Pengertian Anamnesa

Posted on

Dalam sebuah peristiwa merupakan suatu ilmu yang mengetahui bahwa secara langsung dapat kita kenali dari berbagai macam cara, kenapa demikian karena materi yang akan kami bahas dalam artikel kali ini kami akan membahas ilmu kedokteran. Maka materi pokok dari pembahasan ini adalah tentang pengertian anamnesa.

Untuk lebih jelasnya lagi di bawah ini akan kami bahas secara terperinci :

Pengertian Anamnesa

Pengertian-Anamnesa

Pengertian Anamnesa merupakan sebuah komunikasi atau dialogis yang aktif antara dokter dan tenaga medis dengan pasien, sehingga komunikasi yang aktif tersebut adalah bentuk komunikasi yang bersifat tetapi lebih dari itu komunikasi yang empati.

Anamnesa biasanya bentuk bidang kesehatan yang bersifat bidang psikologi, karena kemampuan seorang dokter atau tenaga kesehatan lainnya yang berhubungan dengan kemampuan guna menanggapi cerita pasien.

Pengertian Anamnesa juga dapat dilakukan dari beberapa dokter terhadap pasien dalam bentuk perawatan kepada pasien maupun psikologi.

Baca Juga : Sifat Koligatif Larutan

Tindakan Di Lakukan Anamnesa

Telah terdapat dua tindakan yang bisa dilakukan oleh Anamnesa yaitu :

  1. Auto-anamnesa yaitu suatu kegiatan yang secara langsung di wawancara terhadap pasien, karena pasien sendiri dianggap mampu untuk menjawab semua pertanyaan.
  2. Allo-anamnesa Yaitu suatu kegiatan yang dilakukan dengan orang lain terhadap keluarga pasien guna memperoleh sebuah informasi yang penting tentang keadaan pasien. Karena hal yang demikian Biasanya untuk memastikan bahwa keluarga pasien bisa mengetahui tentang keadaan pasien.

Untuk lebih mudanya dalam mengemukakan pendapat perhatikan perhatikan contoh dibawah ini :

Contohnya :

  • Apakah Pasien dalam keadaan tidak sadarkan diri
  • Apakah Pasien tidak dapat berkomunikasi
  • Apakah Pasien dalam keadaan gangguan jiwa

Baca Juga : Reaksi Redoks

Persiapan Anamnesa

Dari penjelasan di atas tentang Anamnesa maka perlu juga kita perhatikan baik atau benarnya sebuah tindakan yang di lakukan oleh seorang tenaga medis atau dokter.

Adapun persiapan yang yang melakukan anamnesa tersebut menguasai dengan baik tentang teori atau pengetahuan kedokteran.

  • Mustahil bagi seseorang dokter akan dapat mengarahkan sebuah pertanyaan-pertanyaan dan mengambil sebuah kesimpulan yang bersifat baik dari ilmu kedokteran.
  • Seseorang dokter akan merasa kebingungan karena kehilangan akal disaat melakukan atau tidak mempunyai sebuah gambaran tentang penyakit yang dapat menimbulkan keluhan atau gejala tersebut dari pasien.

Pada umumnya jika selesai melakukan tindakan dokter atau dari tenaga medis, diagnosis yang paling umum ditemukan adalah tentang kemampuan seorang dokter terhadap pasien karena kurang nya ilmu pengetahuan kedokteran yang memadai.

Tahapan Pemeriksaan Anamnesa

Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan fisik merupakan sebuah pengumpulan data yang akurat dengan cara melakukan pemeriksaan pada kondisi fisik dari pasien.

Dalam Pemeriksaan fisik seperti ini meliputi :

  1. Inspeksi : Merupakan bentuk pemeriksaan yang dilakukan terhadap pasien dengan cara melihat atau memperhatikan dari keseluruhan tubuh pasien dengan sistematis.
  2. Palpasi : Merupakan bentuk pemeriksaan fisik yang di lakukan dengan cara meraba pada bagian tubuh terasa sakit atau yang tidak normal
  3. Perkusi : Merupakan bentuk dari pemeriksaan fisik yang dilakukan dengan cara mengetuk daerah tertentu dari bagian badan jari dengan mendengar suara detak jantungnya.
  4. Auskultasi : Merupakan bentuk pemeriksaan fisik yang dilakukan dengan mendengarkan bunyi-bunyi yang terjadi sehingga dapat di proses fisiologi atau tindakan medis menggunakan alat bantu seperti stetoskop.

Tindakan Diagnosis

Tindakan diagnosis merupakan sebuah penetapan jenis penyakit yang tertentu berdasarkan analisis dan hasil pemeriksaan dengan teliti, sehingga tindakan yang seperti ini guna menentukan pengobatan dalam diagnosis yang ditinjau dari segi prosesnya adalah :

  1. Diagnosis awal adalah sebuah penetapan diagnosis yang awal yang belum diikuti dari pemeriksaan yang lebih mendalam
  2. Diagnosis banding adalah dari sejumlah diagnosis yang lebih dari satu sehingga ditetapkan dengan adanya pertimbangan medis yang di tetapkan lebih lanjut
  3. Diagnosis akhir adalah bentuk tindakan diagnosis yang menjadikan pasien dirawat sehingga didasarkan pada hasil pemeriksaan yang mendalam

Sebuah diagnosis yang ditinjau dari segi penyakit adalah :

  1. Diagnosis utama, Merupakan bentuk dari jenis penyakit yang utama diderita dari pasien setelah dilakukan pemeriksaan yang mendalam
  2. Diagnosis komplikasi, Merupakan bentuk penyakit yang bersifat komplikasi karena berasal dari penyakit yang utama
  3. Diagnosis kedua, Merupakan bentuk dari penyakit yang menyertai diagnosis utama sehingga penyakit utama itu sudah ada sebelum diagnosis utama ditemukan 

Baca Juga : Larutan Elektrolit

Tindakan Medis

Tindakan medis, yaitu suatu intervensi medis yang dilakukan pada seseorang   berdasar atas indikasi medis tertentu yang dapat mengakibatkan integritas jaringan atau organ terganggu. Tindakan tersebut dapat berupa :

  1. Tindakan terapetik yang memiliki tujuan untuk pengobatan
  2. Tindakan diagnostik yang memiliki tujuan untuk menegaskan atau menetapkan penyakit diagnosis.
  3. Tindakan medis adalah sebuah tindakan yang dilakukan apabila telah ada persetujuan dari pasien yang bersangkutan terhadap tindakan medis.

Tujuan Anamnesa

Guna membentuk sebuah hubungan dokter dengan pasien maka memiliki beberapa tujuan adalah sebagai berikut :

Membentuk Hubungan Dokter dan Pasien

  • Melakukan sambung rasa dengan mengucapkan salam
  • Bersikap ramah dan sopan
  • Menjaga suasana yang santai tapi juga serius
  • Berbicara dengan jelas
  • Menggunakan bahasa yang mudah di mengerti dan dipahami oleh pasien
  • Menggali informasi secara detail
  • Menjadi pendengar yang baik.
  • Mengetahui bahasa non verbal
  • Mencatat hasil wawancara
  • Melakukan umpan balik
  • Melakukan cross check
  • Bersikap netral terhadap pasien
  • Wawancara tidak seperti interogasi

Menggali Informasi Medik

Untuk menggali sebuah informasi medik dapat menanyakan :

  • Menanyakan keluhan utama
  • Menanyakan identitas dan data pribadi yang berkaitan dengan latar belakang pasien.
  • Keluhan sistem pada semua badan baik yang dirasakan atau tidak, tanpa menggali keluhan atau durasi penyakit yang di rasakan sekarang.

Kesimpulan

Dari beberapa pembahasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa Anamnesa ini hanya dapat dibuat apa bila seseorang dokter telah mempersiapkan diri untuk membekali kemampuan ilmu pengetahuan tentang kedokteran.

Demikian yang bisa kami sampaikan dalam artikel kami ini tentang contoh jurnal materi anamnesa, Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa memberikan bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih

Pengertian Anamnesa Rating: 5 Diposkan Oleh: Pengunjung