Pencemaran Tanah

Posted on

Pencemaran Tanah – Tanah adalah kehidupan awal diri kita, Nah sobat sesuai dengan judul yang terdapat pada artikel kami, pembahasan yang akan kami bahas adalah ilmu Geografi yang meliputi tanah,

Mengapa pentingnya peranan tanah dalam kehidupan kita kita sehari-hari karena tanpa adanya tanah kita tidak dapat bertahan hidup di dunia ini, yang sesuai dengan keadaan rantai makanan berasal dari tanah.

Nah Sobat langsung saja kami akan menjelaskan tentang Pencemaran Tanah yang akan kami jelaskan dalam artikel kali ini :

Pengertian Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah – merupakan sumber yang utama adanya kebocoran dari limbah produksi pabrik di sebabkan dari limbah kimia, hal ini menyebabkan kerusakan pada lingkungan sehingga dapat mengubah lingkungan dan struktur di dalam tanah.

Umumnya dalam hal ini disebabkan terjadinya dari bahan-bahan kimia, karena adanya kebocoran tanah yang dimana limbah dan sampah, biasanya pabrik sangat rawan terjadi kebocoran.

Pengertian lain adalah keadaan lingkungan yang mengubah turunnya kualitas tanah dan menjadi tercemar karena daribahan kimia sehingga Jika ada faktor kerusakan yang di sebabkan dari zat kimia makan tanah sendiriakan rusak.

Baca Juga : Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang

Penyebab Pencemaran Tanah

Penyebab pencemaran tanah yang sering terjadi pada lingkungan faktor utamannya adalah disebabkan dari beberapa jenis diantaranya :

A. Limbah Cair

Limbah cair biasanya salah satu faktor terbesar terjdinya pencemaran tanah sehingga sehingga dapat menghasilakan lingkungan yang berbahaya karena limbah cair terus mengalir ditanah.

B. Limbah Padat

Limbah padat merupakan salah satu faktor dapat mencemari tanah karena hal yang demikian adalah jenis limbah yang banyak berasal disebabkan dari buangan industri, sehingga membentuk lumpur atau material kandungan dalam tanah.

C. Limbah Organik

Limbah organik biasanya limbah yang dapat diuraikan dalam tanah sehingga tidak berbahaya bagi lingkungan karena hal ini bersifat sampah yang di sebabkan dari daun atau tumbukan yang rontok.

D. Limbah Anorganik

Limbah anorganik adalah jenis limbah dalam penguraian oleh mikroorganisme dalam tanah Sehingga limbah ini di sebabkan dari beberapa sampah bekas botol minuman dan plastik hal ini membuat tanah akan tercemar.

E. Limbah Industri

Limbah industri adalah terdiri dari limbah yang bersifat cair atau padat sehingga hal ini berasal dari sektor dari mulai pabrik atau perusahaan dan sebagainya.

F. Limbah Pertanian

Limbah pertanian adalah jenis limbah dari sektor pertanian atau penggunaan pupuk pada pertanian karena hal ini memiliki pencemaran tanah di sekitar sawah.

G. Limbah Rumah Tangga

Limbah rumah tangga biasanya jenis limbah yang di sekitar kita yang dihasilkan dari rumah tangga, sehingga limbah ini disebabkan dari sampah dalam kehidupan sehari-hari rumah tangga dan dapat menyebabkan pencemaran tanah.

H. Bencana Alam

Bencana alam menjadi faktor yang sangat berbahaya karena bisa merusak lingkungan dalam pencemaran tanah seperti gempa bumi, tsunami, banjir, dan lain sebagainya karena struktur tanah akan berubah.

I. Kebakaran Hutan

Kebarakan hutan tidak hanya merusak pencemaran tanah tatapi bisa menyebabkan kerusakan lingkungan karena terdapat polusi yang sangat berbahaya untuk kehidupan.

