Pasar Uang

Posted on

Pasar Uang – Kegiatan ekonomi di suatu negara tentunya akan terus mengiringi kehidupan dari masyarakat yang tinggal di negara tersebut. Perkembangan ekonomi yang semakin pesatlah, yang menyebabkan terdapat banyak sekali kegiatan ekonomi.

Dan salah satunya yang akan Rumus.co.id jabarkan pada kesempatan kali ini, yaitu Pasar Uang. Untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai pembahasan kali ini, yuk simak.

Pasar Uang

Definisi Pasar Uang

Money Market merupakan salah satu jenis pasar yang berfungsi sebagai tempat berkumpulnya para pemiliki modal (Funder) dengan mereka yang membutuhkan modal (Consumer).

Pertemuan tersebut dapat diadakan secara langsung ataupun tidak langsung (dimediasi) atau dalam aplikasi permintaan dan penawaran untuk sejumlah dana jangka pendek atau surat berharga.

Money Market termasuk kedalam bentuk pasar abstrak, yaitu sebuah pasar yang melakukan kegiatan bisnis untuk suatu barang tetapi barangnya tidak ada di dalam pasar itu.

Tetapi terdapat item sampel dalam bentuk dokumen sampel, brosur jumlah terbatas dan masih banyak lagi. Karena itu, kita tidak akan menemukan penjual di pasar ini yang menawarkan uang “fisik” seperti yang kita lakukan di pasar lainnya.

Baca Juga : Pasar Modal – Pengertian, Fungsi, Manfaat, Peran dan Instrumen

Karakteristik Dari Money Market

Sebagaimana yang sudah didefinisikan di atas, bahwa pasar uang ini mempunyai beberapa karakteristik yang dapat membedakannya dari bentuk pasar lain.

Dibawah ini terdapat beberapa ciri-ciri dari Money Market, yaitu sebagai berikut :

  • Kegiatan transaksi jual-beli tidak terikat dengan tempat-tempat tertentu.
  • Lebih menekankan untuk memenuhi dana dalam waktu yang singkat.
  • Proses pasar uang lebih menekankan terhadap pertemuan yang terjadi antara pemilik modal dengan mereka yang membutuhkan modal.

Tujuan Dari Money Market

Selain ciri-ciri, yang dapat membedakan Pasar Uang dengan jenis pasar lainnya adalah dari tujuannya, yaitu sebagai berikut :

Bagi Pihak Yang Membutuhkan Modal

  • Bertujuan agar semua kebutuhan jangka pendek dapat terpenuhi.
  • Sedang mengalami masalah kehilangan Keliring.
  • Untuk menutupi kebutuhan likuiditas.
  • Bertujuan untuk menutupi kebutuhan modal kerja.

Bagi Pihak Yang Menyalurkan Modal

  • Untuk membantu pihak-pihak yang membutuhkan modal untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan.
  • Spekulasi.
  • Agar menghasilkan pendapatan dengan suku bunga tertentu.

Fungsi atau Tugas Dari Adanya Money Market

Dibawah ini terdapat beberapa fungsi dari Pasar Uang yang perlu kalian ketahui, terutama bagi para peserta Pasar Uang, yaitu diantaranya adalah :

  • Sebagai perantara dalam kegiatan negosiasi berbagai efek sekuritas jangka pendek.
  • Berfungsi sebagai cadangan dana dari sekuritas jangka pendek.
  • Menjadi sumber keuangan bagi perusahaan yang memerlukan investasi.
  • Sebagai perantara bagi para investor yang datang dari luar negeri tentang pinjaman jangka pendek kepada perusahaan yang berbasis di dalam negara tersebut.
  • Berfungsi sebagai tempat berkumpulnya para pemiliki modal (Funder) dengan mereka yang membutuhkan modal (Consumer).

Baca Juga : Pasar Monopsoni

Instrumen Pasar Uang

Dibawah ini terdapat beberapa sekuritas yang biasanya diperdagangkan di dalam pasar uang, diantaranya adalah :

1. Interbank Call Money

Call Money adalah sebuah pinjaman atau kredit yang harus dilunasi atau dibayar sesegera mungkin ketika faktur atau panggilan sudah diterima dari pemberi pinjaman (Kreditor).

