Pengertian Komputer

Posted on

Pengertian Komputer – Di era yang sudah sangat modren seperti yang sekarang ini. Komputer sudah bukan barang yang asing lagi bagi kita semua, bahkan komputer dapat kita jumpai dirumah, di kantor, dan masih banyak lagi.

Pengertian Komputer

Lalu sebenarnya apa itu Komputer? Apa fungsi komputer? Nah, bagi kalian yang penasaran mengenai hal-hal tersebut, yuk kita simak penjabaran dibawah ini :

Pengertian Komputer

Komputer merupakan perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk memproses data sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan sebelumnya, sehingga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi para penggunanya.

Pada dasarnya, komputer memiliki 3 elemen yang sangat penting, yaitu diantaranya adalah :

  1. Hardware (Perangkat Keras), adalah sebuah komponen yang terdiri dari Motherboard, CPU, Processor, RAM, dan juga Harddisk.
  2. Software (Perangkat Lunak), merupakan sebuah data yang telah diprogram dan disimpan didalam komputer secara digital, tetapi tidak terlihat secara fisik, namun tetap terletak di komputer.
  3. Brainware (Pengguna Komputer), merupakan operator atau seseorang yang menggunakan atau memanfaatkan fungsi yang diberikan oleh komputer.

Hai sobat, ternyata dilihat dari asal katanya, “Komputer” berasal dari bahasa latin yaitu dari kata “Computare” yang berarti menghitung. Jadi, secara bahasa, komputer dapat didefinisikan sebagai cara yang digunakan untuk melakukan perhitungan aritmatika.

Baca Juga : Bilangan Asli – Sejarah, Pengertian, Penulisan, Dan Contohnya

Definisi Komputer Menurut Para Ahli

Selain pengertian komputer yang ada diatas, terdapat beberapa pengertian dari Komputer yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya sebagai berikut :

  • V.C. Hamacher et al, Komputer merupakan sebuah alat hitung elektronik yang dapat dengan cepat melakukan proses perhitungan serta menerima informasi input kedalam bentuk digital.
  • Donald H. Sanderes, Computer merupakan sistem elektronik yang dapat memanipulasi data dengan cepat serta akurat, hal tersebut sengaja dirancang dan diatur sedemikian rupa, sehingga dapat bekerja secara otomatis saat menerima dan juga menyimpan data input.
  • Wiliam M. Fuori, Komputer adalah sebuah alat pengolahan data yang dapat digunakan secara cepat untuk melakukan berbagai jenis perhitungan yang besar, misalnya seperti operasi aritmatika dan juga logika.
  • Robert H. Blissmer, Komputer merupakan sebuah perangkat elektronik yang memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai macam keperluan atau pekerjaan dari Penggunanya seperti melakukan Input data, yang kemudian akan diproses dan disimpan kedalam bentuk perintah yang menghasilkan Output dalam bentuk informasi.
  • Elias M. Awad, Komputer dapat diartikan sebagai kalkulator saku yang memproses data yang kemudian disajikan kedalam bentuk data digital dan juga analog.

Komponen – Komponen Computer

Pengertian Komputer

Terdapat beberapa komponen yang menyusun komputer agar dapat berjalan dengan lancar, diantaranya adalah :

1. INPUT Component

Komponen input adalah serangkaian komponen perangkat keras yang bertindak sebagai akses ke aktivitas yang ditransfer ke dalam komputer. Input Component ini terdiri dari :

  1. Keyboard, adalah salah satu komponen yang dapat digunakan untuk menginput data dalam bentuk data alfanumerik dan juga interpretasi ASCII lainnya.
  2. Mouse, adalah salah satu komponen yang digunakan untuk menghubungkan antara layar monitor dengan user atau pengguna. Selama pengoperasiannya, mouse muncul sebagai penunjuk di layar monitor.
  3. Trackpad, adalah salah satu komponen yang fungsinya hampir sama dengan mouse, hanya bentuknya saja yang berbeda.
  4. Pen, adalah salah satu komponen yang hanya dibutuhkan ketika layar monitor yang digunakan merupakan sebuah layar sentuh.
  5. Microphone, merupakan salah satu komponen input yang dapat memsaukkan data dalam bentuk audio.
  6. Scanner, adalahsalah satu komponen yang berfungsi untuk memindai gambar yang akan dikirim ke sistem komputer.

