Pasar Persaingan Sempurna

Posted on

Pasar Persaingan Sempurna – Secara umum pasar sering diartikan sebagai sebuah tempat untuk bertemunya antara pedagang dan konsumen guna melaksanakan interaksi sosial yaitu transaksi jual beli produk, baik itu berupa barang ataupun jasa.

Pasar Persaingan Sempurna

Sedangkan, untuk jenis-jenis pasar dapat dikategorikan menjadi dua jenis, dan salah satunya yang akan kita bahasa di kesempatan kali ini yaitu Pasar Persaingan Sempurna.

Berikut ini penjelasan dari Perfect Competition Market beserta dengan hal-hal yang terdapat didalamnya.

Definisi Pasar Persaingan Sempurna

Pasar Persaingan Sempurna merupakan salah satu bentuk pasar yang mana jumlah dari pedagang dan konsumennya sangat banyak serta terdapat berbagai macam produk yang dijual didalamnya, akan tetapi terdapat produk yang cenderung sama.

Ciri utama yang terdapat didalam Perfect Competition Market pedagang dan konsumen tidak bisa mempengaruhi harga, sehingga harga produk yang diperjualbelikan di pasar benar-benar hasil dari kesepakatan bersama.

Contoh dari barang-barang yang dijual didalam Pasar Persaingan Sempurna ini biasanya berupa beras, batu bara, kentang, gandum dan masih banyak lagi. 

Karakteristik Dari Perfect Competition Market

Untuk dapat membedakan antara Pasar Persaingan Sempurna dengan bentuk Pasar Persaingan Tidak Sempurna maka kalian perlu memperhatikan terlebih dahulu ciri-cirinya, yaitu sebagai berikut :

  • Didalamnya terdapat pedagang dan juga konsumen yang banyak.
  • Para pedagang memiliki kebebasan untuk membuka ataupun menutup perusahaannya.
  • Umumnya barang yang diperjualbelikan didalam pasar Sempurna bersifat homogen.
  • Antara pedagang dan konsumen sama-sama memiliki pengetahuan yang luas mengenai pasar.
  • Tidak adanya kesulitan apabila sumber daya yang menjadi faktor produksi ingin dipindahkan dari tempat satu ke tempat yang lainnya. 

Baca Juga :
Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Faktor Penghambat Perdagangan Internasional
Pasar Uang

Jenis – Jenis dari Perfect Competition Market

Dibawah ini terdapat beberapa macam bentuk dari Perfect Competition Market yang perlu kalian ketahui, yaitu sebagai berikut :

1. Rice Market

Beras merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi seluruh masyarakat didunia ini, khususnya di Indonesia. Pasar beras merupakan salah satu contoh dari Perfect Competition Market yang didalamnya terdapat banyak pedagang dan juga konsumen.

Secara umum, baik itu pedagang ataupun konsumen yang terdapat didalam pasar ini tidak bisa mempengaruhi harga yang sudah ditetapkan sebelumnya. Walaupun terdapat perbedaan kualitas terhadap produk yang dijual, tetapi pasar ini tetap dikatakan sebagai pasar homogen.

2. Vegetable Market

Pasar sayur merupakan salah satu Perfect Competition Market sebab didalamnya terdapat pedagang sayur yang jumlahnya sama dengan konsumennya. Vegetable Market mempunyai harga pasarnya sendiri, yang mana tidak dapat dipengaruhi oleh pedagang atau konsumen.

Sebab, harga dari sayuran yang diperjualbelikan dalam pasar ini umumnya sudah ditentukan oleh interaksi antara jumlah penawaran dengan permintaan pasar. Barang-barang yang dijual dalam pasar ini bersifat homogen, yaitu hanya berupa sayur-sayuran.

3. Fruit Market

Jumlah dari pedagang dan konsumen yang ada didalam pasar buah memiliki jumlah yang sangat banyak dan dapat kita jumpai di mana-mana. Harga dari buah-buahan yang diperjualbelikan dipasar sudah ditentukan oleh mekanisme pasar melalui kurva permintaan dan juga penawaran.

Akan tetapi, mekanisme dan juga struktur terhadap pasar buah sudah hampir mendekati Perfect Competition Market.

4. Wheat Market

Gandum merupakan salah satu bentuk dari kebutuhan pokok dari masyarakat didunia ini. Gandum bisa dijadikan tepung sebagai bahan untuk membuat roti, kue, biskuit, dan jenis makanan lainnya.

Oleh sebab itu, sudah tidak heran lagi jika gandum menjadi salah satu bahan pokok di berbagai negara. Secara umum, didalam pasar gandum terdapat jumlah antara pedagang dan pembeli memiliki jumlah yang sama banyak.

Harga yang terdapat didalam pasar gandum pun sudah ditentukan melalui mekanisme serta kurva permintaan dan juga penawaran yang terdapat di pasar.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Pasar Persaingan Sempurna?

Pasar Persaingan Sempurna merupakan salah satu bentuk pasar yang mana jumlah dari pedagang dan konsumennya sangat banyak serta terdapat berbagai macam produk yang dijual didalamnya.

Mengapa Pasar Modal termasuk kedalam Perfect Competition Market?

Pasar modal merupakan salah satu bentuk pasar yang bergerak secara teroganisir, di mana didalamnya terdapat berbagai macam kegiatan perdagangan surat penting seperti saham dan lainnya. Oleh sebab itu, Pasar Modal termasuk kedalam jenis pasar Persaingan Sempurna.

Apa kelebihan dari Pasar Persaingan Sempurna?

1. Setiap pedagang atau pembeli tidak memiliki kekuasaan di dalam pasar.
2. Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan kegiatan promosi produk sangat sedikit.
3. Informasi mengenai pasar sudah diketahui dengan jelas.

Sekian informasi yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini, semoga menjadi wawasan baru untuk kita semua.