Fungsi, Unsur, Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Posted on

Rumus.co.id – Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai Fungsi, Unsur, Ciri, Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli. Berikut ini pengertian administrasi menurut para ahli William Leffingwell dan Edwin Robinson, dan Ulbert,Arthur Grager. Anda juga bisa membaca mengenai pengertian administrasi kepegawaian yang berhubungan dengan perekrutan dan penenpatan karyawan.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Administrasi adalah aktivitas yang mencangkup pencatatan, surat-menyurat, pembukuan, kegiatan yang bersifat teknis dalam tatausaha. Administrasi di butuhkan dua atau lebih orang untuk menjalankan taget dan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu sebagai tepat guna.

Adminstrasi merupakan perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian yang dilakukan perusahaan atau perusahaan untuk suatu tujuan goal tertentu. Dalam hal ini tentunya banyak sumberdaya yang terlibat. Tetapi yang paling di utamakan adalah komunikasi antar perorangan.

Fungsi, Unsur, Ciri, Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli William Leffingwell dan Edwin Robinson,

Pengertian administrasi adalah cabang ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan, dan dimana pekerjaan tersebut harus dilakukan.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli Ulbert,

Administrasi adalah penyusunan dan pencatatan data/ informasi secara sistematis, baik internal maupun eksternal sebagai upaya untuk menyediakan keterangan serta memudahkan untuk mendapatkannya kembali, baik itu sebagian ataupun seluruhnya. Sedangkan defenisi administrasi dalam arti sempit dikenal dengan istilah tata usaha.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli Arthur Grager,

Pengertian administrasi menurut Arthur grager adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi.

Fungsi Administrasi

Berikut ini adalah fungsi administrasi dan penjelasannya antar lain:

  1. Planning (Perencanaan)

Planning atau perencanaan adalah gambaran bagaimana sebuah aktivitas administrai, mulai dari pengumpulan data, pengelolahan, hungga penyusunan. Planning di gunakan untuk awal mula melakukan tindakan dalam proses administrasi.

  1. Organizing (Penyusunan)

Organizing adalah fungsi penyusunan komunikasi antar seseorang dalam pekerjaan. Angota di dalamnya wajib berkomunikasi satu sama lain untuk mendiskusikan masalah. Demi tercapaianya tujuan administrasi perlu fungsi organizing atau penyusunan.

  1. Coordinating (Kordinasi)

Coordinating adalah fungsi mengkonfirmasikan seluruh manajemen adminstrasi yang berkaitan dengan sistem proses. Fungsi ini bertujuan untuk mengatasi benturan, kesalahan, penggadaan data (rangkap), kekosongan sehingga tidak ada waktu dan tenaga yang terbuang sia-sia.

  1. Reporting (Laporan)

Reporting adalah penyampaian laporan yang berkaitan dengan proses adminstratasi sebagai hasil akhir pengukuran. Bentuk laporan ada dua masam yaitu laoran lisan dan tulisan. Lisan di sampaikan dalam keadaan tidak berangka dan hanya perintah. Sedangkan tulisan berkaitan dengan angka, kesimpulan, dan hasil.

  1. Budgeting (Penyusunan Anggaran)

Budgeting adalah fungsi yang berkaitan dengan anggaran. Pengelolaan uang dilakukan dengan bijaksana agar tidak terjadi penyalahgunaan atau pemborosan anggaran. Perlu adanga pengkontrolan dalam fungsi budgeting.

  1. Staffing (Penempatan)

Staffing adalah fungsi administrasi yang berhubungan dengan sumberdaya manusia. Penempatan karyawan adalah hal yang penting. Karena kemampuan dan keahlian sesorang datat menentukan posisi dan pekerjaan.

  1. Directing (Pengarahan atau Bimbingan)

Directing adalah fungsi administrasi yang berkaitan dengan interaksi organisasi delam hubungan, perintah, saran, dan pengecekan. Bimbingan dilakukan olah manajer kepada karyawan untuk mengarahkan pekerjaannya.

Unsur-Unsur administrasi

Berikut ini adalah unsur-unsur administrasi antara lain:

  1. Organisasi

Organisasi adalah unsur administrasi dilakukan dalam bisnis dan kerjasama yang diwadahi dalam suatu organisasi. Orang-orangnya tergambung dalam suatu komunitas.

  1. Manajemen

Manajemen adalah alat utama pelaksanaan adminstrasi. Dalam menejemen terdapat 3 kelompok yaitu top manajemen, middle manajemen dan low manajemen. Dalam manajemen ada yang mengatur, penggerak, seorang manajer, dan oprasional dalam satu kesatuan.

  1. Komunikasi

Komunikasi adalah unsur administrasi yang mengatur komunikasi dua arah. Tanpa komunikasi maka adminstrasi tidak akan berjalan dengan baik. Sebisa mungkin harus menjalankan komunikasi dua arah agar terciptanya kerjasama yang diharapkan. Misalnya surat menyurat.

  1. Kepegawaian

Kepagawaian adalah unsur administrasi yang berhubungan dengan tenaga kerja atau karyawan. Dalam administrasi kepegawaian yaitu penerimaan, penempatan, dan pemberhentian.

  1. Keuangan

Keuangna adalah unsur administrasi yang berhubungan dengan keuangan. Pembiayaan dan kebijakan penggunaan uang kerjasama hingga tanggung jawab.

  1. Perbekalan

Pembekalan adalah pengedaan barang, penyimpanan dan penyingkiran barang yang tidak terpakai. Menentukan alat dan barang untuk bekerja itu sangat penting dan membuang/menyingkirkan alat yang tidak perlu.

  1. Tata usaha

Tata usaha adalah unsur administrasi yang berkaitan dengan pencatatan, penyimpanan dan pengiriman, misalnya surat menyurat.

  1. Public Relation

Public relation adalah unsur yang berhubungan dengan konsumen dengan perusahaan. Menjalin kerjasama yang baik dengan masyarak adalah bentuk customer relationship manajemen (CRM).

Ciri-Ciri Administrasi

Berikut ini adalah ciri-ciri administrasi antara lain:

  • Administrasi memiliki tujuan yang jelas
  • Terdiri dua atau lebih
  • Administrasi bekaitan dengan kerjasama
  • Adanya proses kerja dan usaha
  • Didalam administrasi terdapat kepemimpinan, bimbingan dan pengawasan atau pengendalian

Demikian penjelasan mengenai Fungsi, Unsur, Ciri, Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli. Semoga anda mendapatkan apa yang anda mau pada artikel ini. Kunjungi terus rumus.co.id banyak artikel menarik dan bermanfaat.