Penasaran Siapa Pemilik Suatu Website? Cek dengan Whois Domain

Posted on

Nah, bagi Anda para pecinta dunia IT terutama pemilik website tentunya tidak asing dengan domain bukan? Biasanya, domain berisikan berbagai macam informasi yang berkaitan kebutuhan pemilik situs berupa nama, alamat, nomor telepon, administratif dan lain sebagainya. nah, data tersebut juga dikenal sebagai Whois Domain. Lalu apa itu Whois?

Whois domain merupakan data berisikan informasi penting terkait domain yang dapat dilihat oleh siapapun. Tentu saja, sebagai seorang pemilik website dengan memiliki usaha tertentu, Anda tidak ingin data pribadi diketahui sembarang orang bukan?

Maka dari itu, Anda perlu membangun Whois Privacy sehingga website Anda aman dari serbuan orang yang tidak bertanggung jawab. Eh, tapi tahukah Anda sebenarnya apa itu Whois Domain dan bagaimana sistem kerjanya? Yuk Mari baca penjelasannya.

Apa Itu Whois Domain?

Sebenarnya, asal muasal kata Whois berasal dari dua kata yakni, ‘Who’ dan ‘Is’ atau juga lebih mengarah kepada sebuah pertanyaan yakni, ‘Who is the owner responsible for a domain name or IP Address?’ (siapa pemilik nama domain dan IP address ini?).

Jadi, Whois Domain merupakan proses layanan internet untuk meminta data ke database domain yang terekam mengenai informasi detail perihal domain. Nantinya, Whois Domain akan menampilkan data meliputi, email, telepon, nama server yang dipakai, pemilik domain, ip server dan lain sebagainya.

Penggunaan Whois Domain mengacu kepada layanan untuk mengetahui data dari sebuah domain tertentu. Informasi ini sangat berguna untuk mengetahui, apakah nama domain yang Anda pilih sudah dipakai atau belum.

Cara Kerja Mencari Informasi Website di Whois Domain

Setelah Anda mengetahui apa itu Whois Domain, maka saatnya Anda perlu memahami bagaimana sistem kerja dari Whois Domain? Perlu Anda ketahui, terdapat beberapa cara berbeda untuk memakai Whois. Salah satu cara yang dianggap sangat populer memakai aplikasi tatap muka berupa Command Line. 

Namun, cara tersebut sudah dianggap jadul lantaran sekarang sudah memakai tools berbasis web. Hal itu tak lain karena pemakaiannya cenderung lebih cepat dan simpel. Nahk, bagi Anda yang ingin tahu cara kerja Whois Domain berikut caranya.

1.Tools Whois Lookup di Website

Nah bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara melihat informasi Whois Domain, maka salah satu caranya dengan memakai ICANN dengan tools Whois Lookup. Pemakaian cara ini cenderung lebih mudah dalam pencarian data Whois.

 Hal pertama yang dapat Anda lakukan dengan berkunjung ke salah satu website yang mempunyai layanan tools Whois Lookup. Kemudian, Anda dapat enter nama domain yang diinginkan lalu klik Lookup.

 Contohnya beberapa website yang mempunyai tool layanan untuk pencarian whois ialah Niagahoster. Anda bisa memanfaatkan layanan whois search di Niagahoster untuk mencari DNS Lookup maupun nama domain.

2. Command Line

Bagi Anda yang memiliki komputer maupun laptop dengan sistem operasi Windows dapat memanfaatkan Command Line untuk melihat Whois Domain. Caranya, Anda dapat menggunakan Windows Command Prompt. Kemudian, ketik whois-v diikuti oleh nama domain, contohnya, whois-v contoh.com.

 Apabila Anda menggunakan OS Linux, Anda dapat memanfaatkan Linux Lookup Command. Kemudian, ketik whois kemudian menyambungnya dengan nama domain. Contohnya whois example.com. salah satu caranya juga berlaku untuk pemakaian MaxOS. Anda dapat membuka Whois query di Mac. Setelah itu, Anda dapat mengetik whois.contoh.com.

3.  Pencarian Whois IP

Anda dapat menemukan siapa yang mengendalikan sebuah IP Address. Cara yang dapat Anda lakukan dengan memakai tools berbasis browser untuk mendapatkan data kontak maupun lokasi geografi IP sang pemilik.

Apabila Anda berkeinginan untuk mencari IP. Anda hanya perlu ketik IP Address dalam kotak pencarian di IP Lookup. Apabila sang pemilik tidak memakai WhoisGuard, maka hasilnya akan tertampil.

Sudah Paham Apa itu Whois Domain dan Cara Kerjanya?

Setelah membaca beberapa penjelasan mengenai pengertian dan cara memakai Whois Domain, tentunya sekarang Anda sudah paham bukan? Nah, bagi Anda yang tidak ingin whois domain terdeteksi atau dipantau orang lain. Maka sebaiknya, Anda memanfaatkan whois protection.

Kenapa perlu whois protection? Tujuannya untuk mengatasi sekaligus menghindari pencurian data domain maupun spammer dari orang tidak bertanggung jawab. Anda tidak perlu cemas masalah perlindungan data domain website.Niagahoster memberikan solusi terbaik fasilitas Whois Domain dengan Whois Protection untuk melindungi informasi penting yang tidak ingin Anda tampilkan ke publik. Niagahoster menyediakan layanan tersebut untuk memudahkan Anda mencari informasi website serta dapat menjaga privasi dari pemilik website. Selamat mencoba!

Related posts: