranya adalah :

  • Sebuah teori yang mengajarkan tentang kelas sosial di lingkungan masyarakat. Hal ini justru sering menimbulkan konflik antara proletariat, pemilik tanah dan juga kapitalis.
  • Tidak adanya penghormatan terhadap kodrat manusia sebagai makhluk individu, hal ini ditunjukkan oleh ajaran-ajaran yang tidak mengizinkan siapa pun untuk mengendalikan alat-alat produksi.
  • Semua hal yang menjadi milik rakyat merupakan kekuasaan pemerintahan. Jadi bisa disimpulkan bahwa pemerintah adalah otoritas tertinggi didalam ideologi komunisme ini.
  • Komunisme tidak akan melihat manusia sebagai makhluk individu, akan tetapi hanya sebatas masyarakat besar atau majemuk. Hal ini juga tidak menghiraukan berbagai upaya individu untuk membuat posisi mereka lebih unggul dibandingkan dengan komunitas lain.
  • Negara serta hukum akan hilang karena mereka sudah tidak dibutuhkan lagi.
  • Sumber daya alam dan juga berbagai alat produksi merupakan 100% milik negara dan properti miliki individu yang diakui hanya sebatas pakaian, perabot dan juga upah.

Baca Juga : Alat Transportasi

Contoh Dari Penerapan Communism Ideology

Untuk lebih memahaminya yuk kita simak beberapa contoh penerapan dari Communism Ideology, yaitu sebagai berikut :

1. Sistem Perekonomian Suatu Negara Dikuasai Pemerintah

Salah satu negara yang mengendalikan semua kegiatan ekonomi di negaranya sendiri adalah Korea Selatan. Dalam praktiknya, masyarakat korea biasa hanya bisa melakukan sedikit kegiatan ekonomi.

Sementara itu industri dan juga perusahaan besar hanya bisa dikendalikan oleh pemerintah. Tidak hanya itu saja, semua sumber daya serta alat produksi berada di bawah pengawasan pemerintah.

2. Adanya Penggunaan Sistem Satu Partai

Tidak hanya Korea Utara, tetapi Cina juga masih berpegang teguh pada komunisme dan menggunakan sistem satu partai didalam sistem pemerintahannya.

Hal ini berarti, bahwa prinsip demokrasi yang diterapkan di negara ini tidak ada. Siapa pun yang dicalonkan oleh Partai Komunis Tiongkok harus menjadi seorang presiden.

3. Kurangnya Dukungan Praktik Keagamaan

Telah dikatakan sebelumnya, bahwa salah satu ajaran ideologi ini tidak percaya dengan keberadaan Tuhan. Di dalam negara yang menganut komunisme, akan selalu kurang dalam mendukung adanya kegiatan keagamaan.

Hal tersebut disebabkan oleh adanya pemahaman komunisme, yang mengatakan bahwa para penganut agama lebih menyukai berdoa dibandingkan dengan melakukan usaha atau tindakan guna mencapai sesuatu.

4. Ideologi Ini Beranggapan Bahwa Semua Orang Memiliki Kedudukan Yang Setara

Menurut ajaran komunisme, setiap orang mempunyai kedudukan yang sama atau sederajat. Karena didalamnya tidak ada pengelompokkan atara kaun borjuasi atau proletariat.

Sistem inilah yang membuat banyak masyarakat biasa sangat bersemangat untuk mengikuti ajaran komunisme, karena mereka percaya bahwa itu akan meningkatkan kehidupan mereka.

Baca Juga : Remunerasi Adalah

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Komunisme?

Komunisme merupakan sebuah pemahaman yang berhubungan dengan aspek filosofis, politik, sosial serta ekonomi yang bertujuan untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih progresif.

Apa kekurangan dari penerapan sistem Komunisme?

1. Monopoli yang dilakukan pemerintah akan menimbulkan kerugian bagi masyarakat.
2. Hak asasi manusia atau HAM tidak lagi dihormati sehingga banyak orang yang tertindas karena hal tersebut.
3. Minimnya rasa kepercayaan pada Tuhan merupakan salah satu bentuk harapan dari pencentus komunis pertama, yaitu Karl Marx.

Negara-negara yang menganut sistem Komunisme adalah?

1. Vietnam
2. Korea Utara
3. Laos
4. Transnistia
5. Kuba
6. Tiongkok (China)

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini tentang Pengertian Komunisme, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.