Pasar Monopoli – Pengertian, Contoh, Ciri Ciri dan Karakteristik

Posted on

Pasar monopoli adalah ? Sebelum masuk kedalam pembahasan, materi yang akan dibahas yaitu pengertian, contoh, ciri ciri dan karakteristik pasar monopoli yang akan dijelaskan dibawah ini secara lengkap. Simak penjelasannya gaes!

Pengertian Pasar Monopoli

Pasar Monopoli berasal dari bahasa Yunani yang berarti (monos/menjual) adalah suatu jenis pasar persaingan tidak sempurna dimana hanya terdapat satu penjual atau produsen yang menguasai pasar dalam melayani semua konsumen. Penentu pada pasar ini yaitu seorang penjual atau disebut juga sebagai “monopolis”.

Dalam hal ini, ketika produsen baru yang masuk kedalam pasar monopoli umumnya belum dapat menyaingi produsen lama. Dengan begitu akan terjadi suatu monopoli murni pada dalam pasar yang dikuasai oleh satu produsen.

Produsen atau penjual didalam pasar ini umumnya tidak memerlukan sebuah promosi terhadap produk utamanya yang dijual karena sudah dikenal konsumen secara luas. Biasanya melakukan promosi yaitu dalam bentuk pemasaran produk-produk baru.

Kemudian, produsen biasanya telah membentuk sebuah hak cipta (hak paten) dan hak ekslusif dalam produk mereka. Hal ini dapat membuat perusahan lain yang memiliki jenis sama tidak dapat berkembang.

Tetapi untuk dapat bertahan dan menguasai pasar, produsen pada pasar monopoli dituntut dalam selalu menyediakan produk berkualitas, pelayanan yang baik, menentukan harga yang sesuai dengan produk, dan melakukan inovasi terhadap produknya agar konsumen selalu tertarik.

image pasar monopoli
image pasar monopoli

Contoh Pasar Monopoli

Pasar monopoli dapat dibedakan kedalam dua jenis, Sebagai berikut:

  1. Pasar Monopoli Murni atau Pure Monopoly adalah suatu bentuk pasar yang bisa dibilang sangat berbahaya contohnya seperti PLN, PT Kereta Api dan PAM.
  2. Pasar Near Monopoly atau pasar yang mendekati monopoli adalah suatu pasar yang terdapat pada satu orang produsen saja. Contohnya seperti penjual bakso di sebuah daerah dapat disebut sebagai monopoli murni dalam kawasan tersebut. Tetapi, akan menjadi near monopoly jika terdapat produsen lain yang berjualan bakso yang serupa.

Ciri Ciri Pasar Monopoli

Mengetahui ciri-ciri pasar monopoli dapat dengan mudah dalam memperhatikan karakteristiknya. Berikut ciri-ciri pasar monopoli yang akan dijelaskan dibawah ini:

1. Hanya Ada Satu Produsen
Seperti yang sudah disebutkan di atas, pada pasar monopoli hanya terdapat satu produsen atau penjual. Dalam hal ini, maka harga akan ditentukan oleh produsen tanpa terpengaruh oleh konsumen.

Dengan begitu, produsen atau penjual mempunyai hak dalam menentukan harga (price maker) dan memonopoli pasar. Tetapi, tentu saja produsen akan menentukan harga pada produk yang mereka jual sesuai dengan kualitasnya.

2. Barang yang Diproduksi Tidak Ada Substitusi
Produk yang dijual yaitu barang yang dibutuhkan para masyarakat luas dan tidak mempunyai barang penggantinya (substitusi) yang serupa. Kemudian, tidak ada perusahaan yang menyediakan produk substitusinya dengan baik, sehingga untuk produsen pasar monopoli akan mendapatkan banyak sekali permintaan oleh konsumen.

3. Produsen Baru Sulit Masuk Kedalam Pasar Monopoli
Produsen baru yang baru masuk kedalam pasar monopoli akan mengalami hambatan atau rintangan. Ada beberapa hambatannya dibawah ini:

  • Pembatasan legalitas yang telah diatur pada undang-undang
  • Hambatan teknologi tinggi sehingga akan sulit membuat barang yang serupa.
  • Hambatan modal yang besar dalam membuat produk yang sejenis.

4. Produsen Menjadi Penentu Harga
Didalam pasar monopoli ini produsen memiliki peran sebagai penentu harga (price maker). Tetapi, produsen tidak dapat mempengaruhi harga dan output terhadap produk lain yang dijual pada perekonomian.

5. Produsen Tidak Melakukan Promosi
Produsen tidak diharuskan melakukan promosi atau mengiklankan pada brand perusahaannya, dikarenakan sudah menjadi penguasa pasar monopoli. Para konsumen terpaksa harus membeli kepada produsen karena tidak terdapat barang alternatif.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopoli

Pada semua jenis pasar pastinya akan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sama halnya pada pasar monopoli ini. Berikut kelebihan dan kekurangan pasar monopoli dibawah ini:

1. Kelebihan Pasar Monopoli

  • Produsen bisa mempertahankan posisinya menjadi penguasa pasar monopoli, yakni dengan cara melakukan terus inovasi dan berkreasi terhadap produk dan pelayanannya.
  • Umumnya pada pasar monopoli tidak ada persaingan yang tidak sehat karena dalam hal ini pasar hanya dikuasai dengan satu produsen saja.
  • Adanya sistem hak cipta atau hak paten dalam pasar monopoli di suatu produk akan membuat perusahaan lain termotivasi dalam menciptakan produk baru yang bisa bersaing pada produk tersebut.
  • Pasar monopoli yang dipunyai oleh instansi pemerintah atau negara akan memudahkan pada proses pemenuhan kebutuhan atau dalam kepentingan masyarakat umum.

2. Kekurangan Pasar Monopoli

  • Didalam monopoli pasar akan terjadinya pasar gelap dan transaksi ilegal karena pada barang-barang atau produk tersebut sulit didapatkan atau harganya yang terlalu mahal.
  • Produsen dapat semena-mena pada konsumen karena kekuatannya mutlah, contohnya dapat menentukan harga barang terlalu mahal.
  • Konsumen pada pasar ini tidak berkeinginan secara penuh karena tidak terdapat pilihan barang alternatif.
  • Produsen dapat melakukan eksploitasi karena ingin mendapatkan banyak keuntungan pada produk mereka.

Demikian pembahasan mengenai pasar monopoli, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan pembahasan diatas. Semoga bermanfaat🙂

Baca Juga :