Pencemaran Air – Pengertian, Penyebab, Dampak dan Contoh

Posted on

Rumus.co.id – Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian pencemaran air, penyebab pencemaran air, dampak pencemaran air, dan contoh pencemaran air. Simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Pencemaan Air

Pengertian Pencemaran air adalah keadaan dimana kandungan zat asing yang masuk kedalam air dan bersifat merusak ekosistem di dalam air, zat tersebut di sebut juga polutan.

Air adalah kebutuhan utama makhluk hidup. Bukan hanya di dalam tubuh saja tetapi kebutuhan sehari-hari juga membutuhkan air. Fungsi air dalam kehidupan sehari-hari seperti minum, mandi, mencucu, bahkan irigasi.

Ironisnya air yang di konsumsi manusia adalah air yang bersih, tidak berwarna dan tidak berbau. Bayangkan jika sumber air sehari-hari sudah tercemar misalnya limbah pabrik. Air tersebut berbau dan berwarna yang aneh, sehingga tidak dapat di konsumsi. Akibatnya akan sulit mencari sumber air yang bersih.

Air yang sudah tercemar akan menimbulkan penyakit misalnya diare, gatal-gatal, pernafasan terganggu dan penyakit lainnya. Jika air limbah pabrik masuk ke dalam ketubuh kita maka tubuh akan mengalami reaksi yang tidak biasa. Dampak yang ringan adalah diare dan dampak yang paling besar adalah kangker karena limbah pabrik adalah bahan kimia.

Pencemaran air menimbulkan 1400 jiwa meningga setiap harinya seluruh dunia. Begitu banyak dalam setiap hari meninggal setiap harinya. Penyebab yang menimbulkan pencemaran banyak ada ulah manusia sendiri ada juga factor alam. Tetapi kebanyakan dalah ulah manusia sendiri yang tidak bias menjaga ekosistem alam.

Pencemaran Air – Pengertian, Penyebab, Dampak dan Contoh

Penyebab Pencemaran Air

Penyebab pencemaran air ada faktor alam dan ulah manusia sendiri, berikut ini adalah pencemaran air :

1.      Limbah Pabrik

Dalam pabrik tekstil atau produksi lainnya pasti adanya sisa pembuangan terakhir pada proses akhirnya itulah yang di sebut limbah. Limbah pabrik biasanya di tamping dalam wadah yang sangat besar yang di buat sendiri oleh perusahaan. Akan tetapi banyak pabrik yang mengalirinya ke sungai. Apa akibatnya? Ekosistem sungai akan tercemar, ikan-ikan akan mati akibat zat asing yang terkandung dalam air tersebut.

2.      Limbah Pertanian

Menggunakan limbah pertanian sebaiknya secara bijak dan sesuai kadarnya. Pestisida adalah zat kimia yang di gunakan untuk membunuh hama pada tanaman. Tetapi pestisida yang penggunaannya terlalu banyak kadar maka akan mencemarkan air dan ekosistem lainnya.

3.      Limbah Perumahan

Limbah perumahan tidak banyak perngaruh akan pencemaran air. Tetapi limbah pertanian akan sangat berbahaya jika sampah di buang ke sungai. Sisa-sisa makanan, perabotan yang tidak terpakai di buang kesungai akibatnya banyak penumpukan sampah yang dapat mengakibatkan pencemaran air. Lama kelamaan air akan berubah menjadi hitam akibat terlalu banyaknya sampah dan bias di pastikan makhluk hidup di air mati.

4.      Sampah

Masalah sampah adalah penyebab yang tidak akan berujung. Terlalu banyak sampah di sungai, bahkan sekarang bukan hanya di sungai laut pun banyak sampah. Sampah bukan hanya mengakibatkan pencemaran air dan membunuh ikan yang ada disana. Tetapi jika menghalangi irigasi yang di buat untuk mengaliri air ke sawah-sawah penduduk.

5.      Fenomena Alam

Selain penyebabnya manusia itu sendiri ada juga fenomena alam yang terjadi dan mengakibatkan Pencemaran air. Gunung Meletus yang menyemburkan larva akan mengalir ke sungai mengakibatkan ekosistem di dalam air tersebut akan mati.

Dampak Pencemaran Air

Banyak sekali dampak yang di sebabkan oleh pencemaran air, berikut ini di antaranya:

  1. Kehidupan ekosistem di dalam air akan mengalami kerusakan yang besar
  2. Tumbuhnya ganggang dan parasite jahat yang dapat memperkeruh keadaan air
  3. Pendangkalan sungai yang di akibatkan terlalu banyak sampah yang menumpuk
  4. Beresiko kanker dan cacat lahir bagi bayi jika mengkonsumsi air yang tercemar
  5. Penggunaan pestisida terlalu berlebihan akan mengakibatkan ikan dan makhluk lain mati
  6. Ketidakseimbangan rantai makanan, burung dan sepesies pemakan ikan akan sulit mencari makan
  7. Pencemaran air dapat mengakibatkan erosi
  8. Kurangnya sumber air bersih
  9. Salah satu penyebab terjadi tanah longsor
  10. Berbagai jenis penyakit akan timbul

Contoh Pencemaran air

Berikut ini gambar pencemaran air antara lain:

Pencemaran Air Sungai

Pencemaran Air sungai terlalu banyak sampah yang menumpuk, akibatnya warna air akan berubah menjadi coklat bahkan hitam. Mengeluarkan bau yang tidak enak serta menimbulkan banyak penyakit. Sifat manusia yang membuang sampah sembarangan terutama ke dalam sungai mengakibatkan kerusakan dan pencemaran air yang tidak kunjung usai.

Limbah Pabrik

Limbah pabrik yang di alirkan kesungai. Limbah ini sangat berbahaya sekali untuk kehidupan manusia di sekitar perairan sungai. Nantinya akan banyak penyakit yang di timbulkan misalnya diare, sesak nafas, gatal-gatal, penyakit kulit lainnya serta kanker.

Demikian pembahasan mengenai pengertian pencemaran air, penyebab pencemaran air, dampak pencemaran air, dan contoh pencemaran air. Kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik dan bermanfaat tentunya.