Pengertian COD (Cash On Delivery), Kelebihan Kekurangan

Posted on

Rumus.co.id – Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian COC (Cash On Delivery), kelebihan dan kekurangannya. Pernahkah anda berbelanja online? Ada macam-macam pembayaran salah satunya yaitu COD (cash On Delivery), keuntungan dan kekurangan apa sajakah yang didapatkan berikut penjelasannya.

Pengertian COD

Pengertian COD (Cash On Deliveri adalah salah satu sistem pembayaran dalam perjanjian pembayaran ketika barang sudah di tangan pembeli atau sampai ketempat pengiriman. Dalam transaksi lain COD adalah transaksi jual beli dimana pihak pembeli bersedia membayar jika penjual mengantarkan barang ke alamat pembeli tanpa biaya tambahan.

Jika melalui jasa pengiriman, proses COD pembeli bersedia membayar ongkos pengiriman terlebih dahulu sampai barang itu sampai kepada pembeli dan di bayar. Salah satu alasan besar seseorang memilih transaksi pembayaran COD adalah ketidak percayaan dan memastikan apakah barangnya sesuai dengan iklan.

Pelayanan pembayaran COD adalah salah satu strategi penjual. Karena banyak orang yang ingin menerima barangnya terlebih dahulu lalu membayarnya. Tetapi tidak semua barang bisa menggunakan transaksi COD. Hanya produk-produk tertentu misalnya jam tangan, kosmetik, gelang, dan mouse.

Pembayaran COD dapat menjadi rekomendasi jika ingin memastikan apakah barang yang di pesan sesuai dengan deskripsi barang atau tidak. Selai itu ketidak percayaan penjual mengirim barang tersebut. Sehingga pembeli tidak merasakan kerugian dalam hal apapun dalam transaksi COD. Jika barang tidak dikirim atau tidak sampai pada pihak penerima maka pembeli tidak perlu membayar barang tersebut.

Pengertian COD (Cash On Delivery), Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan COD

Diatas sudah di singgung kelebihan COD, berikut ini ada beberapa kelebihan COD antara lain:

  • Pembeli dapat memerikasa barang apakah sesuai dengan barang yang di beli
  • Jika barang tidak sesuai maka pembeli dapat complain langsung atau membatalkan transaksi
  • Terhindar dari penipuan (barang tidak di kirim)
  • Pembeli tidak menanggung jasa pengiriman atau pengantaran
  • Menjadi jaminan bahwa toko online shop tidak tipu-tipu
  • Lebih banyak mendatangkan pembeli 20%

Kekurangan COD

Selain dengan kelebihan yang banyak tapi ada juga kekurangan COD bagi pembeli dan penjual. Berikut ini adalah kekurangan COD antara lain:

  • Ketika barang sudah sampai terkadang banyak pembeli yang sedang di luar rumah, beresiko barang tidak sampai kepada pemesan
  • Area jangkauan terbatas
  • Jenis barangnya terbatas, tidak semua bisa menggunakan jasa layanan COD
  • Penjual harus siap dengan pembatalan atau complain dari pembeli

Jika anda ingin membeli barang online pastikan terlebih dahulu apakah took tersebut dapat di percaya. Lihat gambar produk, alamat took dan yang paling penting adalah testimony yaitu komentar orang-orang yang pernah berbelanja disana. Jika ada komentar yang misalnya barang tidak sesuai atau barang tidak di kirim disarankan cari took lain. Banyak sekali took online sekarang dan menjual produknya beragam. Banyak juga akun online shop yang bodong, mereka tidak mengirimkan barang dan hanya menerima transferannya saja. Jangan sampai anda tertipu dalam pembelian barang lewat online. Karena membeli barang di online shop modal utama adalah percaya.

Baca Juga:

Pengertian Kewirausahaan, Tujuan dan Ciri-Ciri Kewirausahaan

Pengertian Ilmu Ekonomi, Konsep Dasar, Ruang Lingkup

Demikian pembahasan mengenai Pengertian COC (Cash On Delivery), Kelebihan dan Kekurangannya. Anda tertarik menggunakan jasa transakai COD? Terima kasih sudah mengunjungi rumus.co.id, kunjungi terus rumus.co.id banyak sekali artikel-artikel menarik dan bermanfaat tentunya.