Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Posted on

Pasar Persaingan Tidak Sempurna – Pasar adalah sebuah tempat yang umumnya digunakan sebagai kegiatan ekonomi seperti transaksi jual beli yang melibatkan antara pedagang dan juga pembeli.

Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Kegiatan transaksi tersebut umumnya dapat terjadi apabila adanya negosiasi serta kesepakatan yang dirasa akan menguntungkan kedua belah pihak yang ikut terlibat dalam kegiatan transaksi tersebut.

Secara umum pasar dibedakan menjadi 2 bentuk yaitu Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar Persaingan Tidak Sempurna. Namun, yang kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu Pasar Persaingan Tidak Sempurna beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya.

Definisi Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna merupakan salah satu bentuk pasar yang mana didalamnya hanya terdapat satu atau beberapa pedagang saja yang menguasai harga dan juga pasar, sedangkan pembelinya sangat banyak.

Dengan kata lain Imperfect Competition Market adalah salah satu bentuk pasar yang tidak terorganisir dengan maksimal. Oleh karena itu, market ini dikatakan tidak sempurna karena terdapat kekurangan yang bisa menimbulkan ketidakadilan di dalam pasar tersebut.

Karakteristik Dari Imperfect Competition Market

Agar memudahkan kalian untuk membedakan mana pasar sempurna dan juga mana pasar tidak sempurna, hal ini harus diketahui dari karakteristiknya. Dibawah ini merupakan ciri-ciri dari pasar tidak sempurna, diantaranya adalah :

  • Memiliki jumlah pedagang yang sangat sedikit, akan tetapi terdapat banyak pembeli.
  • Para pedagang memiliki hak dalam menentukan harga dari barang dagangannya.
  • Apabila ada pedagang baru yang masuk kedalam pasar tersebut, maka akan sulit untuk bersaing dengan pedagang yang lainnya.
  • Barang yang diperjualbelikan merupakan produk-produk yang dibuat secara khusus sehingga susah untuk mencari penggantinya.
  • Produk yang diperjualbelikan didalam Imperfect Competition Market umumnya bersifat homogen.

Baca Juga :
Pasar Monopolistik – Pengertian, Contoh dan Ciri Ciri
Pasar Monopoli – Pengertian, Contoh, Ciri Ciri dan Karakteristik
Perbedaan Ekonomi Makro Dan Mikro

Jenis – Jenis Dari Imperfect Competition Market

Secara umum, didalam Imperfect Competition Market memiliki lima jenis pasar Berikut ini merupakan penjabaran dari kelima jenis pasar tersebut, yaitu diantaranya adalah :

1. Monopoly Market

Pasar monopoli adalah sebuah kondisi atau keadaan yang terjadi didalam pasar, yang mana pasar tersebut hanya memiliki satu pedagang saja, sehingga pedagang tersebutlah yang berkuasa serta menjadi penentu dari harga barang dijualnya.

Karakteristik Pasar Monopoli, yaitu :

  1. Hanya memiliki satu pedagang yang berkuasa didalam industri atau pasar.
  2. Hanya terdapat satu jenis barang saja, sehingga barang tersebut tidak ada penggantinya.
  3. Para pedagang baru akan sangat sulit untuk memasuki wilayah pasar.
  4. Pedaganglah yang bertugas sebagai penentu dari harga barang yang mereka jual.
  5. Pedagang tidak memerlukan kegiatan promosi terhadap barang dagangannya.

2. Oligopoly Market

Pasar oligopoli merupakan salah satu jenis pasar yang mana didalamnya hanya terdapat beberapa penjual atau produsen saja yang memiliki saham atau menjadi panguasa terbesar dari pasar tersebut.

Terdapat dua faktor penting yang mempengaruhi terbentuknya pasar oligopoli yaitu efisiensi skala besar serta komplektisitas manajemen. Sebagai contoh dari Oligopoly Market adalah industri motor, industri rokok industri air mineral, dan masih banyak lagi.