2. Process Component

Komponen proses berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk memproses data atau perintah yang telah diberikan ke dalam komputer dan kemudian akan ditampilkan pada komponen output. Process Component ini terdiri dari :

  • Processor, merupakan salah satu komponen komputer yang paling utama dalam proses pengolahan sebuah data.
  • Harddisk, adalah salah sati komponen proses yang digunakan untuk menyimpan data yang sifatnya permanen, misalnya seperto sistem operasi komputer.
  • Motherboard, adalah salah satu komponen yang berfungsi sebagai penghubung antara komponen satu dengan yang lainnya didalam komputer.
  • RAM, adalah sebuah memori komputer yang dapat menyimpan berbagai jenis aktivitas komputer, tetapi hanya sementara.

Baca Juga : Pengertian Teknologi

3. Output Component

Komponen Output adalah subkomponen yang digunakan untuk menampilkan sebuah informasi mengenai perintah yang diproses oleh komputer. Output Component ini terdiri dari :

  1. Monitor, adalah komponen yang menampilkan proses yang berjalan di komputer.
  2. Printer, adalah komponen yang dapat digunakan untuk mencetak data di atas kertas.
  3. Speaker, adalah komponen yang dapat digunakan untuk memberikan output audio kepada pengguna.

Sejarah Perkembangan Computer

Selama perkembangannya, Komputer sudah mengalami beberapa perubahan hingga saat ini. Berikut ini penjabaran dari perkembangan Komputer dari generasi ke generasi, yaitu

1. Generasi Pertama (1946 – 1959) Tabung Vakum

Komputer generasi pertama ini dikembangkan sekitar tahun 1946 dan masa ini komputer masih menggunakan sebuah media tabung vakum sebagai material dasarnya.

Tabung vakum itu sendiri merupakan bahan yang dapat mentransfer energi panas dengan sangat cepat, sehingga sering dianggap kurang efektif jika digunakan dimasa sekarang.

2. Generasi Kedua (1959 – 1965) Transistor

Pada komputer generasi kedua ini, sudah tidak lagi menggunakan tabung vakum sebagai bahan dasarnya, tetapi menggunakan sebuah teknologi transistor yang dikatakan sebagai awal dari perkembangan komputer ini.

Tidak seperti tabung vakum yang memiliki ukuran sangat besar, transistor itu sendiri mempunyai ukuran yang lebih kecil dan tidak menghasilkan panas yang berlebihan.

3. Generasi Ketiga (1965-1971) Sirkuit Terintegrasi

Pada komputer generasi ketiga ini sudah tidak lagi menggunakan transistor atau tabung vakum, tetapi sudah beralih menggunakan sirkuit terpadu (IC). Namun, komponen dari transistor tidak langsung ditinggalkan, tetapi digunakan untuk mengembangkan kinerja komputer pada generasi ketiga.

Tentunya, transistor itu sendiri sudah tidak lagi sebesar ukuran pada generasi kedua, tetapi telah diminiatur jadi lebih kecil dan diletakkan di IC. IC terdiri dari beberapa transistor, resistor serta kapasitor.

4. Generasi Keempat (1971 – Sekarang) Microprosesor

Pada generasi keempat ini, komputer sudah menggunakan mikroprosesor yang masih digunakan sampai sekarang dan masih dapat dilihat secara umum. Mikroprosesor itu sendiri menggabungkan beberapa komponen ke dalam chip yang sangat kecil.

Secara umum, chip terdiri dari ribuan transistor serta serangakian elemen lainnya yang kemudian digabungkan menjadi satu. Secara tidak langsung, ini juga berarti mengubah komputer menjadi lebih kecil.

Baca Juga : Transformator Adalah – Pengertian, Fungsi, Jenis, Gambar, Prinsip Kerja

F.A.Q

Apa itu Komputer?

Komputer merupakan perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk memproses data sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan sebelumnya, sehingga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi para penggunanya.

Apa saja fungsi dari Komputer?

1. Untuk menerima informasi dan juga data dari komputer atau sumber lain.
2. Untuk melakukan pengolahan data sehingga menghasilkan outputan.
3. Komputer dapat menampilkan informasi yang sudah melalui proses pengelahan data sebelumnya.

Siapa penemu dari Komputer yang pertama?

Charles Babbage adalah salah satu ilmuwan yang paling terkenal di dunia, beliau juga dianggap sebagai penemu komputer pertama dan telah mengabdikan sebagian besar pekerjaannya untuk kehidupan manusia, terutama di bidang komputer.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.