Baca Juga : Bioma Adalah

Dampak Pencemaran Tanah

Adapun dampak yang sering terjadi ketika terjadinya pencemaran maka hal ini bisa merugikan banyak orang apa lagi di bidang pertanian, beberapa dampak negatif yang berbahaya pencemaran tanah yang ada di lingkungan sekitar di antaranya adalah :

A. Tanah Menjadi Tidak Subur

Dampak yang paling utama adalah akan terjadinya perubhan pada yang di akibatkan pencemaran tanah adalah menjadi tanah tidak subur hal ini mengakibatkan banyak orang yang di rugikan.

B. Menimbulkan Wabah Penyakit

Dampak ini akan banyak sekali hal yang negatif terutama pada kesehatan manusia sehingga pencemaran zat kimia mengakibatkan banyak penyakit yang di derita.

C. Banyak Tanaman Layu dan Mati

Dampak yang satu ini sudah pasti sangat merugikan pada lingkungan karena tumbuhan tidak akan subur di tanah sehingga tamanan yang awalnya tumbuh dengan subur akan mengalami layu bahkan akan mengakibatkan kematian pada tumbuhan.

D. Kerusakan Ekosistem

Dampak kerusakan ekosistem darat karena terjadinya kualitas tanah yang terganggu dan dapat merusak struktur tanah, dan akan mengakibatkan ekosistem di sekitar menjadi terganggu.

E. Menimbulkan Bau Tak Sedap

Dampak dari pencemaran ini akan menimbulkan bau tak sedap yang di sebabkan oleh adanya sampah sehingga limbah atau zat kimia dapat mencemari tanah tentunya akan mengganggu lingkungan hidup.

Contoh Pencemaran Tanah

Sejauh ini dari beberapa penjelasan di atas maka di sini terdapat juga contoh – contoh pencemaran tanah yang ada disekitar kita adalah sebagaiberikut :

Pencemaran-Tanah-1
  • Limbah buangan atau industri seperti logam timbal, merkuri, arsenik, nikel dan sebagainya.
  • Bio-polutan, berasal dari hasil ekskresi manusia dan hewan.
  • Polutan radioaktif, berasal dari aktifitas manusia seperti nitrogen, uranium, thorium dan sebagainya.
  • Limbah urban, berasal dari rumah tangga dan perkotaan seperti plastik, limbah domestik dan materi buangan lain.
  • Limbah pertanian dan perkebunan, misalnya seperti pestisida, pupuk kimia, zat kapur, kompos dan sebagainya.

Cara Mengatasi Pencemaran Tanah

Oleh karena itu dalam pencemaran yang cukup parah yang sering terjadi di lingkungan dan memiliki dampak dari pencemaran itu maka terdapat juga beberapa cara untuk mengatasi dan mengembalikan fungsi sebagaimana mertinya.

Remidiasi Tanah

Remidiasi adalah salah satu bentuk yang dilakukan untuk membersihkan tanah yang mengalami pencemaran yang di sebabkan dari limbah atau pun zat kimia lainnya yang telah diketahui adalah

Terdapat dua cara untuk mengatasi dalam pencemaran tanah, diantaranya adalah sebagai berikut :

Remidiasi in-situ

Remidiasi in-situ adalah salah satu cara membersihkan lahan dan kemudian dilakukan injeksi serta melakukan bioremidiasi. Cara ini lebih banyak digunakan oleh orang karena dari segi biayanya lebih murah dan jangka waktu pengerjaannya juga tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama.

Remidiasi ex-situ

Remidiasi ex-situ adalah salah satu cara menggali tanah yang tercemar dan kemudian tanah tersebut dipindahkan ke daerah lain untuk diamankan. Biasanya tanah yang tercemar ini akan masuk ke dalam tangki khusus dan nantinya akan dicampur dengan zat-zat yang mampu menghilangkan zat pencemar di dalamnya. Setelah tanahnya bersih, maka tanah tersebut bisa diletakkan lagi ke tempat sebelumnya.

Hal ini di sebabkan untuk memerlukan waktu yang cukup lama dan biaya nya juga pasti mahal dan harus melalui beberapa proses yang cukup rumit.

Nah itu lah sobat beberap apenjelasan dan referensi mengenai pencemaran tanah yang bisa kami sampaikan dalam artikel kami kali ini tentang ilmu Goegrafi, semoga bisa memberikan manfaat dan berguna untukkita semua. Terima Kasih

Baca Juga :