Paragraf Eksposisi

Posted on

Paragraf Eksposisi – Pembahasan materi kali ini adalah mengenai pengertian, contoh, jenis dan ciri-ciri paragraf eksposisi beserta dengan strukturnya. Silahkan kalian simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Paragraf Eksposisi
Paragraf Eksposisi

Pengertian Paragraf Eksposisi

Teks Eksposisi merupakan sebuah pengembangan paragraf pada suatu penulisan yang dimana berisikan dengan tujuan dalam menjelaskan sebuah pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat, serta akurat.

paragraf eksposisi adalah sebuah paragraf yang mengadung penjelasan (explanation), informasi (information) atau juga pengetahuan yang berkaitan pada topik yang akan ditulis oleh si penulis tersebut. Seperti umumnya, pemakaian paragraf eksposisi berfungsi untuk menginformasikan atau memberikan pengetahuan kepada para pembacanya sehingga mereka akan mendapatkan informasi atau pengetahuan dengan jelas.

Paragraf eksposisi ini disusun berdasarkan dari hasil pengamatan atau penelitian yang sudah jelas, sehingga paragraf ini mempunyai sifat ilmiah atau non fikis dan tidak dipertimbangkan lagi kebenarannya karena telah didukung dengan data yang valid.

Jenis-Jenis Paragraf Eksposisi

  • Teks Eksposisi Laporan
  • Teks Eksposisi definisi
  • Teks Ekskposisi Perbandingan
  • Teks Eksposisi Ilustrasi
  • Teks Eksposisi Klasifikasi
  • Teks Eksposisi Proses

Ciri ciri paragraf Eksposisi

  1. Pada paragraf eksposisi (paragraph exposition) terdapat sebuah pengertian mengenai istilah dalam topik pembahasan.
  2. Paragraf eksposisi mempunyai sifat memberikan informasi untuk si pembaca.
  3. Paragraf eksposisi mempunyai tujuan utama yaitu memberikan informasi, juga bersifat objektif dan netral. Paragraf eksposisi tidak terdapat unsur yang sifatnya persuasif atau mengajak ataupun memengaruhi si pembaca.
  4. Untuk membuat penjelasan pada informasi yang disampaikan mempunyai kekuatan dan bisa dipercaya pembaca, paragraf eksposisi memberikan data yang valid dan didapat dari sumber yang terpercaya.
  5. Seorang penulis yang membuat sebuah teks paragraf eksposisi (paragraph exposition) biasanya memberikan pertanyaan apa, mengapa, siapa, di mana, kapan, dan bagaimana.
  6. Gaya informasi adalah persuasif atau mengajak
  7. Penyampaian teksnya secara jelas, padat dan memakai bahasa yang baku
  8. Memberikan informasi-informasi pengetahuan
  9. Bersifat tidak memihak, artinya yaitu tidak memaksakan kemauan dari penulis untuk si pembacanya
  10. Teks Eksposisi mempunyai sifat yang netral dan objektif
  11. Memberikan suatu fakta yang dipakai sebagai alat konkritasi dan kontribusi

Struktur Teks Eksposisi

1. Tesis atau Pernyataan Pendapat.

  • Tesis merupakan bagian yang memiliki isi berupa sudut pandang oleh si penulis terhadap setiap permasalahan yang akan dibahas pada topiknya.
  • Sebuah tesis tentunya berisikan sebuah pernyataan yang nantinya akan diperkuat dengan sebuah argumen.
  • Bagian satu ini sangat penting untuk menyusun dalam contoh teks eksposisi dan biasanya muncul pada awal teks eksposisi walaupun kalian bisa menemuinya di bagian akhir.

2. Argumentasi

  • Argumentasi merupakan suatu bentuk alasan atau bukti yang dipakai untuk mengokohkan atau memperkuat pendapat didalam tesis, walaupun dalam prakteknya argumentasi bisa dipakai untuk menyanggah atau menolak suatu pernyataan.
  • Argumentasi bisa berbentuk sebuah pernyataan umum atau berupa data dari hasil penelitian para ahli yang sumbernya telah terpercaya.

