Pengertian Food And Beverage

Posted on

Dalam perkembangan dunia yang sekarang ini, sebuah industri jasa dengan perkembangan zaman makanan dan minuman telah menjadi usaha yang menjanjikan. Sebelum mengulas mengenai F&B , perlu diketahui terlebih dahulu definisi dari hotel.

Hal yang seperti ini telah menyebar di semua dunia bahkan di di berbagai kalangan kehidupan mulai dari hotel, restoran, kantin industri, kantin rumah sakit, kereta api, saluran udara, semua kini menjadi bagian dari industri jasa makanan & minuman.

Maka dalam pembahasan kali ini yang akan kami bahas adalah Food and beverage , untuk mempersingkat waktu langsung saja simak pembahasan di bawah ini :

Pengertian Food & Beverage

Food & Beverage merupakan salah satu departement yang ada di hotel. Karena departement ini termasuk sesuatu hal yang penting sebab dalam sebuah usaha dan hasil keuntungan yang menjanjikan.

Definisi food and beverage secara umum merupakan usaha di bidang makanan dan minuman, sedangkan secara khusus nya yaitu sebuah bagian dari hotel yang mengurus atau bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makan dan minum serta kebutuhan secara komersial dan profesional.

Dengan pengertian lain adalah salah satu jenis akomodasi yang memberikan jasa pelayanan penginapan, makam, minum, atau yang lainnya bagi umum dan dikelola secara komersial, dengan mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk di hotel bertaraf internasional istilah lain food and beverage sebagai bagian dari hotel.

Pengertian F & B Menurut Para Ahli

Dalam hal ini bisa dikatakan sebagai Restoran suatu usaha yang bersifat komersial dan menyediakan jasa pelayanan makan dan minum bagi umum dan dikelola secara profesinal.

  • Rachman Arief, Abd (2005:113)

Food & Beverage merupakan bagian yang bertugas atau mengolah, memproduksi dan menyajikan makanan dan minuman untuk keperluan hotel, baik dalam kamar , restaurant , makanan karyawan dan sebagainya

  • Soekresno dan Pendit (1998:4)

Food & Beverage adalah sebuah bidang usaha yang merupakan bagian usaha seperti hotel yang bertanggung jawab terhadap kebutuhan, karena dalam pelayanan nya menyediakan makanan dan minuman serta dalam kebutuhan lain yang terkait dari sebuah hotel atau dikelola secara komersial.

Pada umumnya tata hidang dalam pelayanan di bagi dalam beberapa yaitu :

  1. Restoran, merupakan suatu ruangan atau tempat di mana tamu dapat menikmati atau membeli makanan dan minuman, karena hal ini merupakan suatu seksi untuk menyiapkan makanan dan minum bagi tamu yang memerlukannya.
  2. Bar, merupakan suatu tempat secara komersil yang menyiapkan dan menjual minuman, baik yang mengandung alkohol maupun tidak
  3. Room Service, merupakan bagian yang bertugas dalam pelayanan makanan dan minuman
  4. Banquet, merupakan bagian yang melayani dan bertanggung jawab dalam penjualan makanan dan minuman khusus di luar restoran
  5. Steward, merupakan bagian yang bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan dan penyimpanan peralatan F&B departemen
  • Food and Beverage Product (F&B Product) bertugas atau mengolah bahan makanan yang mentah menjadi makanan siap saji.
  • Food and Beverage Service (F&B Service) bertugas melayani dalam menyajikan atau menghidangkan makanan kepada tamu

Tugas dan Tanggung Jawab  Food and Beverage (F&B)

  1. Mengolah Bahan makanan mentah menjadi makanan yang siap saji
  2. Membuat masakan yang mempunyai cita rasa yang khas
  3. Bertanggung jawab atas  makanan atau minuman yang dibuat apakah sudah memenuhi syarat dari segi kesehatan

Fungsi Food And Beverage

Food and beverage merupakan salah satu kebutuhan yang secara komersial dan profesional, karena di bagian ini amat lah penting.

Artinya bagi sebuah hotel Merupakan sumber usaha yang keuntungan nya dapat di kelolah melalui (room sales).

Adapun fungsi dari F&B yaitu :

  • Memenuhi selera (memberi kepuasan) bagi tamu.
  • Memelihara dan meningkatkan nama baik hotel.
  • Membuat keuntungan yang wajar.

Fungsi utama dari Fungsi Food and Beverage adalah untuk melayani serta mencapai kepuasan pelanggan, mungkin akan berusaha untuk memuaskan dengan cara :

  • Fisiologis : Adalah sebuah kebutuhan makanan khusus
  • Ekonomi : Merupakan sebuah kebutuhan dengan nilai yang terbaik mulai dari harga dibayarkan
  • Sosial : Adalah suasana yang bersahabat, terus terang dalam mengungkapkan perasaan
  • Psikologis : Yaitu kebutuhan guna meningkatkan harga diri
  • Kenyamanan : Adalah keinginan orang lain untuk melakukan pekerjaan.

Dalam kebutuhan yang seperti ini sangat menentukan faktor, seperti rasa bertanggung jawab dalam menentukan berbagai jenis metode pelayanan.

Pembagian Food and Beverage

F&B Beverage dapat dibagi menjadi dua bagian sesuai dengan tugasnya masing-masing, yaitu bagian tampak depan (front service) dan bagian tampak belakang (back service).

  • F&B bagian depan (front service)

Biasanya terdiri dari restoran, bar, dan room service. Petugas di bagian ini langsung berhubungan dengan para tamu.

  • F&B bagian belakang (back service)

Biasanya terdiri dari bagian dapur, service bar, dan kantin Disebut back service karena langsung berhubungan dengan tamu.

Tujuan Food and Beverage

  • Menjual makanan dan minuman sebanyak-banyak nya sehingga mendapatkan pelanggan yang banyak
  • Memberikan pelayanan sebaik mungkin hingga tamu merasa puas.
  • Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya

Demikian lah penjelasan dari artikel kami yang menjelaskan tentang Pengertian food And Beverage semoga bermanfaat. Terima Kasih

Artikel Lainnya :

Related posts: