Pariwisata Adalah

Posted on

Pariwisata Adalah – Saat ini kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Pariwisata yang sangat populer di semua kalangan baik remaja, orang tua, bahkan anak – anak.

Pariwisata Adalah

Seiring berkembangnya jaman serta perkembangan teknologi semakin pasat, tempat-tempat wisata menjadi sangat mudah untuk di kunjungi. Misalnya seperti tempat-tempat wisata yang ada di Lampung.

Apabila kita meakukan perjalanan dengan tujuan untuk pergi ke suatu tempat yang ingin kita kunjungi saat liburan tiba, hal ini sering disebut sebagai pariwisata. Istilah ini juga sering di kait-kaitkan dengan liburan atau rekreasi.

Namun sebenarnya apa itu Pariwisata? Dan Apa jenis-jenis dari Pariwisata? Untuk mengetahui hal-hal tersebut, mari kita simak penjabarannya yang ada dibawah ini.

Pariwisata Adalah?

Pariwisata (Tourism) merupakan serangkaian kegiatan atau aktivitas perjalanan yang dilakukan oleh manusia, baik itu secara individu maupun kelompok, kegiatan ini dilakukan pergi dari satu tempat ke tempat lain.

Seseorang yang melakukan kegiatan ini dengan tujuan untuk mendapatkan keseimbangan, kedamaian, ketenangan, keharmonisan serta kebahagiaan jiwa didalam dirinya sendiri.

Jika dilihat, istilah Tourism berasal dari sebuah bahasa Sansekerta yang terdiri dari dua kata yaitu kata “Pari” yang berarti bersama atau berkeliling, dan “wisata” yang berarti perjalanan. 

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Tourism merupakan suatu aktivitas perjalanan atau berkeliling dari satu tempat ke tempat lain, tujuan perjalanan tempat perjalanan dilakukan dengan perencanaan.

Baca Juga :
Pengertian Pariwisata Menurut Para Ahli Secara Umum
Pariwisata Menurut Para Ahli
Pengertian Pantai Adalah : Manfaat, Ciri-Ciri, dan Contoh

Macam – Macam Pariwisata

Secara umum, Pariwisata terbagi menjadi beberapa macam bentuk berdasarkan hal-hal yang mendasarinya, yaitu sebagai berikut :

A. Tourism Dilihat Berdasarkan Dengan Letak Geografisnya

  • Local Tourism, yaitu pariwisata, yang cakupan wilayahnya relatif sempit dan juga terbatas atau hanya beberapa tempat saja. Sebagai contoh seperti Tourism yang ada di kota Bandar Lampung, Tourism yang ada di kota Jepara dan masih banyak lagi.
  • Regional Tourism, yaitu Tourism yang berkembang hanya di beberapa daerah dalam satu wilayah regional atau nasional saja. Sebagai contoh misalnya seperti Tourism yang ada di pulau Bali, Sumatera Utara dan masih banyak lagi.
  • Regional-International Tourism, yaitu Tourism yang berada di wilayah internasional terbatas, tetapi sudah mencakup wilayah yang ada di luar perbatasan yaitu lebih dari dua atau tiga negara di kawasan tersebut. Misalnya seperti Tourism di kawasan ASEAN, Timur Tengah, Asia Selatan, Eropa Barat dan masih banyak lagi.
  • National Tourism, yaitu Tourism yang berkembang di wilayah dari suatu negara di mana wisatawan yang datang berasal dari warga negara itu sendiri dan juga dari negara lain. Sebagai contoh misalnya seperti Pariwisata yang ada di Indonesia.
  • Internasional Tourism, yaitu kegiatan Tourism yang berkembang di semua negara yang ada di dunia, khususnya pariwisata regional-internasional dan juga pariwisata nasional.