Karakteristik dari Pasar Oligopoli, yaitu :

  • Menciptakan dua macam produk yang bersifat homogen dan juga heterogen.
  • Sangat memerlukan kegiatan promosi terhadap barang yang diperjualbelikan.
  • Jumlah keberadaan dari produsen sangat sedikit.
  • Persaingan yang ada didalam pasar tidak hanya tentang harga, akan tetapi pelayanan, iklan dan juga promosi bisa menjadi persaingan.
  • Bagi para pihak baru akan sangat sulit untuk memasuki kawasan pasar.
  • Harga yang sudah ditentukan umumnya tidak mudah untuk di rubah atau bisa dibilang sangat stabil.

3. Pasar Monopolistik

Pasar monopolistik merupakan salah satu bentuk pasar yang muncul hanya pada saat banyak produsen di pasar saja. Terdapat perbedaan antara barang yang diproduksi oleh produsen, baik itu dari segi merek, kemasan atau yang lainnya.

Monopolistic Market sering dikatakan cenderung sama dengan jenis pasar persaingan sempurna, hanya saja yang membedakannya adalah produk yang diperjualbelikan sifatnya heterogen. 

Karakteristik dari Pasar Monopolistik, yaitu :

  1. Terdapat jumlah pedagang atau produsen yang cukup banyak.
  2. Produk yang diperjualbelikan sifatnya heterogen. 
  3. Kegiatan iklan atau mempromosikan barang sangat aktif dilakukan.
  4. Para produsen sangat mudah untuk keluar masuk pasar dengan bebas atau tidak ada syarat.
  5. Keberadaan dari para produsen dapat mempengaruhi harga didalam pasar.

4. Monopsony Market

Pasar monopsoni merupakan sebuah kondisi atau keadaan dari suatu pasar yang mana didalamnya terdapat banyak sekali penjual, namun hanya terdapat satu pembeli saja.

Didalam pasar ini konsumenlah yang menjadi penguasa tertinggi, sehingga pembeli akan merasa lebih diuntungkan. Harga barang yang diperjualbelikan harus sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumennya (pembeli).

Walaupun begitu, para pedagang sebisa mungkin tetap berusaha agar mendapatkan keuntung yang besar. 

Karakteristik dari Pasar Monopsoni, yaitu :

  • Konsumen dijadikan sebagai pihak sentral yang berkuasa dalam menentukan harga.
  • Barang yang diperjualbelikan hanya terfokus terhadap pada bahan mentah.
  • Hanya mempunyai satu konsumen atau pembeli saja.

5. Oligopsony Market

Pasar oligopsoni merupakan salah satu jenis pasar yang mana didalamnya terdapat jumlah dari pedagang lebih banyak dari pada jumlah konsumennya.

Meskipun begitu, harga dari barang atau jasa yang diperjualbelikan didalam pasar oligopsoni ini cenderung lebih stabil. Harga dari produk yang diperdagangkan di pasar oligopsi tersebut ditentukan oleh para pembeli (konsumen).

Karakteristik dari Pasar Oligopsoni, yaitu :

  1. Hanya terdapat beberapa konsumen di dalam pasar oligopsoni.
  2. Harga dari barang yang diperjualbelikan didalam pasar cenderung lebih stabil dan tidak fluktuatif.
  3. Produk atau barang yang dijual merupakan bahan setengah jadi.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Pasar Persaingan Tidak Sempurna?

Pasar persaingan tidak sempurna merupakan salah satu bentuk pasar yang mana didalamnya hanya terdapat satu atau beberapa pedagang saja yang menguasai harga dan juga pasar, sedangkan pembelinya sangat banyak.

Ciri utama yang membedakan Imperfect Competition Market adalah?

1. Umumnya memiliki jumlah pedagang yang sangat sedikit, akan tetapi terdapat banyak pembeli.
2. Para pedagang memiliki hak dalam menentukan harga dari barang dagangannya.

Contoh dari Pasar Monopoli adalah?

1. PLN (Perusahaan Listrik Negara).
2. PT. Telkom Indonesia.
3. Industri Minyak Bumi dan juga Gas.

Demikianlah pembahasan dari ulasan kali ini, semoga membantu dan bermanfaat bagi para pembaca setia Rumus.co.id.

Related posts: