Pengertian Kewirausahaan, Tujuan dan Ciri-Ciri Kewirausahaan

Posted on

Rumus.co.id – Pertemuan kali ini kita akan membahas pengertian kewirausahaan, tujuan dan ciri-ciri kewirausahaan. Wirausaha adalah pelaku utama dalam pembangunan ekonomi.

Pengertian Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah perilaku dan kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang bisa bermanfaat dan memiliki nilau jual. seorang yang memiliki semangat, sikap perilaku dan kemampuan kewirausahaan disebut dengan wirausaha.

Seseorang yang berani mendirikan usaha adalah orang yang mengerahkan sumber daya. Upaya untuk memaksimalkan sumberdaya tersebut adanya rancangan, ide, inovasi, proses, pengendalian dan  tujuan. Peluang usaha sangat banyak tergantung bidang apa yang ingin di tekuni. Mendirikan usaha juga ada resiko yang perlu di pertimbangkan dengan baik. Kerena itu akan menjadi ancaman bagi mereka pengusaha.

Seseorang yang memiliki sifat kewirausahaan adalah orang-orang yang berjiwa dagang. Memiliki kemampuan mengelolah uang dan memutar uang untuk memperbesar usahanya. Seorang wirausaha juga harus bersifat kreatif dan inovatif yang bisa di tuangkan dalam memenejemen usahanya.

Pengertian Kewirausahaan, Tujuan dan Ciri-Ciri Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah jiwa keberanian untuk memulai dari 0. Memulai adalah hal yang mudah tetapi bertahan dan berkembang lebih besar itulah yang sulit. Usaha pasti ada pasang surutnya sehingga seorang wirausaha di tuntut agar bisa menyelesaikan setiap permasalahan yang ada.

Usaha adalah kebebasan, banyak  orang yang berbondong-bondong mendirikan usaha untuk memperbaiki perekonomian mereka. memiliki udah tidak perlu berpendidikan tinggi hanya perlu berlajar teori dan mempraktekannya.

Usaha apa yang bagus? Usaha yang di jalankan dengan niat dan tekun. Mendirikan usaha perlu modal yang cukup untuk bisa mendirikan toko. Seiring waktu maka akan bertambah cabang dan menghasilkan keuntungan yang besar.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli S. Wijandi,

Menurut S. Wijandi, Kewirausahaan adalah suatu sifat keberanian, keutamaan dalam keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Thomas W Zimmerer,

Kewirausahaan adalah penerapan keinovasian dan kreativitas untuk pemecahan masalah & memanfaatkan berbagai peluang yang dihadapi orang lain setiap hari.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Robbin & Coulter

Kewirausahaan merupakan suatu proses dimana seseorang ataupun suatu kelompok individu menggunakan upaya yang terorganisir & sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan suatu nilai yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui sebuah inovasi & keunikan, tidak mempedulikan apapun sumber daya yang digunakan pada saat ini.

Ciri-Ciri Kewirausahaan

Ciri-ciri kewirausahaan yang handal dan dapat bersaing di pasaran:

  • Yakin dengan kualitas produk yang di miliki
  • Mengetahui informasi produk
  • Tidak akan memaksa konsumen untuk membeli
  • Komunikatif dan negosiasi ramah dalam pelayanan
  • Memberikan pelayanan yang baik
  • Jujur adalah kunci utama usaha
  • Transaksi yang bersifat transparan
  • Mampu bersaing di pasaran global
  • Selalu ada ide dan inovasi
  • Mampu menanggulangi masalah yang ada

Tujuan Berwirausaha

Tujuan berwirausaha dibawah ini harus di tanamkan dalam diri pengusaha sukses:

  • Niat dan tekat yang bulat. Membangun bisnis pada awal mula adalah niat mendirikan usaha dan berjanji akan menjalankan dengan sebaik mungkin.
  • Ikut dalam seminar kewirausahaan untuk menambah ilmu dalam bisang usaha.
  • Ikut serta pelatihan kemampuan wirausaha guna meningkatkan kesejahteraaan masyarakat.
  • Menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran kewirausahaan yang kokoh.
  • Berbagi ilmu dan informasi apapun yang berkaitan dengan kewirausahaan.
  • Ide-ide dan inovasi untuk meningkatkan usaha.

Sekian pembahasan kami mengenai Pengertian Kewirausahaan, Tujuan dan Ciri-Ciri Kewirausahaan. Semoga anda mendapatkan apa yang anda mau pada artikel ini. Kunjungi terus rumus.co.id banyak artikel-artikel yang menarik dan tentunya bermanfaat.