Pembelahan Mitosis

Posted on

Hallo sobat bertemu lagi dengan kami rumus.co.id akan membahas artikel tentang Pembelahan Mitosis – lengkap dengan pengertian, contoh, ciri – ciri, tahapan, jenis, fakta dan fungsinya supaya mudah di pahami.

Pembelahan Mitosis – merupakan salah satu metode dalam perkembang biakan tanaman dengan pembentukan dari kromoson yang akan di bentuk dengan dari lapisan sel yang memiliki struktur pada tanaman sebgai kelompok yang akan menghasilkan benan sari pada tanaman, untuk lebih jelasnya langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Pengertian Mitosis

Pembelahan-Mitosis-1

Mitosis adalah salah satu pembelahan sel yang terjadi pada organisme eukariotik pada jaringan somatik sehingga dalam pembelahan mitosis akan membelah menjadi 1 dan dua sel yang identik.

Maka dalam pembelahan mitosis terdiri dari pembelahan inti dan pada sitoplasma dengan sekelompokan sel yang akan membelah dari satu atau lebih sel yang memiliki kandungan inti dan akan di lakukan pembelahan sitoplasma.

Mitosis akan terjadi dengan proses pembelahan dengan pertumbuhan (meristem) yang terdapat pada ujung akar atau pucuk tanaman yang akan berlangsung dalam empat fase pada sel tumbuhan dan hewan.

Mitosis dapat mengarah pada pertumbuhan dan perkembangan jaringan dan organ makhluk hidup dengan pembelahan mitosis untuk mewariskan semua sifat dengan fase-fase dalam divisi mitosis.

Baca Juga: Fungsi Xilem

Tahap Tahap Pembelahan Mitosis

Tahap-Tahap dari pembelahan mitosis terdiri dari profase, metafase, anafase, telofase dan interphase diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Profase

Prophase adalah tahap pertama dalam pembagian kromosom yang mulai dengan memendek dan menebal disetiap pasangan berpasangan (2n), yang terdiri dari dua fase dalam membran.

Profase tahap awal centrosome dengan replika centriol dan dua centrosom yang terbentuk secara berlawanan dari nukleus dan akan membentuk benang spindel seperti bola sepak.

Mikrotubulus akan menyebar dalam sel hewan, yang kemudian membentuk bunga aster pada saat kromosom yang terbentuk pada interfase dan akan bergabung dengan sentromer.

Ciri-Ciri Tahap Profase

  • Benang kromonem akan menjadi lebih pendek dan lebih tebal dan membentuk kromosom homolog yang akan menghasilkan kromosom 2
  • Pembentukan inti sel dan membran inti menghilang
  • Sentriol akan bergerak ke arah yang berlawanan
  • Setiap sentriol akan menuju ke benang spindel

2. Metafase

Metafase adalah sebuah membentukan kromosom dalam bidang ekuatorial di tengah sel yang akan berkembang biak sendiri sehingga masing-masing kromosom akan menjadai dua kromatid.

Dalam hal ini sel memiliki kromosom 4n dan masing-masing kinetokor akan terhubung ke centrosome oleh serat kinetokor untuk membentuk lempeng metafase.

Ciri-Ciri Tahap Metafase

  • Setiap kromosom akan terdapat kandungan duplikatnya diselaraskan dalam level metafase yang sederhana.

Baca Juga: Tumbuhan Yang Hampir Punah

3. Anafase

Anafase adalah sebuah kromosom yang membelah menjadi dua bagian yang sama dan masing-masing dapat bergerak ke arah sel yang berlawanan, sehingga kromosom akan pindah ke satu kromosom 2n.

Makan setiap kromatidakan terpisah dari sentromer dan setiap kromosom membentuk sentromer yang akan ditarik sesuai dengan benang kinetokor.

Ciri-Ciri Tahap Anafase

  • Setiap kromosom terpisah dari daratannya ke arah yang melawan dengan gerakan kontraksi traksi benang gelendong

4. Telofase

Telofase adalah sebuah kromosom dari masing-masing nukleus dan kemudian akan terbentuk di sekitar kelompok kromosom dengan pemisah untuk masing-masing dari dua sel inti yang baru terbentuk.

Kemudian selaput sel terbentuk dengan memisahkan dua sel anak yang akan diselesaikan melalui proses mitosis dari satu sel ke dua sel anak dan memiliki 2n kromosom.

Ketika kromosom dapat mencapai hasil dari kromosom yang tidak teratur dan akan diwarnai dengan pewarna histologis.

Baca Juga:  Ciri Ciri Khusus Tumbuhan

Ciri-Ciri Tahap Telofase

  • Kromosom ganda yang saling berpapasan
  • Mulailah melihat pembentukan nuklir dan nukleolus
  • Penghalang dari pemisahan dengan terbentuk di tengah sel
  • Pembentukan dua sel anak

Dalam hal ini juga benang spindel tidak terlihat dengan karakteristik dari interfase yang terlihat selama fase terakhir pembelahan mitosis, kurva pada sel yang muncul dengan membagi sel induk menjadi dua sel anak.

Fakta Menarik Pembelahan Mitosis

Sungguh menakjubkan Pembelahan Mitosis dapat berkembang biak seperti pembelahan mitosis yang akan terjadi dengan proses pembelahan sel menghabiskan 90% untuk membuat pembelahan yang sebenarnya.

Itulah materi yang dapat kami sampaikan mengenai pembelahan mitosis, lengkap dengan pengertiannya, semoga apa yanmg sudah kami bahas di atas dapat berguna dan berguna, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Klasifikasi Makhluk Hidup