Pengertian Atom, Contoh, Struktur dan Modelnya

Posted on

Pengertian Atom – Atom adalah? sebelum masuk kedalam pembahasan, materi yang akan dibahas yaitu pengertian, contoh, struktur dan model-model atom secara lengkap. Simak penjelasannya dibawah ini gaes!

Pengertian Atom

Atom adalah suatu satuan dasar materi, terdiri dari inti atom dan awan elektron yang bermuatan negatif dalam mengelilinginya.

Inti atom terdiri atas proton yang memiliki muatan positif, dan neutron yang memiliki muatan netral (kecuali dengan inti atom Hidrogen-1, yang tidak mempunyai neutron).

Istilah atom berasal dari Bahasa Yunani yang artinya yaitu (ἄτομος/átomos, α-τεμνω), tidak bisa dipotong atau sesuatu yang tidak bisa dibagi-bagi.

Atom memiliki diameter sekitar 6 sampai 30 nm. Karena adanya suatu gaya elektromagnetik, atom akan bergabung bersama pada atom-atom yang lain sehingga membuat pembentukan sebuah molekul.

Menurut Beberapa Para Ahli

  1. Leucipus dan Democritus
    Atom adalah bagain terkecil pada suatu materi yang tidak bisa dibagi lagi menjadi sebuah bagian-bagian tertentu. atom yaitu penyusun segala materi yang ada pada dunia ini.
  2. John Dalton
    Atom adalah partikel terkecil yang ada pada suatu zat yang tidak bisa lagi diuraikan menjadi partikel yang lebih kecil melewati reaksi kimia biasa.
  3. Joseph John Thompson
    Atom adalah suatu bola yang bermuatan positif dan dikelilingi dari electron seperti roti kismis
  4. Ernest Rutherford
    Atom adalah partikel yang berasal dari neutron dan proton serta dikelilingi dari electron.
image atom
image atom

Contoh Atom

Berikut beberapa contoh-contoh atom yang akan dijelaskan dalam tabel dibawah ini.

NoLambangNama
1HHidrogen
2LiLitium
3NaNatrium
4KKalium
5RbRubidium
6BeBerilium
7CaKalsium
8SrStronsium
9BBoron
10AlAluminium
11CKarbon
12SiSilikon
13SnTimah
14PbTimbal
15NNitrogen
16PFosfor
17OOksigen
18SBelerang
19FFuor
20ClKlor

Struktur Atom

Inti atom sangatlah padat yaitu: 99,97% massa atom merupakan massa inti atom tetapi volumenya hanya berupa 1/1015 dari volume atom. Diameter pada sebuah atom (∼10−10 m) kira-kira 100.000 kali diameter didalam inti atom (∼10−15 m). Berikut struktur atom yang ada pada gambar dibawah ini dan perbandingan karakter pada 3 partikel subatomik utama yang ada ditabel.

struktur atom
struktur atom

tabel 1

Nilai pada massa atom dan partikel-partikel subatomik sangatlah kecil dengan satuan gram sehingga dapat lebih mudah untuk dinyatakan sebagai massa yang relatif. Basis ukuran massa relatif atom merupakan atom karbon yang berdasarkan pada 6 proton dan 6 neutron (atom C-12), yang dari massa satu atom C-12 dinyatakan sejumlah 12 satuan massa atom (sma) atau 12 dalton (Da).

1 sma = 1,660539×10−24 g.

Inti pada massa proton dan massa neutron masing-masing dinyatakan 1 sma.inti atom

Model Atom

1. Model Atom Dalto

model atom dalton
model atom dalton

Model atom yang sangat sederhana yaitu model atom dalton, yang telah dikemukakan oleh John Dalton, seorang ilmuwan asal kebangsaan Inggris. Menurut dari model atom ini, atom adalah bola pejal yang tidak memiliki muatan.

Kemudian, menurut teori atom ini, atom yaitu kesatuan terkecil yang dapat dibagi-bagi lagi. Jika unsur kimia yang berbeda akan mempunyai jenis atom yang berbeda-beda juga.

2. Model Atom Thompson

Model Atom Thompson
Model Atom Thompson

Model atom yang kedua yaitu model atom Thompson. Sesuai pada namanya, model atom satu ini dikemukakan oleh Joseph John Thompson. Model atom Thompson memiliki bentuk seperti roti kismis.

Hal itu dikarenakan atom adalah suatu bola padat yang bermuatan positif pada partikel negatif (elektron) yang tersebar didalamnya. Kemudian, muatan positif dan negatif yang ada pada atom tersebut jumlahnya sama. Model atom ini telah dibuktikan pada penelitian Thomson yang memakai sinar tabung katoda.

3. Model Atom Rutherford

Model Atom Rutherford
Model Atom Rutherford

Model atom Rutherford telah dikemukakan oleh Ernest Rutherford di tahun 1911. Pada teori atom ini, setiap atom mempunyai kandungan inti atom yang bermuatan positif pada elektron yang mengelilingi didalamnya.

Kemudian, massa atom ini terpusat pada inti atom dan sebagian besar volume atom ini yaitu ruang hampa, Karena telah dibuktikan dari hasil percobaan penembakan logam dari sinar alpha, yang sudah dikenal sebagai Percobaan Geiger-Marsden.

4. Model Atom Bohr

Model Atom Bohr
Model Atom Bohr

Model atom Bohr dikemukakan oleh Niels Bohr dan Ernest Rutherford di tahun 1913. Pada model atom Bohr merupakan bahwa atom terdiri berdasarkan pada inti atom yang mempunyai kandungan proton dan neutron kemudian dikelilingi oleh elektron yang berputar pada orbitnya (tingkat energi tertentu). Orbit dikenal juga sebagai kulit atom.

5. Model Atom Mekanika Kuantum

Model Atom Mekanika Kuantum
Model Atom Mekanika Kuantum

Model atom mekanika kuantum adalah model atom yang sangat modern sekali. Atom ini terdiri berdasarkan pada inti atom bermuatan positif dan awan-awan elektron yang mengelilinginya. Daerah tempat ditemukannya elektron yang diberi nama orbital. Menurut pada teori ini, ada empat jenis orbital yakni s, p, d, f.

Demikian pembahasan pengertian, contoh, struktur dan model atom, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan pembahasan. Semoga bermanfaat🙂

Artikel Lainnya :