3. Penegasan Ulang Pendapat.

  • Bagian ini merupakan kesimpulan yang menegaskan kembali dari tesis yang dibicarakan pada awal teks eksposisi dan penguat argumentasi yang ditunjang oleh sebuah fakta.

Contoh Paragraf Eksposisi

Berikut contoh–contoh paragraf eksposisi yang akan dijelaskan secara lengkap, sebagai berikut :

1. Eksposisi Definisi

Memberikan sebuah informasi yang berupa definisi atau pengertian pada suatu hal.

Contohnya :

Hewan karnivora merupakan jenis hewan pemakan daging. Hewan jenis karnivora mempunyai ciri – ciri gigi yang sangat tajam dan rahang yang sangat kuat. Gigi dan rahang berfungsi sebagai mencabik-cabik daging mangsanya. Hewan dengan jenis yang satu ini diantaranya seperti harimau, singa, buaya, beruang, elang dan lain sebagainya.

2. Eksposisi Proses

Memberikan sebuah informasi yang berupa proses pada suatu hal.

Contohnya :

Air di dunia ini mempunyai jumlah yang sama atau tetap. Proses pada air di dunia ini disebut dengan siklus hidrologi. Siklus ini dimulai dengan air dipermukaan yang terkena panas dari matahari, kemudian akan menguap dan menjadi awan di langit. Awan–awan tersebut diterbangkan oleh angin ke segala penjuru dan menjadi jenuh. Ketika awan tersebut jenuh, maka awan akan berubah menjadi sebuah hujan sehingga air kembali lagi kedalam permukaan bumi.

3. Eksposisi Klasifikasi

Memberikan informasi yang berupa klasifikasi pada sebuah benda atau hal tertentu.

Contohnya :

Berdasarkan dengan pola pengembangan gagasan utamanya, paragraf terbagi menjadi tiga bagian, yakni paragraf deduktif, paragraf induktif, dan paragraf campuran. Jika kalian ingin memahami ketiga paragraf tersebut dengan lengkap, klik saja link paragraf tersebut.

4. Eksposisi Ilustrasi

Memberikan informasi yang berupa ilustarasi pada suatu hal.

Contohnya :

Menjalani rumah tangga bisa dikatakan sama seperti menahkodai sebuah kapal di tengah – tengah lautan. Kapal yang berada di tengah lautan terkadang akan menghadapi ombak – ombak yang menerjang. Begitu juga halnya dengan menjalani rumah tangga yang akan menghadapi banyak cobaan yang berdatangan. Jika kita tidak sigap, maka rumah tangga akan hancur seperti layaknya kapal yang hancur terbawa arus ombak.

5. Eksposisi Perbandingan dan Pertentangan

Memberikan informasi dengan cara membandingkan atau mempertentangkan dalam suatu hal.

Contohnya :

Gandum nerupakan sebagai alternative pengganti nasi. Gandum memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Selain itu, kadar gula yang terdapat di dalam gandum lebih sedikit dibandingkan pada nasi. Oleh sebab itu, gandum sangat baik untuk dijadikan makanan pokok pengganti nasi bagi para penderita penyakit diabetes.

6. Ekpsosisi Laporan

Memberikan sebuah berita laporan pada suatu perjalanan atau penelitian.

Contohnya :

Pulau seribu merupakan tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Hal ini terbukti ketika kami berkunjung ke sana sekitar beberapa hari yang lalu. Ketika kami hendak turun dari bus, kami sudah diperlihatkan dengan suatu karya yang sangat indah sekali yaitu pemandangan lautan lepas yang sangat indah dan masih terjaga. Kemudian kami dimanjakan dengan beberapa fasilitas yang sangat baik. Oleh sebab itu, pulai ini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, contoh, jenis dan ciri-ciri paragraf eksposisi beserta dengan strukturnya. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Artikel Terkait :

Paragraf Eksposisi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pengunjung