Pencemaran Udara

Posted on

Pencemaran Udara – Udara merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup, dari manusia, hewan hingga tumbuhan, sebab hampir seluruh makhluk hidup memerlukan Oksigen untuk bernafas.

Pencemaran Udara

Akan tetapi semakin ke sini, jelas udaranya tidak sebaik sebelumnya. Hal ini disebabkan karena adanya polusi udara. Memang, udara yang tidak sehat atau buruk akan berdampak negatif pada kehidupan.

Semakin banyak pencemaran udara yang terus-menerus terjadi membuat kita secara perlahan-lahan “dibunuh” tanpa kita ketahui. Namun sebenarnya apakah kalian sudah mengetahui apa itu Pencemaran Udara?

Jika kalian belum mengetahuinya, jangan khawatir ya sob! Sebab Rumus.co.id akan menjabarkan secara rinci untuk para pembaca setia. Yuk simak penjabarannya dibawah ini….

Definisi Pencemaran Udara

Pencemaran udara merupakan keadaan yang disebabkan oleh keberadaan zat fisik, kimia serta biologis di atmosfer dengan jumlah yang sangat banyak sehingga dapat membahayakan kesehatan serta kelangsungan hidup setiap makhluk hidup yang tinggal di bumi.

Polusi udara ini dapat disebabkan karena adanya sumber-sumber alami seperti gunung berapi atau kebakaran hutan, tidak hanya itu saja aktivitas manusia juga bisa menimbulkan polusi udara, seperti asap dari transportasi, asap industri dan masih banyak lagi.

Jenis – Jenis Air Pollution

Secara umum, perlu kalian ketahui bahwa Air Pollution ini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut :

1. Primary Air Pollution

Polusi udara primer adalah salah satu bentuk polusi udara yang berasal dari sumber utamanya yang dapat mengakibatkan terjadinya polusi udara. Misalnya seperti zat karbon monoksida.

2. Secondary Air Pollution

Polusi udara sekunder adalah suatu bentuk polusi udara yang berasal atau terbentuk dari adanya reaksi yang disebabkan oleh polusi primer dan juga atmosfer. Misalnya seperti penipisan lapisan ozon.

Baca Juga :
Penyebab Pencemaran Air
Bioma Adalah
Pencemaran Tanah

Penyebab Terjadinya Air Pollution

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa Air Pollution ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu sebagai berikut :

  1. Asap Kendaraan Bermotor

Asap kendaraan bermotor merupakan salah satu penyebab utama dari terjadinya Air Pollution. Contoh dari pencemaran lingkungan ini terjadi setiap hari bahkan tanpa disadari secara perlahan sudah membunuh makhluk hidup. Terutama di kota-kota besar yang banyak kendaraan bermotor.

Penggunaan begitu banyak mobil dan motor akan berdampak pada kandungan gas CO atau karbon monoksida yang dilepaskan dalam polutan udara. Tidak mengherankan bahwa asap otomotif berkontribusi pada penyebaran polusi udara.

  1. Pembangkit Listrik

Penyebab polusi udara yang lainnya yaitu asap pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar seperti batu bara, gas, dan minyak. Efek dari pembakaran ini menjadi penyebab dari terjadinya polusi udara yang mengandung gas beracun.

Penyebab polusi udara dalam bentuk gas seperti sulfur dioksida juga merupakan salah satu penyebab pemanasan global yang dihadapi Bumi saat ini.

  1. Abu Letusan Gunung Berapi

Polusi yang diakibatkan letusan gunung berapi adalah contoh polusi udara yang disebabkan oleh fenomena alam. Indonesia sendiri mempunyai beberapa wilayah vulkanik yang aktif.

Sehingga polusi udara bisa terjadi kapan saja jika meledak, seperti yang terjadi di dalam kasus Gunung Kelud, yang baru-baru ini aktif kembali. Namun, contoh polusi udara dengan faktor alam ini sangat kecil dibandingkan dengan penyebab polusi manusia.

  1. Asap Industri atau Pabrik

Contoh polusi udara berikutnya berasal dari asap industri atau pabrik. Penyebab polusi udara yang satu ini juga merupakan salah satu sumber polusi terbesar di dunia. Cerobong asap pabrik seringkali tidak memiliki filter sehingga dapat berdampak buruk bagi makhluk hidup.

Zat yang berasal dari proses industri ini adalah zat yang berbahaya seperti karbon monoksida, hidrokarbon dan senyawa lain yang dapat membahayakan kesehatan alam dan juga manusia. Tidak hanya polusi udara, limbah industri juga dapat menyebabkan polusi air dan tanah.

Dampak Dari Pencemaran Udara

Setiap peristiwa yang terjadi pasti memiliki dampak atau efek negatif bagi kehidupan. Demikian juga dengan polusi udara, peristiwa ini memberikan dampak yang sangat buruk untuk banyak hal. Berikut ini dampak-dampak dari Polusi Udara, yaitu :

1. Bagi Kesehatan

Efek negatif pertama yang disebabkan oleh adanya polusi udara yaitu kesehatan. Sebab, sebagian besar polusi udara ini diakibatkan oleh asap transportasi, yang ditimbulkan dari kualitas bahan bakar yang tidak baik atau pemeliharaan kendaraan yang buruk sehingga menyebabkan polusi.

2. Bagi Pertanian

Seperti yang telah disebutkan, bahwa polusi udara sangat mempengaruhi lingkungan, misalnya pada tanaman, yang salah satunya berdampak pada sektor pertanian.

Udara yang tercemar akan berpengaruh selama proses fotosintesis tanaman, yang berdampak pada petani yang menderita karena mengalami kegagalan panen sebab tumbuhan mempunyai masalah dengan perkembangan mereka.

3. Pemanasan Global

Anda pasti pernah mendengar tentang efek rumah kaca. Bahkan, istilah ini diartikan sebagai radiasi dari matahari, yang terperangkap di troposfer dan memicu pemanasan global.

4. Kerusakan Pada Lapisan Ozon

Bukan lagi rahasia umum jika bumi benar-benar mengalami peningkatan suhu di mana suhu bumi saat ini terasa semakin panas. Tidak hanya manusia saja yang terkena dampaknya, tetapi tumbuhan pun menderita kerusakan serius.

Hal ini juga memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap iklim, oleh sebab itu menghasilkan perubahan iklim yang tidak terduga.

F.A.Q

Air Pollution adalah?

Pencemaran udara merupakan keadaan yang disebabkan oleh keberadaan zat fisik, kimia serta biologis di atmosfer dengan jumlah yang sangat banyak sehingga dapat membahayakan kesehatan serta kelangsungan hidup setiap makhluk hidup yang tinggal di bumi.

Bagaimana mengurangi terjadinya Air Pollution?

1. Kurangi menggunakan kendaraan bermotor.
2. Tidak membakar sampah sembarangan.
3. Berhenti untuk menghisap rokok.
4. Menggunakan berbagai hal untuk sumber energi yang bersifat lebih ramah lingkungan.
5. Terapkan kebiasaan hemat energi listrik dengan menghemat sumber energi listrik.

Bahan – bahan yang dapat menyebabkan Air Pollution yaitu?

1. Karbon Monoksida (CO)
2. Oksigen Nitrogen (NO)
3. Oksida Sulfur
4. CFC

Sekian ulasan singkat mengenai Pencemaran Udara yang perlu kalian ketahui. Semoga pembahasan ini membantu yaaa.