Paragraf Persuasi

Posted on

Paragraf Persuasi – Sebagian besar dari kita, mungkin masih ada yang tidak paham atau belum mengerti dengan istilah Paragraf Persuasif, sehingga hal ini akan menimbulkan pertanyaan-pertanyaan seperti, Apa Paragraf Persuasi itu?

Paragraf Persuasi

Dari hal-hal tersebut, agar para pembaca yang belum paham dengan Persuasi, dapat memahaminya dengan mudah. Maka dalam pembahasan kali ini, Rumus.co.id akan menjabarkan secara rinci mengenai Paragraf Persuasif.

Nah, agar tidak membuang-buang waktu, mari kita simak penjabaran dibawah ini.

Definisi Paragraf Persuasi

Paragraf Persuasi merupakan salah satu teks atau paragraf yang di dalamnya berisikan sebuah himbauan atau ajakan yang ditujukan kepada orang lain. Tujuannya agar para pendengar mau melakukan sesuatu yang baik, sesuai dengan harapan dari si pembicara atau penulisnya.

Karena teks atau paragraf tersebut berisi ajakan atau himbauan, maka dari itu, paragraf ini biasanya dilengkapi dengan penjelasan serta fakta-fakta, sehingga dapat meyakinkan sekaligus mempengaruhi para pendengar atau pembacanya.

Dalam paragraf ini, umumnya terdapat pendekatan yang digunakan dalam Teks Persuasi yaitu Pendekatan Emotif yang bertujuan untuk meningkatkan serta merangsang emosi dari para pendengar atau pembacanya.

Secara umum, Paragraf Persuasi kerap digunakan dalam berbagai sarana atau lembaga, seperti pemerintahan, kesehatan serta badan usaha lainnya yang berperan sebagai paragraf propaganda.

Karakteristik Persuasion Paragraphs

Persuasion Paragraphs terkenal memiliki karakteristiknya tersendiri yang membedakannya dengan jenis paragraf yang lainnya. Berikut ini karakteristik dari Persuasion Paragraphs, yaitu :

  • Sebuah paragraf yang menggunakan alasan-alasan kuat disertai dengan data dan juga fakta yang dijadikan sebagai pendukung untuk mengajak serta menghimbau para pembaca.
  • Didalamnya berisikan sebuah fakta-fakta yang bertujuan untuk meyakinkan para pembaca agar mau melakukan apa yang penulis harapkan.
  • Banyak menggunakan kata-kata yang bersifat mengajak seperti ayo, mari, lakukanlah dan masih banyak lagi.
  • Berisikan sebuah ajakan yang penulis tujukan kepada para pembaca untuk melakukan suatu hal yang bersifat positif.
  • Bahasa yang dipakai dalam pembuatan Persuasion Paragraphs cenderung lugas, dan juga tidak bertele-tele.

Baca Juga :
Teks Argumentasi
Paragraf Eksposisi
Teks Eksplanasi

Macam – Macam Persuasion Paragraphs

Secara umum, berdasarkan fungsi dan tujuannya, Persuasion Paragraphs dibedakan menjadi empat jenis. Berikut ini penjelasan dari jenis-jenis Persuasion Paragraphs, yaitu diantaranya adalah :

1. Political Persuasion Paragraph

Paragraf persuasi Politik merupakan salah satu jenis dari paragraf persuasi yang berisikan mengenai upaya yang digunakan untuk mempengaruhi para pembaca agar menentukan pilihannya terhadap partai politik tertentu.

Pada sebuah media cetak sering ditandai dengan sebuah judul “Advertorial” yang terletak dibagian sebelah kiri atas dari wacana yang berisikan paragraf tersebut.

2. Educational Persuasion Paragraphs

Paragraf persuasi pendidikan merupakan salah satu jenis paragraf yang sering digunakan oleh sebuah instansi atau pada dunia pendidikan guna menyokong tujuan dari pendidikan. Jenis dari paragraf ini umumnya berbentuk sebuah himbauan, anjuran ataupun motivasi.

3. Propaganda Persuasion Paragraph

Paragraf Persuasi Propaganda merupakan salah satu jenis paragraf yang sering digunakan untuk menyampaikan sebuah informasi dengan tujuan agar pembacanya mau mempercayai serta melakukan apa yang diperintahkan oleh seorang penulis dalam paragraf tersebut.

Persuasi propaganda salah satu jenis paragraf yang banyak ditemukan di berbagai media cetak seperti majalah, koran, portal berita online, surat kabar dan masih banyak lagi.

4. Advertence Persuasion Paragraphs

Paragraf persuasi advertensi merupakan salah satu jenis paragraf persuasi yang memiliki tujuan komersial.

Advertensi Paragraf sering digunakan oleh produsen dari suatu perusahaan untuk mengenalkan sekaligus memasarkan produk buatannya dengan harapan bahwa konsumen akan tertarik untuk membelinya.

Syarat Penulisan Paragraf Persuasi

Dalam penulisan Persuasion Paragraphs, maka terdapat beberapa syarat yang harus diperhatikan. Berikut ini penjelasan dari syarat-syarat tersebut, yaitu diantaranya adalah :

  • Kredibilitas, maksudnya seorang penulis perlu memahami suatu peristiwa yang akan ditulis, dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari diksi, struktur sebuah kalimat, serta gaya bahasa yang pakai oleh seorang penulis.
  • Kemampuan untuk mengidentifikasi emosi, maksudnya seorang penulis harus teliti agar bisa meningkatkan emosi serta sentimen para pembaca.
  • Bukti atau fakta, maksudnya seorang penulis harus mempunyai kemampuan untuk memberikan bukti-bukti atau fakta tentang sebuah kebenaran dari peristiwa yang terjadi.

Contoh Dari Paragraf Persuasi

Setelah menyimak beberapa penjabaran dari Paragraf Persuasi yang ada diatas. Agar lebih memahaminya lagi, yuk simak contoh-contoh dari Persuasion Paragraphs, yaitu diantaranya adalah :

#Contoh 1 :

Hari Kemerdekaan Indonesia adalah hari yang sangat bersejarah bagi rakyat Indonesia, karena pada hari itu bangsa Indonesia akhirnya terbebas dari belenggu penjajah yang sudah menguasai bangsa Indonesia selama lebih dari 3,5 abad.

Maka marilah kita mengingat Hari Kemerdekaan Indonesia ini dengan senantiasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan juga menjaga kemerdekaan yang telah kita raih bersama.

#Contoh 2 :

Membaca adalah kegiatan yang memiliki banyak kelebihan. Karena membaca dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan kita. Ini tidak akan membuat kita tertinggal oleh perkembangan zaman.

Selain memiliki banyak manfaat, membaca juga merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Sebab, dengan membaca buku akan membuat otak menjadi lebih fresh dan juga tenang.

Oleh karena itu, marilah kita laksanakan dan lestarikan budaya membaca, sebab dengan membaca maka dapat memperluas pengetahuan, wawasan sekaligus menenangkan suasana hati.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Paragraf Persuasi?

Paragraf Persuasi merupakan salah satu teks atau paragraf yang di dalamnya berisikan sebuah himbauan atau ajakan yang ditujukan kepada orang lain.

Bagaimana cara membuat Paragraf Persuasi?

1. Tentukanlah topik dan juga tujuan dari penulisan Paragraf Persuasi.
2. Selanjutnya, buatlah kerangka karangan dari Paragraf tersebut.
3. Cari dan kumpulkan data-data atau fakta untuk membuat Persuasion Paragraphs.
4. Tentukan kesimpulan dari Persuasion Paragraphs yang kita buat.
5. Penutup dari Persuasion Paragraphs.

Kaidah Kebahasaan dari Persuasion Paragraphs terdiri dari?

1. Berisi kata-kata kepercayaan, seperti harus, pantas, penting dan lain-lain.
2. Mengandung kata kerja imperatif seperti jadikanlah, waspadalah dan juga hendaknya.
3. Memakai sebuah ungkapan yang secara teknis atau terminologis terkait dengan topik yang sedang dibahas.
4. Memakai kata hubung yang umumnya bersifat argumentasi, seperti seolah-olah, jika, sebab, dengan demikian, dan sebagainya.

Demikianlah informasi dari pembahasan kali ini, semoga dengan evaluasi ini kita bisa menambah semua pengetahuan dan wawasan kita.