Pengertian Ilmu Ekonomi, Konsep Dasar, Ruang Lingkup

Posted on

Rumus.co.id – Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian ilmu ekonomi, konsep Dasar, tujuan dan ruang Lingkup. Ilmu ekonomi adalah salah satu bidang ilmu yang berkaitan seluruh sumber daya. Berikut ini adalah pembahasan secara lengkap.

Pengertian Ilmu Ekonomi

Pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan serta pemanfaatan uang, tenaga, waktu, dan sebagainya yang berharga. Ilmu ekonomi menyangkut ekonomi mikro dan ekonomi makro. Di bawah ini kita akan membahas mengenai ekonomi makro dan ekonomi mikro.

Ekonomi adalah salah satu bidang ilmu yang berhubungan dengan keuangan. Hal yang peling sederhana berkaitan dengan ekonomi di kehidupan sehari-hari misalnya beras, telur, daging, ayam dan bahan pokok lainnya.

Ilmu ekonomi mempelajari perilaku manusia dalam menciptakan kemakmuran. Dalam masalah ekonomi saat ini adalah ketidakseimbangnya antara kebutuhan manusia yang banyak dengan pemuas kebutuhan yang terbatas.

Pengertian Ilmu Ekonomi, Konsep Dasar, Tujuan dan Ruang Lingkup

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli Adam Smith,

Ilmu ekonomi merupakan ilmu secara sistematis memprlajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli Case and Fair,

Ilmu ekonomi adalah studi tentang bagaimana individu dan masyarakat mengambil pilihan untuk menggunakan sumber daya yang langka yang telah disediakan oleh alam dengan generasi sebelumnya.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli M. Manullang,

Ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari masysrakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran (kemakmuran suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya, baik yang berupa barang-barang maupun jasa).

Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

Berikut ini ada beberapa konsep dasar ilmu ekonomi, simak penjelasannya di bawah ini:

1.      Kegiatan Ekonomi

Berikut ini kegiatan ekonomi yang ada di ilmu ekonomi:

  1. Produksi

Produksi adalah aktivitas karyawan yang menciptakan produk atau pelayanan jasa yang mengumpulkan sumber daya, modal dan keahlian tertentu. Produksi adalah penentu kualitas produk di terima pasaran luas.

  1. Konsumsi

Konsumsi adalah aktivitas penggunaan produk atau pelayanan jasa. Biasanya mereka membelinya karena butuh dan bermanfaat bagi hidupnya. Hal ini juga ditentukan dengan tingkat penhasilannya.

  1. Distribusi

Distribusi adalah aktivitas yang berkaitan dengan penyebaran barang/ jasa yang diproduksi. Penyebaran yang merata akan menambah omset penjualan barang. Sebisa mengkin distribusi secara luas agar produk dapat di terima masyarakat.

2.      Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi adalah usaha yang di lakukan manusia dalam memperolah keberhasilan dan keuntungan. Tindakan ini berdasarkan 2 aspek yaitu tindakan rasional dan irasional, berikut penjelasannya.

  1. Tindakan Rasional adalah usaha manusia untuk pemilihan barang terbaik. Mereka akan membandingkan dengan took sebelah dari mulaih harga, pelayanan, kualitas dan rasa.
  2. Tindakan Irasional adalah usaha manusia untuk memilih yang terbaik dan mengunungkan. Tetapi mereka kerap menyesal karena telah membelinya. Setelah mereka gunakan barang tersebut tidak sesuai dengan ekspetasi.

3.      Motif Ekonomi

Ada dua macam motif ekonomi yaitu intriksik dan motif ekstrinsik, berikut adalah penjelasnya:

  1. Motif Intrinsik adalah kebutuhan dan keharusan, biasanya pelaku ekonomi membelinya karena kebutuhan sehari-hari. Ketergantungan seperti ini lah yang diharapkan perusahaan, menjadi pelanggan setia.
  2. Motif Ekstrinsik adalah keinginan seseorang. Pelaku ekonomi melakukan karena pihak eksternal yang mengharuskan mereka membeli dan mengkonsumsi.

4.      Metodologi Ilmu Ekonomi

Ada dua metode ilmu ekonomi yaitu metode induksi dan metode deduksi, berikut penjelasannya:

  1. Metode Induksi adalah metode yang dilakukan berdasarkan berbagai kejadian ekonomi yang disusun secara sistematis sehingga mendapatkan kesimpulan secara umum.
  2. Metode Deduksi adalah metode yang dilakukan berdasarkan teori ekonomi yang dianalisis dan dipelajari untuk mendapatkan kesimpulan khusus.

Tujuan Ilmu Ekonomi

Berikut ini adalah tujuan ilmu ekonomi antaralain:

  • Dapat menjadi acuan dalam pengambilan keputusan
  • Membantu pelaku ekonomi untuk menganalisis pola perilaku konsumtif masyarakat
  • Memberikan pengertian tentang potensi dan keterbatasan suatu kebijakan ekonomi
  • Menumbuhkan kepekaan tentang ekonomi global terhadap masyarakat

Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Ada dua macam ruang lingkup ekonomi yaitu makro dan mikro, berikut penjelasannya:

1.      Ekonomi Makro (macroeconomic)

Ekonomi makro adalah ilmu ekonomi yang mempelajari mengenai keseluruhan perilaku ekonomi dari pemakaian efisien dan berbagai factor produksi dengan tujuan kemakmuran masyarakay yang maksumum. Ekonomi makro dapat di ukur melalui tingkat pendepatan konsumen. Hal ini sangat menjadi alasan mengapa makroekonomi sebagai teori pendapatan.

2.      Ekonomi Mikro (microeconomic)

Ekonomi mikro adalah ilmu ekonomi yang membepajari aspek individual dari suatu ekonomi. Analisis yang perlu adalah analisis produsen dan analisis konsumen untuk suatu pasar tertentu. Ekonomi mikro adalah penentuan harga itu karena mikroekonomi menjadi teori harga.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Ilmu Ekonomi, Konsep Dasar, Tujuan dan Ruang Lingkup. Semoga anda mendapatkan apa yang anda mau pada artikel ini. Kunjungi terus rumus.co.id banyak artikel menarik dan bermanfaat.

Baca Juga :