Jangka waktu kredit yang diberikan maksimal hingga 7 hari. Call Money dapat diberikan dalam bentuk one day call money dimana harus segera dilunasi dalam jangka waktu 1 hari.

Atau dapat juga diberikan dalam bentuk two day call money dimana harus segara dilunasi dalam jangka waktu 2 hari.

2. Promissory Notes

Promissory Notes merupakan sebuah pernyataan yang berisikan tentang kemampuan seseorang atau perusahaan untuk menyelesaikan transaksi utang dalam waktu yang singkat, hal ini terjadi antara debitur dan kreditor.

3. Sertifikat Deposito

Deposit adalah sebuah surat berharga bank atas simpanan nasabah dengan jangka waktu tertentu dengan tingkat suku tertentu. Periode yang ditentukan berdasarkan dengan keinginan bank dan pencairan sertifikat tersebut dapat dibayarkan setelah tanggal jatuh tempo.

4. SBI (Surat Bank Indonesia)

SBI pertamakali dikeluarkan oleh Bank Indonesiapada tahun 1970 dan hanya diperdagangkan antar bank saja. Akan tetapi, kebijakan ini tidak berjalan lama.

Sebab, pada tahun 1971 pemrintah sudah mengumumkan kembali sebuah kebijakan yang memberikan izin kepada bank-bank umum untuk mengeluarkan sertifkat deposito.

5. SBPU

Surat Berharga Pasar Uang adalah sebuah sekuritas yang pertama kali diperkenalkan oleh Bank Indonesia pada tahun 1985 dan berfungsi sebagai alat yang dapat membantu menyetabilkan nilai rupiah.

Bank atau lembaga keuangan lainnya yang ingin mendapatkan dana jangka pendek, maka dapat mengeluarkan SPBU yang kemudian akan diperjual belikan dengan diskon oleh Bank Indonesia atau lembaga keuangan lainnya.

6. Banker’s Acceptance

Banker Scceptance merupakan sebuah instrumen pasar uang yang digunakan dalam kegiatan ekspor dan juga impor barang dan jasa ataupun digunakan terhadap transaksi valas (valuta asing).

7. Treasury Bills

Treasury Bills merupakan sebuah surat hutang yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam suatu negara dengan jangka waktu maksimal selama satu tahun.

Penerbitan treasury bills yang dilakukan oleh Bank sentral ini biasanya atas unjuk dengan nominal tertentu pula. Keuntungan yang diperoleh dari Treasury Bills untuk pembeli faktor fidusia akan dibayarkan kembali jika sudah dikeluarkan oleh bank-bank pemerintah.

8. Commercial Paper

Commercial Paper merupakan sebuah instrumen hutang yang diterbitkan oleh perusahaan yang ditujukan kepada para investor tanpa jaminan dan digunakan untuk membayar semua kewajiban jangka pendek.

Sebagai contoh dari Commercia Paper adalah sebuah promes yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan lembaga keuangan, misalnya seperti perbankan.

Baca Juga : Peran Pelaku Ekonomi

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Pasar Uang?

Money Market merupakan salah satu jenis pasar yang berfungsi sebagai tempat berkumpulnya para pemiliki modal (Funder) dengan mereka yang membutuhkan modal (Consumer).

Siapa saja para pelaku dari Pasar Uang?

1. Bank
2. Kantor Yayasan
3. Dana pensiun
4. Komunitas individu
5. Perusahaan asuransi
6. Lembaga pemerintahan
7. Lembaga keuangan lainnya
8. Perusahaan – perusahaan besar

Contoh transaksi dari Pasar Uang?

1. Pasar Uang Antar Bank
2. Sertifikat Bank Indonesia (SBI)
3. Sertifikat Deposito
4. Bursa Valuta Asing
5. SBPU (Surat Berharga Pasar Uang)

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.

Related posts: