Pembelahan Sel

Posted on

Hallo sobat kami dari rumus.co.id, Kali ini kami akan membahas artikel makalah tentang Pembelahan Sel – lengkap dengan pengertian, jenis, fase, objek, ciri ciri, struktur, tujuan, karakteristik dan contoh, supaya mudah di pahami.

Pembelahan Sel – merupakan salah satu proses yang terjadi pada tahapan yang tertentu sebagai mitosis yang menghasilkan dua anakan dalam jumlah kromosom yang sama dengan induknya sehingga pembelahan sel akan berbentuk eukariotik yang mengandung dua bibit diploid.

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Pengertian Sel

Pembelahan-Sel

Pembelahan sel adalah salah satu cara bagi sel untuk berkembang biak dengan proses yang reproduksi sel yang akan mengarah ke dua sel benih yang identik.

Dalam proses pembelahan ini juga dapat berkembang dalam pertumbuhan yang menghasilkan keturunan dari orang tua yang tunggal, sehingga proses pembelahan dapat terjadi dalam sel meristem somatik.

Dalam proses pertumbuhan yang membentuk tubuh makhluk hidup dengan perkembangan pada makhluk hidup yang terkait erat dengan proses pembelahan sel.

Tetapi hal ini dapat berfungsi pada makhluk hidup yang bersifat multiseluler dengan unit struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya.

Baca Juga: Keseimbangan Ekosistem

Jenis Jenis Pembelahan Sel

Dari pengertian diatas maka kami juga akan memaberikan beberapa jenis yang terdapat dalam pembelahan sel adalah.

  • Jaringan tubuh yang rusak atau aus
  • Pertumbuhan proliferasi sel dengan kuantitas dan kualitas semakin meningkat
  • Membentuk jaringan dalam pembagian sifat kromosom sesuai dengan sifat dan keturunannya
  • sel memiliki jumlah kromosom yang sama dengan induknya
  • Organisme dapat terjadi pada usia muda dengan pembelahan miosis hanya pada usia dewasa.
  • Tahapan interphase dalam sel-sel tubuh yang berlangsung secara bertahap.

Baca Juga: Perubahan Wujud Zat

5 Fase Dalam Pembelahan Sel

Fase-atau-Tahapan-Pembelahan-Sel

Dari pembahasan di atas maka kami juga akan memberikan sel sederhana dibagi menjadi lima tahap dalam diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Profase

Profase adalah sebuah fase ini dalam serabut kromatin yang berkumpul lebih dekat dengan sel kromosom yang dianggap sebagai dua kromatil yang sama dan akan dihubungkan oleh sentromer sepanjang lengan.

Spindle Profase mulai terbentuk dari centrosom dan mikrotubulus yang memanjang dari centrosom yang bergerak menjauh satu sama lain dengan mikrotubulus yang memanjang.

2. Prometafase

Prometafase adalah sebuah fase dalam pembetukan sel, dengan kandungan kromatil dengan beberapa hal yang terjadi pada fase prometa diantaranya adalah sebgai berikut.

  1. Pembentukan inti terfragmentasi
  2. Pembetukan mikrotubulus dari setiap centrosome yang dapat memasuki wilayah inti.
  3. Kromosom akan mudah terkondensasi
  4. Masing-masing kromatid memiliki kinetokor dan struktur protein yang khusus
  5. Beberapa mikrotubulus akan melekat pada kinetokor dan akan menarik kromosom
  6. Mikrotubulus non-kinetokor dari arah yang berlawanan dalam poros.

3. Matafase

Metafase adalah sebuah tahap dari mitosis dan membutuhkan waktu sekitar 20 menit sehinga fase ini akan membentuk kromosom bergerak ke ekuator lempeng metafase.

Dalam hal ini fase akan menghilang sepenuhnya dengan benang spindel untik mencapai sentromer kromosom.

4. Anafase

Anafase adalah tahap mitosis yang terpendek dan hanya berlangsung beberapa menit sehingga tahap anafase ini akan membentuk kromatid dalam kandungan terpisah dari sentromer.

Maka setiap kromosom dapat ditarik ke dalam benang mitosis, atau benang yang sering disebut sebagai serat kinetokor unutk pembentukan sel yang akan memanjang ketika mikrotubulus non-kinokochorik berkembang dan memiliki ini kromosom yang sama.

5. Telofase

Telofase adalah sebuah sel dengan fase dari bibit yang terbentuk di dalam sel, kromosom yang sering ditandai dengan dimulainya sitokinesis sebagai pembentukan dalam menjadi dua bagian.

Baca Juga: Sintesis Protein

Tujuan Pembelahan Sel

Tujuan dari pembetukan sel adalah sebagai Sel yang dapat menentukan fungsi dan bentuk organ dalam jaringan yang menyusunnya pada sekelompokan sel, dengan struktur dan fungsinya,

Berikut tujuan dari pembelahan sel adalah.

  • Regenerasi sel yang rusak dan mati
  • Pertumbuhan dan perkembangan
  • Breed (reproduksi)
  • Variasi individual baru

Baca Juga: Ruang Lingkup Biologi

Fungsi Pembelahan Sel

Dalam sebuah bidang ilmu biologi adalah komponen terkecil yang dapat membentuk tubuh makhluk hidup dengan kandungan organisme yang akan melakukan pembelahan.

Berikut beberapa fungsi dari pembelahan sel adalah.

  • Untuk organisme uniseluler yang melakukan pembelahan sel agar dapat berkembang biak
  • Beberapa organisme sel tubuh dapat membelah untuk memperbanyak sel, sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Selain itu juga ada beberapa fungsi lain dari proses yang akan di lakukan dengan tujuan khususnya dalam organisme diantaranya.

  • Pembentukan regenerasi sel yang mati
  • Proses pertumbuhan
  • Breed reproduksi
  • Variasi dari proses individual yang baru

Demikian pembahasn dari kami tentang pembelahan sel dan tahapan-tahapan lengkap dengan perngertiannya, semoga apa yang sudah kami sampaikan diatas daoat berguna dan beramanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pendekatan Saintifik