Tujuan, Bidang dan Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Posted on

Rumus.co.id – Pertemuan kali ini kita akan memebahas mengenai fungsi, bidang dan pengertian akuntansi menurut para ahli. Akuntansi adalah bidang yang berhubungan dengan transaksi keuangan. Dalam transaksinya terdapat beberapa nominal uang dan angka.

Pengertian Akuntansi

Akuntansi adalah proses yang terdiri dari tiga kegiatan ialah identifikasi, pencatatan dan pengkomunikasikan peristiwa ekonomi suatu perusahaan atau organisasi kepada pihak yang berkepentingan.

Kebijakan dalam penggunaan uang dalam oprasional tentu sangat hati-hati. Karena berhubungan dengan uang, kebijakan dalam pengambilan keputusan sangat perlu di terapkan dalam hal ini. Pengelolaan dan pencatatan agenda seluruh uang masuk dan keluar akan di tuangkan dalam laporan keuangan.

Laporan keuangan adalah data yang bersifat valit yang di gunakan sebagai informasi. Berdasarkan laporan keuangan tersebut berbagai devisi akan mengambil kebijakan sesuai dengan semestinya.

Pengertian Akuntansi Menururt Para Ahli Hans Kartikahadi, dkk. (2016:3),

Akuntansi adalah suatu sistem informasi keuangan, yang bertujuan untuk menghasilkan dan melaporkan informasi yang relevan bagi berbagai pihak yang berkepentingan.

Pengertian Akuntansi Menururt Para Ahli James  M. Reeve,  et  al  (2009:09),

Akuntansi merupakan  sistem  informasi  yang  menyediakan  laporan  untuk  para  pemangku kepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

Pengertian Akuntansi Menururt Para Ahli Azhar  Susanto(2013:64),

Akuntansi  sebagai  sistem  informasi  yang  menghasilkan informasi  atau  laporan  untuk  berbagai  kepentingan  baik  individu  atau  kelompok tentang aktivitas / operasi / peristiwa ekonomi atau keuangan suatu organisasi.

Tujuan Akuntansi

Berikut ini adalah tujuan akuntansi antara lain:

  1. Memberikan data dan informasi yang dapat di percaya.
  2. Memberikan informasi mengenai perubahan yang terjadi pada sumber-sumber ekonomi.
  3. Meberikan informasi keuangan yang bisa di gunakan memprediksi potensi perusahaan mendapatkan laba.
  4. Menyajikan informasi keuangan sedalam mungkin yang berkaitan dengan laporan keuangan sehingga relevan untuk digunakan oleh para pengguna laporan keuangan.

Bidang-Bidang Ekonomi

Berikut ini adalah beberapapa bidang akuntansi antara lain:

1.      Akuntansi Manajemen

Akuntansi menajemen adalah bidang yang menyediakan data dan informasi untuk pengambilan keputusan manajemen menyangkut operasi harian dan perencanaan operasi di masa depan. Contohnya adalah menyediakan data biaya guna penentuan harga jual produk tertentu dan pertimbangan terkait.

2.      Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya adalah bidang yang menjalankan keseluruhan proses akuntansi sehingga dapat menghasilkan informasi keuangan bagi pihak eksternal. Contohnya adalah laporan laba rugi, laporan perubahan laba di tahan, laporan seluruh transaksi.

3.      Auditing

Auditing adalah bidang akuntansi yang bertugas memerikasa laporan keuangan. Pemeriksaan dilakukan staf perusahaan maka disebut dengan audit internal. Hasil pemeriksaan akan di gunakan untuk kepentingan internal perusahaan. Contohnya audit laporan keuangan dan laporan transaksi.

4.      Akuntansi Pajak

Akuntansi pajak adalah bidang yang mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan perpajakan. Setiap transaksi mencakup aktivitas pajak, dan perhitungan pengembalian pajak (retitusi pajak) yang menjadi hak perusahaan.

5.      Sistem Akuntansi

Sistem akuntansi adalah bagian yang menangani sistem yang berjalan berkaitan dengan keuangan. Segala sesuatu yang berkaitan dengan aktivitas sistem akuntansi adalah asset perusahaan. Sistem akuntansi akan mengamankan data-data penting perusahaan yang berkaitan dengan pendapatan perusahaan dan yang lainya.

6.      Akuntansi anggaran

Akuntansi anggaran adalah bidang yang berfokus pada pembuatan rancangan kerja perusahaan di masa depan. Rancangan tersebut sebagai kerangka kerja kedepannya akan mengerjakan project. Akuntansi anggaran juga berfungsi sebagai pengendalian rencana tersebut.

7.      Akuntansi Internasional

Akuntansi internasional adalah bidang yang transaksi-transaksi yang berkaitan dengan internasional. Transaksi yang berkaitan dengan ekspor impor antar negara atau transaksi perpajakan setiap negara.

8.      Akuntansi Sektor Publik

Akuntansi sector publik adalah bidang yang berhubungan dengan pemerintahan dan organisasi nirlaba. Hal  ini  diperlukan  karena  organisasi  nirlaba adalah organisasi yang didirikan dengan tujuan bukan menghasilkan laba usaha,  sebagaimana perusahaan konmersial lainnya. Contohnya adalah intstansi  pemerintahan, rumah sakit, yayasan sosial, panti jompo, dan sebagainya.

Baca Juga:

Fungsi, Unsur, Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Demikianlah penjelasan mengenai Tujuan, Bidang dan Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli. Kunjugi terus rumus.co.id banyak artikel-artikel menarik dan bermanfaat.