Macam-Macam dan Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia)

Posted on

Rumus.co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Macam-Macam dan Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia). Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM)

Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) adalah dasar yang sudah dimiliki manusia sejak lahir melekat pada diri manusia sampai kapanpun dan akan di junjung tinggi serta di akui semua orang.

Makluk ciptaan Allah yang Maha Esa yang paling sempurna adalah manusia. Manusia di bekali dengan jiwa raga dan pikiran. Hewan di bekali jiwa dan raga tetapi tidak di bekali dengan pikiran, sedangkan malaikat di bekali pikiran dan jiwa tetapi tidak di bekali raga. Manusia memiliki ke tiganya sebagai makluk ciptaanNya.

Manusia harus memiliki HAM sebagai harkat martabat, konsep HAM terbukti mengakui dan menjamin harkat kemanusiaan. Manusia perlu memperjuangkan harga diri mereka terhadap orang-orang di sekitarnya. Saling menghormati satu sama lain adalah bentuk toleransi social yang sangat penting.

HAM tidak perlu di wariskan atau di berikan karena setiap manusia memiliki HAM masing-masing. HAM berlaku untuk semua manusia tanpa memandang agama, suku, ras, kelompok, danpandangan politik sosial.

Macam-Macam dan Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM)

Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia Pasal 1

Hak Asasi Manusia (HAM) adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

Pengertian HAM Menurut Para Ahli Haar Tilar (2011),

HAM ialah hak-hak yang melekat pada diri setiap insan dan tanpa memiliki hak-hak itu maka setiap insan tidak bisa hidup selayaknya manusia. Hak tersebut didapatkan sejak lahir ke dunia.

Pengertian HAM Menurut Para Ahli John Locke(2012),

HAM ialah hak-hak yang langsung diberikan Tuhan yang esa kepada manusia sebagai hak yang kodrati. Oleh karenanya, tidak ada kekuatan apapun di dunia yang bisa mencabutnya. HAM ini sifatnya fundamental atau mendasar bagi kehidupan manusia dan pada hakikatnya sangat suci.

Pengertian HAM Menurut Para Ahli Miriam Budiarjo (2013),

HAM merupakan hak yang dimiliki setiap orang yang dibawa sejak lahir ke dunia dan menurutnya hak itu sifatnya universal karena dimiliki tanpa adanya perbedaan ras, kelamin, suku, budaya, agama dan lain sebagainya.

Macam-Macam HAM

Berikut ini adalah macam-macam HAM antara lain:

1.      Hak Asasi Pribadi

Hak Asasi Pribadi adalah hak yang berhubungan dengan kehidupan pribadi manusia. Contohnya adalah hak kebabasan bergerak, berpakaian rapi, menyampaikan pendapat, berpindah tempat, kebebasan memilih, memeluk agama dan berorganisasi.

2.      Hak Asasi Politik

Hak asasi politik adalah hak yang berhubungan dengan politik. Contohnya ikut serta program pemesintaj, berhak di pilih dan memilih pemilihan umum, berhak mengajukan petisi, dan berhak mendirikan  partai politik dengan ketentuan yang ada.

3.      Hak Asasi Hukum

Hak Asasi Hukum adalah hak yang berhubungan dengan kesamaan kedudukan dalam hokum pemerintahan. Contohnya adalah berhak menjadi pegawai PNS, berhak mendapat perlakukan yang sama di pemerintahan, berhak mendapatkan layanan dan perlindungan hukum.

4.      Hak Asasi Ekonomi

Hak Asasi Hukum adalah hak yang berhubungan dengan kegiatan ekonimi. Contohnya hak jual beli, hak menjalin perjanjian kontrak, hak piutang dan hutang, dan hak mendapat pekerjaan yang layak.

5.      Hak Asasi Peradilan

Hak Asasi Peradilan adalah hak yang berhubungan dengan tata cara peradilan. Contohnya berhak mendapat perlakuan sama di pengadilan, berhak malapor dan di laporkan, hak persamaan penggeledahan penahanan penyelidikan dan penangkapan.

6.      Hak Asasi Sosial Budaya

Hak Asasi Sosial Budaya adalah hak untuk bermasyarakat dan hiburan. Contohnya berhak mendapat Pendidikan, hak mendapat pengajaran, hak mengembangkan budaya sesuai bakat dan minat.

Demikianlah macam-macam dan pengertian Hak Asasi Manusia (HAM). Kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik dan bermanfaat…

Baca Juga :