B. Pariwisata Dilihat Berdasarkan Dengan Tujuan Perjalanannya

  • Business Tourism, yaitu Pariwisata yang mana para wisatawannya datang hanya untuk tujuan pekerjaan, usaha dagang ataupun yang berhubungan dengan dinas kerjanya seperti meeting, insentif dan juga convention serta zexhabition (MICE).
  • Vacational Tourism, yaitu Pariwisata yang mana wisatwannya melakukan kegiatan perjalanan dengan tujuan guna mempelajari sesuatu hal terutama di bidang ilmu pengetahuan. Sebagai contoh seperti Study tour atau dharmawisata. 
  • Educational Tourism, yaitu salah satu jenis pariwisata yang mana para wisatawan datang untuk kegiatan belajar atau mengevaluasi.
  • Scientific Tourism, yaitu salah satu jenis pariwisata, yang mana tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan pengetahuan atau menjelajahi suatu bidang ilmu pengetahuan.
  • Hunting Tourism, adalah salah satu jenis pariwisata yang mana tujuan utamanya untuk mengatur perburuan hewan. Kegiatan ini tentunya hanya diizinkan untuk hiburan oleh otoritas setempat saja.

Unsur – Unsur Dari Kegiatan Tourism

Kegiatan wisata ini harus didukung dengan berbagai hal yang menjadikannya lebih menarik. Berikut ini beberapa unsur dari pariwisata, yaitu diantaranya adalah :

  • Biro Perjalanan, yaitu suatu unit bisnis yang menawarkan layanan perjalanan wisata dari keberangkatan hingga kembali sehingga para wisatawan akan merasa nyaman.
  • Akomodasi, adalah tempat penginapan bagi para wisatawan yang sedang mengunjungi suatu tempat. Sebagai contoh misalnya seperti Hotel, motel, tempat pertemuan, tempat perkemahan, dan masih banyak lagi.
  • Transportasi, yaitu suatu layanan angkutan yang disediakan oleh sektor pariwisata, baik itu transportasi darat, udara ataupun air yang bertujuan untuk memudahkan para wisatawan meakukan perjalanannya.
  • Restoran serta layanan katering, yaitu suatu uni bisnis yang menawarkan ataupun menjual makanan serta minuman kepada para wisatawannya.
  • Changer, yaitu suatu unit bisnis yang memberikan layanan pertukaran mata uang lokal dengan mata uang asing sehingga dapat digunakan untuk para wisatawan yang berasal dari luar negeri.
  • Objek wisata, yaitu berbagai macam pertunjukkan atau kegiatan yang berlangsung di berbagai tempat wisata. Sebagai contoh misalnya seperti Pertunjukkan musik, Tari-tarian, dan masih banyak lagi.
  • Cindera Mata, yaitu segala jenis suvenir yang dapat dibeli oleh para turis yang akan dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari negara yang mereka kunjungi. Secara umum, suvenir yang dibeli wisatawan umumnya berupa kerajinan tangan yang dibuat oleh masyarakat setempat.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Pariwisata?

Pariwisata (Tourism) merupakan serangkaian kegiatan atau aktivitas perjalanan yang dilakukan oleh manusia, baik itu secara individu maupun kelompok, kegiatan ini dilakukan pergi dari satu tempat ke tempat lain.

Apa tujuan dari Pariwisata?

1. Memanfaatkan waktu senggang baik itu untuk liburan, keperluan kesehatan, serta pengetahuan.
2. Untuk menyelesaikan urusan usaha atau bisnis.
3. Memperkenalkan kebudayaan yang dimiliki oleh suatu negara.
4. Memperluas serta memeratakan kesempatan usaha dan juga lapangan kerja.

Secara etomologis, kata Pariwisata berasal dari?

Istilah Pariwisata berasal dari sebuah bahasa Sansekerta yang terdiri dari dua kata yaitu kata “Pari” yang berarti bersama atau berkeliling, dan “wisata” yang berarti perjalanan. 

Nah, demikianlah informasi yang bisa Rumus.co.id berikan mengenai Pariwisata beserta hal-hal didalamnya, semoga bermanfaat.