Pengertian Flowchart

Posted on

Pengertian Flowchart – Bagi seorang Programmer ketika hendak membuat sebuah sistem, terdapat banyak sekali tahapan yang sangat penting untuk diperhatikan. Salah satunya yaitu sebuah tahapan System Planning.

Pengertian Flowchart

Namun, sebelum Anda menuangkan System Planning yang sudah Anda buat ke dalam bentuk sebuah program, ada baiknya jika Anda membangun sebuah rancangan logis terlebih dahulu dari sistem tersebut.

Nah, alat atau media yang bisa digunakan untuk membantu Anda dalam merancang sebuah desain logis tersebut dikenal dengan istilah atau sebutan Flowchart.

Namun, sebenarnya apa itu Flowchart? Fungsinya seperti apa? Bagi seorang Programmer mungkin sudah tidak asing dengan istilah ini. Akan tetapi bagi orang awam sangat asing di telinganya. Untuk mengetahuinya yuk simak penjabarannya.

Pengertian Flowchart

Flowchart sering diartikan sebagai sebuah diagram alir yang terdiri dari simbol-simbol tertentu. Dimana simbol tersebut digunakan untuk menjelaskan sebuah proses yang sedang terjadi secara rinci dan jelas, dengan mengkoneksikan satu proses dengan proses lainnya.

Diagram alir atau flowchart umumnya tersusun berdasarkan dengan algoritma yang berasal dari sebuah program yang hendak dijalankan, dengan tujuan agar memudahkan untuk memahami bahasa pemrograman.

Umumnya, penyusunan dari diagram alir dilakukan secara sistematis serta berurutan sesuai dengan alur dari program yang akan dijalankan.

Macam – Macam Flowchart 

Secara umum, Flowchart dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

  • System Flowchart, adalah diagram alir yang menunjukkan sebuah proses kegiatan dalam sistem. Diagram ini umumnya akan menggambarkan alur kerja secara terperinci dan juga menyeluruh.
  • Document Flowchart, adalah salah satu jenis bagan alir yang sepenuhnya menggambarkan sebuah proses laporan dan juga formulir beserta salinannya.
  • Schematic Flowchart, merupakan salah satu diagram alir yang mirip dengan System Flowchart. Namun, yang membedakannya adalah selain memakai berbagai macam simbol, diagram ini juga menggunakan gambar komputer dan toolsnya.
  • Flowchart Program, merupakan salah satu diagram alir yang menjelaskan langkah-langkah dari program yang dijalankan. Flowchart program ini didasarkan pada hasil derivasi dari diagram sistem.
  • Process Flowchart, sering diartikan sebagai teknik penggambaran sebuah rekayasa industrial yang menganalisis tahapan selanjutnya dalam sebuah prosedur atau sistem.

Fungsi Dari Flowchart

Perlu anda ketahui bahwa Flowchart mempunyai beberapa fungsi, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Untuk memastikan bahwa suatu program memiliki alur tersendiri.
  2. Berfungsi untuk membantu melihat rangkaian program yang dijalankan secara universal.
  3. Untuk melihat sebuah proses yang terjadi pada saat program sedang dijalankan.
  4. Menjadi sebuah pedoman atau acuan di dalam penyusunan dan juga pengembangan suatu aplikasi.

Tujuan Adanya Diagram Alir (Flowchart)

Apabila ditanya mengenai tujuan dari pembuatan Flowchart maka jawabannya sangat beragam, sebab hal ini disesuaikan dengan kebutuhan si pembuat.

Namun, tujuan utama penggunaan flowchart adalah untuk menjabarkan sebuah tahapan proses secara sederhana, guna menyelesaikan masalah yang terjadi dengan memakai simbol sederhana.

Baca Juga :
Komponen Komputer
Bridge Adalah
Router Adalah

Simbol – Simbol Dalam Flowchart

Dibawah ini terdapat simbol-simbol yang umumnya digunakan dalam proses pembuatan flowchart suatu sistem beserta dengan fungsinya, yaitu diantaranya adalah :

1. Simbol Arus

Simbol arus juga dikenal sebagai simbol penghubung, umumnya berfungsi menyatakan sebuah jalannya arus suatu proses serta sebagai penghubung antara proses satu dengan proses yang lainnya.

Berikut ini merupakan simbol-simbol yang termasuk kedalam ketegori Simbol Arus, diantaranya adalah :

Pengertian Flowchart

2. Simbol Process

Simbol process merupakan beberapa simbol yang berfungsi untuk menyatakan sebuah rangkaian proses dalam suatu program. Berikut ini simbol yang termasuk kedalam kategori Process, yaitu

Pengertian Flowchart
Pengertian Flowchart

3. Simbol Input / Output

Simbol input dan output merupakan rangkaian simbol yang berfungsi untuk menjelaskan sebuah proses masukan dan juga keluaran informasi yang terdapat di dalam program. Berikut ini simbol yang termasuk kedalam kategori I/O, yaitu :

Pengertian Flowchart

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Flowchart?

Flowchart sering diartikan sebagai sebuah diagram alir yang terdiri dari simbol-simbol tertentu. Dimana simbol tersebut digunakan untuk menjelaskan sebuah proses yang sedang terjadi secara rinci dan jelas, dengan mengkoneksikan satu proses dengan proses lainnya.

Flowchart pertama kali diperkenalkan oleh?

Flowchart pertama kali diperkenalkan ke Anggota ASME sekitar tahun 1921 saat presentasinya yang berjudul “Proses Grafik – Tahap Pertama Untuk Menghasilkan Satu Cara Terbaik” oleh seseorang yang bernama Frank Gilbreth.

Fungsi simbol Document dalam flowchart adalah?

Simbol Document dalam flowchart berfungsi untuk mencetak keluaran atau output dalam bentuk sebuah dokumen.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini mengenai Pengertian Flowchart, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan yang baru bagi para pembaca.