Fungsi dan Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli

Posted on

Rumus.co.id – Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai fungsi dan pertengirtian dasar negara menurut para ahli. Dasar negara Indonesia adalah Pancasila. Pancasila yang berarti lima dasar yang menjadi pedoman leluhur bangsa Indonesia. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli

Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Ir suekarno lah yang memberikan nama yang berarti lima dasar. Dasar negara Indonesia dilambangkan dengan burung garuda, pada sayap, ekor, leher serta ada lima dasar Pancasila.

Dasar negara Indonesia adalah Pancasila. Sebelum naskah Pancasila sekarang ada beberapa yang mengusulkan. Misalnya Ir Suekarno, Muh Yamin, dan Mr Suepomo. Pancasila di sepakati besama dengan pendiri bangsa kemudian sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia. Sebelum Pancasila sudah resmi ada rumusan-rumusan Pancasila dari berbagai macam rumusan yaitu dalam piagam Jakarta, pembukaan UUD1945, Mukaddimah KRIS 1949, dan Mukaddimah UUDS 1950.

Fungsi dan Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli

Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli Karl Marx,

Dasar negara merupakan suatu peringkat yang mempunyai kekuasaan dalam menjalankan eksploitasi atau penindasan kepada kelas yang lain.

Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli George Jellinek,

Dasar negara merupakan sebuah organisasi dengan kekuasan suatu kelompok orang yang bertempat di suatu wilayah tertentu.

Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli J. J. Rousseau,

Dasar negara merupakan suatu alat yang mempunyai fungsi dalam menjaga kemerdekaan setiap individu & ketertiban hidup rakyat negaranya.

Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli Robert M. Mac. Iver,

Dasar negara merupakan bentuk asosiasi yang mempunyai peran dalam melindungi atau menjaga ketertiban bermasyarakat sesuai dengan sistem hukum yang berlaku & dijalankan pemerintah yang berkuasa memberi tekanan maupun memaksa.

Pancasila

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Keesokan hari setelah merdeka yakni tanggal 18 Agustus 1945 mengadakan rapat PPKI untuk membentuk dasar negara Indonesia. Maka terbentuklah Pancasila yang sah dan terdapat pada pembukaan Undang-undang dasar 1945 alinea ke empat dan kalimat terakhir.

Fungsi Dasar Negara

Berikut ini adalah fungsi dasar negara antara lain:

1.      Sebagai Dasar Beridirinya Suatu Negara

Pancasila sebagai dasar berdirinya suatu negara saat negara tersebut didirikan atau merdeka. Untuk memenuhi syarat terbentuknya suatu negara maka harus dibentuklah dasar negara serta unsur konstitutif dandeklaratif.

2.      Sebagai Dasar Kegiatan Penyelenggaraan Negara

Pancasila sebagai dasar kegiatan penyelenggara negara terwujudnya cita-cita dan tujuan suatu bangsa. Agar negara tersebut bisa mewujudkan tujuan bangsa maka harus bedasarkan dasar negara.

3.      Dasar Pratisipasi Warga Negara

Setiap warga negara wajib berpedoman kepasa dasar negara. Masyarakat mempunyai hak dan kewajiban yang sama untuk mempertahankan dan berpartisipasi dalam mencapai tujuan bangsa.

4.      Dasar Pergaulan Antara Warga Negara

Selain menjadi dasar perhubungan antara warga negara dengan negara dasar negara juga menjadi dasar hubungan antar warga negara

5.      Dasar dan Sumber hukum nasional

Hukum yang berlaku adalah pengendalian warga negara dalam kehidupan masyarakat. Dengan demikian peraturan perundang-undangan yang di bentuk harus di dasari pada dasar negara.

Berikut ini adalah ertikel yang berhubungan dengan dasar negara negara Indonesia:

Rumusan Akhir Pancasila

5 Rumusan Dasar Negara Ir Suekarno, M Yamin, Suepomo

5 Rumusan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945

Demikian penjelasan mengenai fungsi dan pengertian dasar negara menurut para ahli. Kunjungi terus rumus.co.id banyak sekali artikel-artikel menarik dan bermanfaat tentunya.